Tutorial Cari Uang

Friday, July 18, 2008

Kembaran

KONON DI DUNIA ADA EMPAT KEMBARAN KITA
Mitos Kalau Ketemu Maka Ajal Sudah Dekat


Hehehehe... Ide menulis sudah mulai seret.. Yah, akhirnya mencomot cerita dari yayang tentang sebuah ungkapan di salah satu komik misteri, bahwa sebenarnya di dunia ini dari sekian miliar manusia terdapat empat (ada yang bilang tiga, tujuh, dll, red) kembaran kita. Entah di belahan bumi mana mereka semua berada sekarang.

Dan ada mitos bahwa jika kita bertemu dengan kembaran kita tersebut (tentunya bukan kembaran biologis kita, red) maka itu adalah tanda bahwa ajal sudah mendekat... Hehehe.. Bukan bermaksud mendahului dan memaksakan keyakinan atas apa yang telah digariskan oleh Sang Pemilik Sejati Kehidupan, tetapi inilah realita akibat terlalu sering membaca komik misteri dan mempercayai mitos yang mungkin sejatinya memang berada di luar nalar dan logika manusia.

Bagaimana mungkin cuma sebuah aktivitas pertemuan dengan orang lain yang notabene juga manusia bisa menyebabkan kematian? Hehehe... Kecuali kalau orang tersebut membawa pisau, lantas menancapkannya di dada kita... Itu lain ceritanya...

Bacaan, entah itu berupa cerpen, novel, komik, atau bahkan blog memang bisa menghipnotis para pembacanya. Mempercayai mentah-mentah tanpa disaring terlebih dahulu. Hahaha pernyataan itu memang sepenuhnya benar! Hihi... Bagaimana dengan anda?

Okelah ga perlu lagi membicarakan kasus mitos dan klenik diatas. Cukup berhenti sampai disini saja. Terserah bagaimana pendapat anda. Atau anda punya alasan ilmiah yang masuk akal tentang mitos ini? Silahkan diungkapkan seperlunya saja di kolom komentar.


Hm.. Bicara tentang kembaran, memang tak bisa dipungkiri dari sekian miliar manusia penghuni bumi ini dengan keberagaman dan ciri-ciri fisik yang berlainan dan khas pada masing-masing individu, selalu ada saja kemungkinan kesamaan ciri fisik, entah itu berupa bentuk hidung yang hampir mirip, bentuk bibir, mata alis atau ornamen-ornamen lain yang ada di wajah. Kecuali untuk kasus kembar identik, dimana hampir seluruh ciri fisik mereka hampir serupa karena memang berasal dari satu gen.

Memang manusia berbeda dengan makhluk ciptaan-Nya yang lain. Kita dengan mudah membedakan manusia satu dan lain dari wajahnya. Wajah manusia bersifat spesifik dan paling mudah untuk diingat. Wajah memiliki ciri-ciri yang paling menonjol diantara anggota tubuh yang lain. Berbeda dengan binatang, taruh saja kucing. Wajah kucing ya begitu-begitu saja. Tak ada yang bisa membedakan kucing satu dengan yang lain secara kasat mata. Itulah keajaiban wajah manusia.

Waduh, lagi-lagi cerita tentang kemiripan, seperti posting sebelum ini tentang kemiripan nama... Heheh gak papa ya... Belum bosan kan? Apa jadinya bila banyak dari kita yang memiliki wajah hampir serupa, meski lahir dari rahim yang berbeda. Wah.. Bakal sangat repot urusan administrasi KTP, SIM, dan masalah kependudukan lainnya.. Hahaha... Akan sering ditemui juga keliru pasangan sendiri.

Inilah mungkin tujuan dari Sang Pencipta yang telah menciptakan kita dalam keadaan yang berbeda, entah itu ras, bangsa, warna kulit, dan ciri fisik lainnya supaya kita saling mengenal.

Ada sedikit cerita unik, entah kebetulan atau tidak saya kurang tahu pasti. Begini, ada salah seorang teman cewek saya, Yeni bukan nama sebenarnya, yang wajahnya mirip dengan salah seorang pegawai warung nasi di dekat kampus ITS. Dan barusan di kantor DepKeu Perak Surabaya saya menemui seseorang pendaftar CPNS DepKeu yang wajahnya mirip sekali dengan salah seorang pegawai warung nasi yang letaknya juga di dekat kampus ITS. Hehe... Apa saya boleh mengambil hipotesis awal, orang ketiga akan kembar juga dengan pegawai warung nasi lagi? Hahahaha.... Apa karena saya keseringan ngandok di warung nasi ya??? Wkwkwkwkwkwkwk....

Ohya, apakah anda punya kembaran atau malah pernah ketemu dengan kembaran (bukan kembar identik, red) anda?? Bagaimana ceritanya? Hm.. Jangan-jangan anda memang kembar identik dengan saudara kembar anda? Atau anda boleh cerita punya kemiripan dengan artis siapa, cepetan ikutan ASAL gih! Hehe..

Sumber foto: entah

97 comments:

  1. Hmm.. Katanya seret ide... Gimana sih...

    ReplyDelete
  2. Kata orang2 sih, kembaranku brad pitt, orlando bloom..
    tapi orang2 yang omg itu besok langsung koma..

    ReplyDelete
  3. Seret ide aja keluar tulisan kayak gini, ndanio dapet ide..

    ReplyDelete
  4. dulu aku punya tetangga. orang selalu bilang kalo aku kembar ma dia padahal ya masih gantengan aku..aah, mungkin karena dari kecil dah maen bareng kali ya wkkwwkwkkwkww

    ReplyDelete
  5. btw, pak Said yang kepala BPPT yang kemaren barusan seda itu juga punya sodara kembar loh, Nang! Eh, udah tau, ya?

    ReplyDelete
  6. hari gini percaya klenik??? :P
    btw saya dulu sering ketemu kembaran saya... yah emang kembar :P
    hehhee

    ReplyDelete
  7. jadi pengin punya anak kembar :D

    ReplyDelete
  8. mas..bener tuh, si tora sudiro, afgan itu kan kembaran aku ..ck..ck..ck..

    ReplyDelete
  9. hehehe agak susah ya nang kalo kita berkaca sendiri mirip siapa..biar orang aja menilai :D

    ReplyDelete
  10. kalo ktemu kembaran ajal dah deket...wah kali gitu ketemunya ntar aja deh lom siap...hehe

    ReplyDelete
  11. Ah nggak percaya sama gituan ! Urusan gituan Tuhan telah menentukan ! klo masalah kembaran orang2 bilang aku kaya pemain utamanya "9 years in Tibet"(pakdhe Sukri)

    ReplyDelete
  12. Walah Nang...semoga tidak dalam waktu dekat ini aku ketemu ketiga kembaranku...isih pengen urip suwe jhe....

    ReplyDelete
  13. Gak percaya deh ma mitos itu.. Kita serahkan semua kepada Yang Maha Kuasa..

    Tapi kang, saya pernah menemukan kasus *kayak baru ilang aja* seperti ini: Orang pertama mirip orang kedua. Orang kedua mirip ama orang ketiga. Tapi belum tentu orang pertama mirip orang ketiga..

    *Walah ni ngomong apa to? Mbulet gak jelas dan gak nyambung*

    ReplyDelete
  14. Jadi klo kita gak pernah ketemu sama sekali dengan kembaran kita, maka kita bisa abadi n gak mati-mati dong? kekeke
    memang, enggak ada mitos yang enggak aneh sieh.

    ReplyDelete
  15. duh, mirip siapa yah aku ?

    tp dulu ada pengalaman unik juga sih. pernah dulu aku disebut oleh sodara pacar (yg lama nih, skrg gak lagi) udah pernah kerumahnya di tangerang. padahal waktu itu didi belon pernah kesono, waktu itu msh kuliah dijogja. busetnya dibilangin malah pernah maen bilyar sama2 dia lagi. kapan???

    jangan2 tuh kembaran aku ya mas ?

    ReplyDelete
  16. mas anang, setahu saya kembaran kita ada tujuh di dunia ini. Kata guru ngaji sih.... hehehe.

    ReplyDelete
  17. kl kata orang,kok saia mirip mandy moore ya?

    tp pernah mas,saia menemui 2 orang yg mukanya bnr2 mrip,cm beda kota,satu di madiun,satunya lg di surabaya.
    smp dlm hati ngomong:hah..ketemu wong iki mane
    hahhah,pdhal beda orng

    met kenal mas anang...

    ReplyDelete
  18. Waduhh...lha saya sering keliru di colek orang dikira temannya. Dikantor ada yang mirip, berapa kali orang keliru melulu padahal bidang keahliannya berbeda...banyak sekali kejadian lucu. Jadi kalau pas ketemu kembaran itu, kami sengaja ngomong..."Perhatikan baik-baik ya, apa perbedaannya"...

    ReplyDelete
  19. Kalo sayah sih mikirnya karena kita dari RAS yang sama..Mungkin?

    Tapi selama ini saya sering bertemu orang yang mirip saya..Sering malah..Huh bisa jadi karena muka saya pasaran kali ya

    ReplyDelete
  20. yg gw tau malah ada 6 sampe 8 org..
    makany klo ada yg bilang gw mirip ma siapa lah gitu, gw masukin itungan, gw mau nyari yg mirip ma gw mpe 8 org.. tp baru ada 3org..

    ReplyDelete
  21. Hooo kalo aku mikir sih ga ada kembaranku
    soalnya ku jelek sih
    hehehehe

    ReplyDelete
  22. empat?
    sedulur papat limang pancer?
    heee...
    ku punya banyak mas...
    ada yang mirip adiknya-lah, sodaranya-lah...
    dasar muka pasaran x ye...

    ReplyDelete
  23. Iya, postingan Dejavu-ku masih satu tema ama postinganmu yang ini, Nang. Tapi sebenernya tulisan Dejavu yang di blogspot (yang aku upload Sabtu dini hari tanggal 18 Juli itu) udah aku pajang di Multiply-ku sejak 17 Juli (Kamis). :)

    ReplyDelete
  24. wah.. apa ndak pengaruh bacaan komik mas!

    ReplyDelete
  25. emang bener ada mitos gituan, gue baru denger :)

    ReplyDelete
  26. pdhl nungguin lanjutan crita yg paragraf pertama .. loh kok malah gak dilanjutin :P

    ReplyDelete
  27. aku liat muka2x pemaen sinetron di indo hampir2x sama semua tuh, nang.

    ReplyDelete
  28. kembar ya.. ehmmm seru tuh kalo yang satu penjahat pasti tambah seru hahahahahahahaha

    ReplyDelete
  29. waktu kecil, orang bilang aku mirip TITI DJ.

    ReplyDelete
  30. "Okelah ga perlu lagi membicarakan kasus mitos dan klenik diatas. Cukup berhenti sampai disini saja"


    YUP.....Setuju mas Anang...hare gene kita masih percaya ama gitu2an.....Pecaya ama ALLAH aja deh..

    soal kembaran, sy ada kembaran tapi KEMBARAN NAMA DOANG..........nama yang sama gitoe....hehe

    ReplyDelete
  31. coba misalkan ktmu ma 4-4nya kmbaran kita. langsung kita ajakin nge gaple :P

    ReplyDelete
  32. Bener apa ngga-nya saya pulangin aja lah ya...
    Yang pasti kalo ada yang kembar sama saya... waahhh, jangan dooong... unik aja deh.. sendiri kaya "The one" he..he..

    ReplyDelete
  33. Kembar itu mungkin matanya 2, telinganya 2, lubang hidunya 2.....

    ReplyDelete
  34. belum pernah nemuin sih orang yang bener2 mirip sama saya, tapi yang pengen mirip saya banyak aueahaheha :D

    ReplyDelete
  35. aku mirip sapa ya....yg pasti orang sini selalu ngirain aku japanese atau chinese. waktu ke korea orang korea-nya malah ngirain aku orang korea...lo...binun kan

    ReplyDelete
  36. oya, soal mirip katanya aku mirip dg penjual baju di mangga dua...wekekekekek

    ReplyDelete
  37. Mas anang Kox Horor gitu...Mati kalo ketemu tiga kembaran kita...wes...wes....Belum nikah aku mas....he...he...(goblok mode on)wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  38. gimana ya rasanya ketemu kembaran sendiri? pasti perasaan di depan cermin di depan umum :D

    ReplyDelete
  39. gimana ya klo ada yang mirip diri kita.. :D

    ReplyDelete
  40. aku pernah nemu orang yang mirip aku lho mas anang .... iiiiyyyy

    ReplyDelete
  41. apalagi saya, kembaran ada dimana2

    salam kenal mas :)

    ReplyDelete
  42. eh kalo saya knalan ama orang pasti kebanyakan komentarnya gini "eh kok kamu mirip banget kaya si ini...eh kok mirip kya si itu"
    kayanya muka saya pasaran banget =="

    ReplyDelete
  43. lha kalo ketemu sodara kembar kita sendiri bikin mati ndak?

    ReplyDelete
  44. Bagus ya... tulisannya, lengkap, maju terus.

    ReplyDelete
  45. Kalau menurut mitos jawa, kembaran kita itu sering diesebut dengan sedulur papat, yaitu kakang, kawah, adi, dan ari-ari.

    Tapi saya nggak percaya, kalau seseorang bertemu dengan kembarannya, dia akan meninggal dunia.

    ReplyDelete
  46. kembaran ku munculnya kadang2. sering ilang timbul gitu. mungkin dia punya ilmu ngilang......!

    biasanya dia dateng kalo gw lagi nyisir .....!
    heheheheee

    ReplyDelete
  47. klo temen2 biasanya bilang aku mirip Aming... Hehehehe....

    ReplyDelete
  48. jaman SMA dulu ada gosip anak baru pindahan dari sekolah lain yg mirip denganku.
    belum pernah ketemu, setiap kali mo lihat ke kelasnya dia ga pernah ada. absen mulu karena sering sakit.
    akhirnya ga sampe 2 bulan, tau2 udah meninggal.

    ReplyDelete
  49. yang kembarannya banyak tuh TUKUL

    ReplyDelete
  50. Yo wes, Mas Anang, cariken kembaran ku deh.. disini gak ada yang mirip semua.. idungnya pada pesek keterlaluan semua.. :D

    ReplyDelete
  51. tentang kembaran yg ini saya blom pernah tahu, malah tahu dari sini aja!!

    tengkyuuu ceritanya

    ReplyDelete
  52. duh, kalo ketemu saya malah poto" kali yak..
    tapi katanya sih ada tiga.. bukan 4..

    ReplyDelete
  53. pas smp banyak yang bilang saya mirip banget sama gunawan. hmmmm pas itu dia masih jadi koper majalah aneka YESSS
    :P

    ReplyDelete
  54. banyak temenku yang baru kenal truz bilang gini ke q..
    "eh kamu kok mirip temenku ya..km sodaranya ta?"

    byuh..mpe bosen de..-_-'


    regards
    --dracpawn--
    ^^

    ReplyDelete
  55. Harus percacaya atau nggak, tapi gue belum ketemu kembaran gue tuh...:)

    ReplyDelete
  56. hehehehe, aku pernah thu ketemu ma "kembaran" waktu kelas 3 sma, dia adik kelasku (kelas 2) hehehehehe, asli emang mirip banget!! mpe dandanan gaya rambut yg lg ngetrend waktu itu, kepang dua,... hehehehehe jadul amat!!

    btw, alhamdulillah thu, aku masih sehat2 aja, jadi keiknya mitos itu gak bener!!

    ReplyDelete
  57. Kayak dalton bersaudara dunks..semuanya mirip cuma beda tingginya aja..

    ReplyDelete
  58. heheheh sukaan saya tuh dulu acara ASAL.. hihihih

    ReplyDelete
  59. Waduuuh...aku punya banyak kembaran lho. di Jawa ada, di sini juga ada.... tapi aku nggak percaya saya mitosnya..

    ReplyDelete
  60. mitos atau fakta ini ya..

    klo fakta serem juga saya udah nemuin 2 kembaran nich..

    ReplyDelete
  61. Saya seh gak pernah merasa ketemu sama kembaran, tapi kata orang kadang2 saya mirip sama dia, sama anulah... au ah...
    Klo beneran ketemu kembaran mo diajak duet ato trio aja deh... hue he he..

    ReplyDelete
  62. emangnya acara ASAL masih ada ya?

    ReplyDelete
  63. dulu waktu SMP pernah dibilang mirip sama kakak kelas dan ajaibnya tanpa janjian kita sering punya potongan rambut yang sama jadi mangkin kliatan mirip deh. hehehe..

    btw, klo mo tau kembaran kita ato orang yang mirip kita di belahan dunia laen klik ajah ilooklikeyou.com, uplod potomu dan klik find my look a like. selamat mencoba!

    PS: klo ternyata ketemu ada 4 kembaran kita di situs tsb., cepet2 tobat dan pebanyak amal! hehehe...

    ReplyDelete
  64. gak mau punya kembaran...just me..just me..(kyk pilm opo yoh..?)

    ReplyDelete
  65. Kalau Anak Kembar gimana tuch? Ada kembaran lain selain kembarannya? Aduh jadi bingung.....

    ReplyDelete
  66. kembaranku: Liv Taylor.. haha, kalau nggak kembar, ya mirip.. :D

    ReplyDelete
  67. (langsung masuk n daftar ke http://ilooklikeyou.com/ krena pnasaran) Bener ada ngga sich yang mirip ma gwah di belahan bumi sana he.. he.... he.....

    ReplyDelete
  68. saya mirip siapa yak?? kayaknya Tom Krus deh.. :)

    ReplyDelete
  69. oya...ada yang merasa kembaran tukul gak yah :D

    ReplyDelete
  70. nuwun mas anang saya numpang ijin tulisan sampeyan yang bagus ini untuk mengudar masalah yang sering terjadi si situs komunitas blog multiply...

    Matur nuwun lagi lho.

    ReplyDelete
  71. huhuhu
    dah keseringan banget koq mirip ini sih
    koq mirip itu sih

    ReplyDelete
  72. Halo mas Anang apa khabar ..
    He he .. semoga gak lupa lagi ..

    Katanya ada 7 kembaran kita di muka bumi ini. Cuman saya baru nemu 1 yang mirip. Itupun kata orang mirip. Ya, kurusnya, ya, wajahnya ..

    Itupun kebetulan banget nemunya .. plus secara gak sengaja. Bukan saya yang liat malah, tapi orang lain.

    Eniwei itu keajaiban Tuhan lah. Mungkin merupakan bagian yang menunjukkan, kalau kita bukanlah satu2 nya orang di dunia ini dengan wajah yang begini.Masih banyak orang orang disana dengan wajah yang mirip namun memiliki keberuntungan yang berbeda sesuai perjuangan hidupnya.

    *agh jadi ngalor ngidul aku* hue he he ...

    ReplyDelete
  73. ga tau yah.nih bener pa engga.tapi gw udah nemuin 3 kembaran gw di kampus, emang ga identik2 amat sih,,tapi tmen2 gw bilang bokap gw suka maen cewe??ko gitu yah :p

    ReplyDelete
  74. blogger nya bagus. salam kenal buat semuanya..

    ReplyDelete
  75. di India ada sebuah kampung yang banyak pasangan kembar....

    ReplyDelete
  76. He..he.. kalo keempat2nya ketemu. Berarti keempat2nya mati dong???

    ReplyDelete
  77. Percaya gak percaya, tapi dibuat asik aja deh... :)

    ReplyDelete
  78. kalau mirip di wajah banyak,bahkan di mirip miripin lihat aja di TV yang mirip bung H rhoma irama

    ReplyDelete
  79. wah ane ngga percaya kaya gini gan..but nice info dech

    ReplyDelete
  80. wah ternyata ada 4 kembaran ya..baru tahu ane gan...hahahaha

    ReplyDelete
  81. waw kembaran ya...
    aku pengen deh punya anak yang kembar tapi anaknya cewe dan cowo?

    ReplyDelete
  82. klo kencan dengan cewek yg kembar, cantik pula.. wah2 betapa bangga ny aq..

    ReplyDelete
  83. dimanakah mereka 3kembaran q yg lain??

    aq pengen ketemu dan bercengkrama dengan mereka..

    ReplyDelete
  84. kembaran q skg lagi ngapain yah? tgl dimana skg? cewek ato cowok?

    ReplyDelete
  85. he .... he ...... emangnya ada kembaran lainnye di alam lain.

    ReplyDelete
  86. mudah2an kembaran ane anak org kaya.. biar ane bs sabotase tuh..

    ReplyDelete
  87. Hmm...kata orang sih kembaranku si Andrea The Corrs, Angelina Jolia, Marisol..nah udah 3 yah, kurang 1 lagi...waduh gak mau sebutin takut ajal mendekat kalo sampe 4...wkwkw

    Gimana kabarnya Mas Anang?

    ReplyDelete
  88. saya banyak menemui orang kembar tapi mereka tidak mirip sepenuhnya,jadi pengen punya anak kembar nantinya.

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)