Tutorial Cari Uang

Thursday, October 16, 2008

Perhitungan Gerak Semu Matahari

MENGANALISA MENGAPA CUACA BEGITU PANAS DI BULAN OKTOBER DI PULAU JAWA

Di bulan Oktober ini kita yang berada di Indonesia merasakan betul bagaimana terik dan panas matahari bersinar pada siang hari. Cuaca begitu panas menyengat membuat keringat tak berhenti menetes dan tenggorokan cepat kering menyebabkan kita mudah haus. Tak berbeda jauh dengan kondisi tahun lalu.

Cuaca sedang sangat tidak bersahabat. Pada waktu siang hari panas bisa menyebabkan tubuh bermandi peluh ketika berada di luar. Sementara pada waktu malam ranjang pun masih terasa hangatnya...... Hahaha... Hangat makna sesungguhnya, bukan makna kiasan lho ya!!!!

Ada sebuah pertanyaan, mengapa di bulan-bulan ini cuaca begitu panas? Di bulan September hingga Oktober suhu udara mendekati atau bahkan melebihi 35° Celcius di beberapa tempat. Nyaris mendekati suhu tubuh rata-rata manusia.

Jawabnya cukup sederhana. Karena memang di bulan September dan Oktober ini matahari tepat melintas di atas wilayah Indonesia yang menurut kitab Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Dasar (SD) yang sudah lumayan usang itu mengatakan bahwa Indonesia berada antara 6° LU - 11° LS itu.

Masih menurut buku IPA SD itu, posisi sumbu rotasi bumi ketika berevolusi atau berputar mengelilingi matahari adalah membentuk sudut 23,5°. Hal ini menyebabkan matahari akan memunculkan efek gerak semu matahari.

Gerak semu matahari adalah kedudukan peredaran matahari yang dilihat dari bumi selama sepanjang tahun. Matahari seolah-olah akan bergerak dan berubah secara periodik selama setahun. Pergeseran matahari inilah yang kemudian pada akhirnya akan menyebabkan pergantian musim di bumi. Di daerah dekat kutub akan mengalami empat musim, sementara daerah di kawasan ekuator atau dekat garis khatulistiwa umumnya memiliki empat musim. Gerak semu matahari inilah yang menyebabkan perbedaan lamanya waktu berpuasa.

Untuk lebih jelas tentang pergeseran matahari selama setahun, silahkan melihat gambar sketsa di bawah ini.


Pada tanggal 21 Maret dan 23 September matahari akan melintas tepat di atas garis khatulistiwa. Sementara itu pada tanggal 21 Juni matahari akan melintas di garis balik utara matahari, atau koordinat 23.5° LU. Serta pada tanggal 22 Desember matahari akan melintas tepat di atas garis balik selatan matahari pada koordinat 23.5° LS.

Dinamakan garis balik matahari atau titik balik matahari karena disitu adalah posisi maksimal matahari ketika bumi juga mengalami kemiringan paling maksimal. Pada 21 Juni belahan bumi utara akan condong ke arah matahari. Sementara pada 22 Desember belahan bumi selatan yang akan condong ke arah matahari.

Nah, sekarang dengan menggunakan perhitungan matematika sederhana kita akan mencoba menghitung besarnya sudut kemiringan sumbu rotasi bumi relatif terhadap bidang orbit bumi. Sudut kemiringan ini dinamakan dengan sudut deklinasi matahari. Melalui perhitungan ini nantinya kita bisa menghitung kapan periode matahari akan melintasi wilayah pulau Jawa.

Kita asumsikan bahwa gerak semu matahari ini bergerak sesuai dengan grafik sinusoidal yang bergerak naik turun. Mengapa?? Karena pergerakan semu matahari ini identik dengan percobaan fisika tentang gerak ayunan tali atau pendulum. Didapatkan bahwa posisi relatif pendulum pada bidang datar dengan waktu adalah membentuk grafik sinusoidal. Lebih jelasnya lihat kembali sketsa atau grafik gerak semu matahari pada gambar pertama di atas.

Selanjutnya kita gunakan sumbu x (absis) sebagai hari dan sumbu y (ordinat) sebagai kedudukan koordinat lintang. Dibawah ini adalah sketsa untuk memperjelas perhitungan kita nantinya.


Beruntung sekali kita memperoleh data yang sungguh identik dengan grafik sinus. Selisih waktu antara 22 Desember dan 23 September adalah tepat 90 hari! Karena grafik sinus akan mencapai puncak pada sudut 90°, dimana sin90°=1, maka satu hari melambangkan 1° pada sumbu x.

Sumbu y melambangkan koordinat lintang. Karena titik puncak grafik sinus berada pada 23.5 maka rumus awal grafik sinusnya  y = sin x  akan berubah menjadi  y = 23.5 . sin x 


Seperti kita ketahui bersama di pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) waktu SD atau dengan melihat peta pulau Jawa, kita bisa melihat posisi pulau Jawa terhadap koordinat lintang. Pulau Jawa terletak pada 6° LS - 8.5° LS.

Nah disini kita akan mencoba menghitung pada hari apa sajakah matahari itu melintas persis di atas wilayah pulau Jawa. Rumus  y = 23.5 . sin x  akan diubah menjadi  x = arc sin (y/23.5) 


Dari perhitungan didapatkan bahwa matahari akan tepat melintas di atas pulau Jawa pada 15-21 hari setelah tanggal 23 September. Ini ekuivalen dengan tanggal 8-14 Oktober!

Inilah penyebabnya mengapa pada minggu-minggu ini cuaca begitu panas di pulau Jawa! Ya! Karena dalam rentang waktu 8-14 Oktober ini matahari benar-benar berada tepat di atas kita.

Ada jawaban lain? Atau ingin menambahi apa yang telah saya tulis asal-asalan di blog biru ini. Atau ada yang memiliki cara perhitungan lain.... Menggunakan perhitungan lain yang lebih tepat atau lebih unik misalnya pake primbon atau yang lain hahahaha.... Silahkan berbagi disini.....

NB: Nah dengan perhitungan seperti di atas, maka akan didapatkan tabel sudut deklinasi matahari seperti pada tabel di bawah ini.

TanggalDeklinasi Matahari (dalam derajat)
1 Januari23.02° LS
1 Februari17.18° LS
1 Maret07.72° LS
21 Maret
1 April04.40° LU
1 Mei14.97° LU
1 Juni22.00° LU
21 Juni23.50° LU
1 Juli23.12° LU
1 Agustus18.10° LU
1 September08.40° LU
21 September
1 Oktober 03.03° LS
1 November14.30° LS
1 Desember21.73° LS
22 Desember23.50° LS




Artikel Populer
Boleh Dicoba



 

101 komentar:

Frenavit Putra said...

Petamaxxxxx Sek baru moco

grubik said...

iya, matahari makin panas, tur yo dasare bar lebaran, bar mudik, tengah bulan, summucks berats adanya...

Frenavit Putra said...

Hadoh.... Puyeng aku mas..... Itung2ngan opo kuwi... Atek ono Sin x etch.... wes ra mudeng aku..... Wekekekekekekek......

Frenavit Putra said...

Tapi sip.... Pengetahuan baru buat aku mas... Meski ra mudeng-mudeng titik.... Setidaknya nek ditakok i anak q mene aku iso njawab... Wehehehehehe... Manteb..........

BodrexXx said...

Giliran Bodrex comment....

Suip MAnteb memang mas..... sip... emang sampeyan wong Matematika tenan..... Suwun Infone..... weheheheheh........

BodrexXx said...

Salam Kenal Mas......

cisthouse said...

waduwh....uopooooo iku....aq gag iso...dan gag ngerti...

trendy said...

siap2 lotion sinar matahari!
wekekekkeek!

tukang sapu radio said...

Hi... hi... hi... Kayak belajar kalkulus aja om?

Aryo Sanjaya said...

Kalo diterapkan di Malang mungkin cocok Nang, jadi ada relatifitas antara panas, agak panas, dan dingin.

Tapi kalo di Surabaya kayaknya gak cocok, soale Surabaya itu absolut panas, tanggal berapapun.

Eh ini panas dalam arti kiasan dan sesungguhnya loh ^_^

Caroline Sutrisno said...

hahaha... ternyata bukan diriku hanya diriku yang tidak memahami deretan angka2 ituhh... yippieee...

(wong ra ngerti kok bangga?? hehehe...)

Caroline Sutrisno said...

hahaha... ternyata bukan diriku hanya diriku yang tidak memahami deretan angka2 ituhh... yippieee...

(wong ra ngerti kok bangga?? hehehe...)

Epat said...

skrinshut2 pemaparannya kurang "menyenangkan"
hahahaha....
suwun eniwei ilmune nang ;-

fahmi! said...

whoooaaa... your kung fu is very good! mohon berguruuu...
btw mesti kudu wajib ada tanda tangannya ya? hahahaaa

Andri said...

Mas Anang,bukan hanya Jawa yg kepanasan..Di kalimantan (tepatnya di kapuas tempat saya tinggal),cuacanya panaaaass sekali..Apa mungkin karena posisinya yg lebih dekat dg garis khatulistiwa ya?

Tentang cuaca yg lebih panas akhir2 ini..denger2 ada sangkut pautnya dg badai yg terjadi di sekitar Filipina..Tp aku gak tahu pasti ding..Soalnya waktu itu aku dengernya dari tv jg gak terlalu konsen. ;D

Andri said...

Mas Anang,bukan hanya Jawa yg kepanasan..Di kalimantan (tepatnya di kapuas tempat saya tinggal),cuacanya panaaaass sekali..Apa mungkin karena posisinya yg lebih dekat dg garis khatulistiwa ya?

Tentang cuaca yg lebih panas akhir2 ini..denger2 ada sangkut pautnya dg badai yg terjadi di sekitar Filipina..Tp aku gak tahu pasti ding..Soalnya waktu itu aku dengernya dari tv jg gak terlalu konsen. ;D

Adwan said...

Puyeng aku mas.....

indungg said...

Tambah panas aku moco postingan ki,...
Success

Akhmad Zaini said...

Dijupuk hikmah-e ae, dodolan es tambah laris ...
Kumbahan cepet garing, kripik cepet garing, sembarang kalir gariing ...

Jiewa said...

Menurut saya lebih karena global warming sih, walaupun faktor posisi matahari jg menentukan.

aR_eRos said...

mas banyak nyang puyeng nie xixixi
*lari beli bodrex dulu*

Oeoes said...

ndak mudeng mas, IPAku entuk piro yo waktu SD...?

EditTag said...

maaf nulis komen OOT :

tapi makasih dah nonton edittag di metro TV malan ini mas anang :)

Cebong Ipiet said...

begh begh begh berapa peluangnya niy mas? terjadi berapa taon sekali

Raffaell said...

Wah, nang, aku harus balek lagi ke smu nih, wuakakaka, nice...

bojes said...

waduh mas, Bojes gak mudeng sama itung2annya,.maklum,jebolan ips,.gak ahli.hehe..tapi makasih infonya mas..

papapam traffic said...

ora mudeng..umur wis kepala 3

galih said...

Bolehlah analisisnya! Applaus untuk pak guru anang :)

aha said...

ntu tulisan dokter ya bos... kaya nulis resep aja (kabur.. pegang kepala takut di lempar sendal mas anang)

-Fitri Mohan- said...

katanya, tanggal 17 oktober ini ya siang lebih terasa lama dari hari biasanya di indonesia?

oot: biarpun telat, selamat lebaran ya nang. mohon maaf lahir batin.

Tony said...

gila ilmunya dalam banget kagak ngerti tapi bener deh panas minta ampun pas kena cuaca cerah...

iko said...

Yang pasti bbrp hari ini, Jakarta sedang panas-panasnya....

mitra w said...

walah maas, hebat banget analisisnya :)

Hidayatullah said...

pinter, kon... cak!

OOM said...

Wuih mumet aku matematikanya nang, bener2 bikin pusing hehe

acy said...

pantes panas banget akhir2 nich, bikin kepala mletek nich, wkwkwk :)

Masenchipz said...

pinter itung2 juga ni oarang ya... gw kira pinter maenin scripts aja... hue..he...

aprie said...

waduh..
ko berat gini postingannya?
ra mudheng aq kang....

isnuansa said...

aku di ruangan AC terus, Nang.. dadi tetep anyep :)

sipahrom said...

ga ngertti sih tapi tau deh.hahaha.

Bunda Rierie said...

jadi inget pelajaran waktu sma... tapi di pulau kalimantan sekarang tiap hari hujan loch pak anang??

belly wijaya said...

waduh angka angka itu yang nyebabin udara sekarang ini terasa panas ya mas? *maklum gebleg di matematika..* hehe...

meiy said...

maafin baru sempet mampir nih nang :)

tapi medan agak dingin lo nang, byk ujan-e
*gimana kalo cinta semu matahari yah* oot

mantan kyai said...

PANASSSSS....PANASSSS...lambungku PANASSSS..eh kakean heineken rupane *kabur*

ndahdien said...

butettt panjang bener nang, pusing euy:D

tp bln ini emang makin panas krn di utara equator jg lg byk badai, sedangkan di indo panas menyengat tp ga da penguapan air laut krn tekanan diutara lebih kuat. jadi slain panas kelembaban udara jg rendah, phieww mkn panas aja nih (kabarnya ampe nov lho!! butettt)

Yusuf said...

wah, mas anang emang pintar euy... bisa ngerti segitu banyak rumus...

oh ya, saya pendatang baru nih mas, sudikah kiranya mas anang mampir ke gubukku.

http://in-rich.blogspot.com

ezZa said...

komen say hello dulu ya brader baru komen yang setelah baca...

hehehehe...

dede said...

selain master blog, juga ahli geografi...wah lengakap sudah tempat menimba ilmu ada di sini,..jangan bosen kalo saya seri..

wendra wijaya said...

Wuh, ternyata mas Anang ahli...
*plok..plok..plok..plok..plok..*

Mantap!

Mufti AM said...

Gak paham itung2an kaya gini. Yang pasti hawanya benar2 panas, gerah dan pengennya ada di ruangan ber AC

meme story said...

ohhh gitu ya.. kirain kiamat udah dekat, atau neraka lagi kasih uji coba panasnya kedunia hehe

muzakka said...

benar sekali mas Anang. menurut buku Geografi kelas brapa saya lupa, tpi pokoknya pas SMP, memang gerak semu matahari pas di deket2 katulisthiwa.

cuman ini wes lengkap pakai perhitungan matematis. hahaha sip2 apik temen rek postingane

galihyonk said...

Wew ndak ngerti itung2ange mas...

*mumet....*

Harry said...

Wuih...itu matematika yah...waduh, aku malah gag ngerti mas, soalnya aliran matematika ku = MAkin TEkun MAkin TIdak KAruan.....hehehe

212 said...

Wah..pantes bumi banyak panas yah

Taktiku said...

Wah mantap nih itung-itungannya

JALOE said...

kekekek.. paling mujur ilmu matematika, daku cuman dapat nilai 5 waktu sede dulu suhu hihi... puyeng dah..

Blogger Addicter said...

wewwww..mas anang ampe ngitung juga heuhueheu..

wah ga pulau jawa aja nie mas..bali juga kebagian puanas udah dari minggu lalu..phiiuuuu..hot..hot..

ampe pake sin cosan tuh..hehehe..wah dosen ato guru nie kayanya mas anang..hehehe..salam mas :)

tyas said...

waduh, baca rumus2nya jadi tambah sumuk mas...
panas tenaan.... ini nulis komen sambil kipas2.. hehe..

aRuL said...

Ahli matematik ngomong, ampun deh... :D
btw

aRuL said...

Oh..gitu toh....ternyata alasannya... baru tau...
*padahal dulu dah tau pas SD, maklum terlalu byk angka jadi lupa*

aRuL said...

trus gimana penanganannya kalo panas? apa yg harus dilakukan?

dondanang said...

sedia payung sebelum panas. sumuk rek. MAs anang Kui opo itung2an to?

dondanang said...

halah typo

ario saja said...

dasar guru matematika... mbok di itung secara ekonomis aja. Eh... kang di Indonesia itu panas 35 derajat aja AC yang dah lama udara bisa jadi gak dingin lo... kecuali AC yang baru.

nico said...

wow... ternyata bisa dihitung pake matematika sederhana ya? (padahal gak ngerti sama sekali...)

Elys Welt said...

wah ... mumet aku kalau berhubungan sama matematika

btw, ada award buat kamu di blogku, diambil ya , thank u

kw said...

wow...
panas yang seperti ini kata bmg sampai pertengan nopember ya?

(duh itung-itungannnya....)

endangcinta said...

Ho oh...panaass...banget...gak pergi2 dulu aaah...

emfajar said...

waduh,, itung2annya ribet.. tapi iy kok akhir2 ini udara panas bgt..

Ongki said...

Pada tanggal 21 Maret dan 23 September matahari akan melintas tepat di atas garis khatulistiwa

wahh,, pas hari ulang tahun-ku.. wkekeke

Wahyu Firmansyah said...

Maaf, tapi kok dibuku-buku lain mengatakan bahwa matahari telah dimuntahkan dari mulut naga.

nita said...

hitung2annya canggih. saya udah terpesona duluan liat angka2 itu

mybenjeng said...

iya neeh puanas, gak ujan-ujan.
wah bapak ibuku gak tanam padi dong... :)

mercuryfalling said...

aku disini kedinginan, pak guru :D

yan azmi said...

waduh...tsemua rumus,,

make me confuse


singluculucu.blogspot.com

Revarius said...

Tepat di atas kta... pantes aja aq kayak di rebus di dalam mobil kmrn yah itung2 warming up di neraka bagi yang banyak dosa hueheheheh ... mantap bgt nih penjelasannya anang, sangat ilmiah sekali... dengan gini dapat diperkirakan lagi nih kappan matahari tepat di atas kita... hehehehe hebat

Andy MSE said...

Wah... jebule mas Anang ki ahli matematika, juga ahli astronomi...
yo wes mas... cabut sik... sumuke poll..

cerita senja said...

hmmm..jadi gitu ya
menarik nih mas anang..
aku yang ndak mudeng masalah itung2an sinus cosinus tangen pas jaman sma dulu bisa mengerti penjelasan mas anang.
yuhuu
:)

Dony Alfan said...

Edan ki, guru matematika beraksi. Haha, aku ra mudheng.
Di Solo aja puanasnya minta ampun, apalagi di Suroboyo?
Selamat bermalam minggu, pak guru....

junjungpurba said...

waduh nggak dikampus, nggak di blogging, selalu aja nemu rumus2 gila,,,,migren aku.

mymoen said...

Koq tiba2 agak susah ya nge-baca postingan kali ini?? wkwkwkw....

cumie said...

berarti berdampak ke seluruh tanah air ini ya? adem aja sih klo dalem kantor wakakaa..
saya kirain dah terjadi global-warming.

Dzofar said...

yaoloo.. aku lagek sak ki sak ki lo turu koyok enek sing nggremeti.. tibake mbareng tak demek, tibake banyu alias keringet!!

wow, kowe gak iso nggambar gerafik yo, kok diorek-orek nang kertas.. wekekeke...

Nike said...

Wow... Mas Anang kayak ilmuan. Keren dah. :)

EMULTY said...

ada anggapan juga hujan ga turun krn sering ditolak krn kebutuhan respsi ma rang tambak garam...bener ga ya?

Aping said...

Mas Anang iku sebenernya maksudnya apa sih? bingung

Bisa disederhanakan gitu?

demarthawhy? said...

pantas....
gerah euy.....

agung gunggung said...

mas
aku gak ngerti mas
pake bahasa manusia ajh mas jangan pake bahasa ayam

NB : coba buka tintapelangi.blogspot.com

juni said...

bukan hanya bulan oktober saja yang panas, tapi dibulan lainnya juga panas apalagi didaerah yang sedang menyelenggarakan pilkada

Flippy Right Hand said...

horeeee... pas maret nanti Australia dah gak panas lagi.. siip lah

comment by Flippy

TiQa !! said...

nIe bLoG cAnggiH bGt !!
tOp decH!!
y wEz...
bSoG !! kLo aD tuGas !!
Aq kAn siNggAH Lge..
thInk yUw ..
bLog .. I LovE yOU fULL...

Kharis said...

Mas, maaf saya agak bingung, mengapa kok grafik yang digunakan berupa sinusoidal, menurut pemikiran saya kecepatan revolusi bumi itu kan linier jadi seharusnya grafiknya juga linier

] ^
]/ \
] \ /
] v

Thx untuk penjelasannya

sewa mobil di surabaya said...

wah gak tau gerak geriknya matahari :D

tapakuntulayang said...

tapakuntulayang
kayane matahari-ne wis pada mulai bangkrut, kok rasane esih panas bae ya, panas pikire, apa panas atine kiye?

sewa mobil murah said...

thanks buat infonya

xxx said...

wah ane jadi tau gan kalau penyebabnya itu...makasih ya gan buat infonya

Rani Fitriyani said...

wah ga jelas tuh tulisan nya ada yang singkat ga ya mas?

exibi said...

lebih baik telat dari pada tidak koment sama sekali

sewa mobil di surabaya said...

makasih infonya

Anonymous said...

berarti sudut deklinasi itu sama dengan garis lintang ya mas...

Kirim Komentar Anda

Gunakan link dibawah ini jika form komentar tidak bisa digunakan
(Klik disini untuk mengirim komentar anda)

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)