Tutorial Cari Uang

Saturday, September 09, 2006

Kenapa semua air mineral itu disebut AQUA ??

Kenapa ya? Sering kali kita tidak menyadari di sekitar kita ini terjadi. Misalnya saja seorang penjual minuman di terminal. Mereka mungkin membawa bermacam jenis minuman. Biasanya mereka taruh dalam sebuah tempat yang kemudian di dalamnya berisi es sebagai alat pendinginnya. Mereka berteriak lantang kepada para calon pembelinya, "Aqua.. Aqua dingin dingin, teh botol, aqua dingin, teh botol, sprite, fanta dingin, aqua dingin dingin...". Padahal belum tentu air mineral yang mereka jual itu bermerek AQUA?? Mungkin saja Club, Aquades, Vivi atau yang lainnya...

Banyak contoh-contoh lainnya. Misalnya saja, jarang kita menyebut kata pompa air untuk sebuah alat yang bisa memompa air dari dalam tanah. Sering kita menyebut mereknya, merek yang sudah sangat terkenal dan sudah meresap kuat di ingatan setiap orang yaitu SANYO. "Pah, tolong itu sanyo-nya dinyalain, ibu lagi nyuci di kamar mandi airnya habis, tolong dinyalain ya pah sanyo-nya". Dan padahal belum tentu merek pompa air yang dimiliki adalah Sanyo.

Dan pada saat mencuci kemudian ibu itu menemukan fakta bahwa deterjennya mau habis, maka si ibu tadi akan mengucapkan kalimat "Pah, sekarang Rinso mamah tinggal dikit nih, gimana mau nyucinya nanti. Tolong beli di warung sebelah dong pah...". Padahal belum tentu deterjen yang dipakai ibu itu adalah bermerek Rinso, bisa saja SoKlin, Wings atau apalah mereknya... Bisa saja kan?

Atau ketika anak si ibu tadi terganggu oleh ulah nyamuk-nyamuk nakal, mungkin saja terucap kalimat "Banyak nyamuk nih mah, udah dinyalain belum Baygon-nya?". Sekali lagi, padahal belum tentu obat nyamuk bakar merek Baygon yang dipakai...

Yah.. Top of Main Brand memang berpengaruh pada semua hal tersebut diatas. Aqua menjadi top of main brand untuk air mineral. Merek yang sudah sangat terkenal atau merek yang pertama kali muncul dan terkenal di pasaran itulah yang akan menjadi merek yang paling diingat oleh para konsumennya, dan berpengaruh pada penyebutan merek-merek lain hehehehe....

Bagaimana tanggapan anda??

125 comments:

  1. Yup, kita terpengaruh dengan merk product yang pertama kali keluar. seperti softex untuk pembalut, honda untuk motor, dan orang jogja kalo bilang korang apapun pasti KR "Kedaulatan Rakyat" ksian merk lain ya :)

    ReplyDelete
  2. Ini ada istilahnya dalam tata bahasa Indonesia. Apa yaa?? Wach, aku lupa...xixixi ngisin-isini.

    ReplyDelete
  3. mencegah kehamilan = KB.........

    ReplyDelete
  4. waduh waduh Mas Anang, itu ada nama majasnya, Metonimia kalo ga salah namanya.
    jadi sebenernya, emang orang cenderung "malas" untuk mengingat apalagi mengucap sedemikian banyak merek di pasaran,. jadi yaa diambil kalau ga yg paling terkenal, atau yg emang pionir di jenisnya. hehe.


    }z{

    ReplyDelete
  5. kalo yang lain, odol dibilang pepsodent, padahal belum tentu merk odolnya pepsodent

    ReplyDelete
  6. ANONYMOUS SAID:
    kalo yang lain, odol dibilang pepsodent, padahal belum tentu merk odolnya pepsodent

    Wednesday, March 07, 2007 10:00:00 AM

    NGAWUR!!ODOL ITU JUGA MERK PASTA GIGI KALE! DASAR METONIMIA!!! yang bener tuh, pasta gigi dibilang odol / pepsodent..padahal belom tentu merk pasta giginya odol/ pepsodent..
    dasar dodol!!!
    hewhewhew....

    ReplyDelete
  7. di dunia bisnis... ==> 1st mover advantages.. dimana 1st mover company dpt keuntungan2 spt itu..
    conto: ebay buat situs lelang
    kaskus ~ forum indo =P

    aqua perintis air mineral ~~~

    ReplyDelete
  8. mestinya kita sadar kalo ngiklanin produk secara gratisan, mestinya tuh produk bayar sama kita dong, haha

    ReplyDelete
  9. brand awardness .... dan salah kaprah, silet - merek pencukur, odol - merek pasta gigi dan banyak lainnya...

    ReplyDelete
  10. iya lucu... gw minta Aqua dikasih merk gak jelas... aneh...

    ReplyDelete
  11. iyah...di bali, plat nomer kendaraan disebut DK,(plat nomer Bali)
    jadi orang bali nanya kayak gini : "kalo Bandung DK nya apa ya?"

    ReplyDelete
  12. Topik ini memang sangat menarik,apalagi saya sendiri sering menyebut air mineral dengan AQUA,padahal terkadang merk(brand)yang saya maksud bukan merk AQUA,tetapi merk lain,hehehe.....Pak Anang sekalian promosi nih,tolong buka blog saya www.katombeonline.blogspot.com ya.

    ReplyDelete
  13. Penjual : Aqua aqua..!!
    Pembeli : mas ada aqua VIT ga?
    Penjual : oh ga ada mas.. adanya aqua Ades.. mau?



    Salam kenal dri arnol adams

    ReplyDelete
  14. Ada lagi neh, kadang ibu² selalu bilang kek gini "Bu, bawa pampers gak??" ibu yang lain berkata "bawa dong" Padahal itu ibu bukan bawa pampers tapi merek yang laen, Iya kan ? ;))
    Pertanyaan saya, mesti na itu ibu bilang na apa ya :/ (Bingung)

    ReplyDelete
  15. gw pernah kanvas/jualan grosir aqua utk kaki 5. gw nanya mau ambil aqua gak, si kaki 5 nanya balik aqua yg asli apa bukan. gw jawab ya aqua ya aqua. si kaki 5 blg, aqua mau tp kalo bukan kgk usahlah. napa emang. si kaki 5 blg. soalnya kalo bukan aqua org jadi kgk mau beli. Maksod lo. gw bingung.... aqua ya aqua. ades ya ades. vit ya vit. kok gw yg jualan jadi bingung.

    ReplyDelete
  16. Benar²
    sering ketika kita mau mengambil gambar lewat kamera film konvensional ( non digital )
    pasti bilang,”mas, KODAKnya mana?”
    padahal belum tentu kamera itu merknya KODAK
    melainkan Fujifilm
    ya,
    memang merk yang pertama muncul sering diingat

    ReplyDelete
  17. sama kayak walkman merk philips, ipod merk abal-abal, pentium amd, pentium celeron, dll

    ReplyDelete
  18. ya,itu namanya brand mainded...hal itu yg di tuju produsen,...namun biaya yang dikeluarkan tentu tidaklah sedikit untuk membentuk suatu image suatu produk di masyarakat...seperti "extra joss, aqua,atau yg lain...biaya promosi mereka tidak lah kecil...mereka rela merogoh kocek perusahaannya untuk membanggun image produknya...kita ambil contoh mie sedap...untuk mengalahkan image indomie.

    ReplyDelete
  19. sudahlah mas anang kenapa seh kita bicarain hal-hal yg sepele gini?
    kenapa gak bicarain cara main game yg baik,trutama dota?Wow mungkin atau game lain deh dari pada gini.
    TULL GAKKK?
    KHEE-KHEE

    ReplyDelete
  20. maksudnya TOM kali
    Top of Mind bukan Top of Main
    :) itu bahasa marketing yang maksudnya orang nyebut honda maka asosiasinya adalah langsung ke motor sebaliknya juga orang sebut motor asosiasinya langsung ke honda. TOM ini susah untuk dicapai.. cmiiw

    ReplyDelete
  21. Astor jg. merk apa sja tetep dibilang astor ya kan?

    ReplyDelete
  22. Hehehe...fenomena ini merupakan akibat dari apa ya?
    Apakah akibat dari penyederhanaan?Kemalasan? Atau yg lainnya?

    ReplyDelete
  23. di blog saya yang mengulas salah satu MLM di Indonesia ada yang berkomentar

    orang tianshi ya? :)

    ReplyDelete
  24. aqua bukan air mineral mas, hanya air kemasan saja.

    ok

    ReplyDelete
  25. tuh kan..
    ada yang bilang odol.. mestinya disebut pasta gigi..

    odol tuh merk pasta gigi pertama di indonesia..mgkn waktu belanda masih jajah..

    tuh bukti main brand...masuk dalam fikiran kita..

    ReplyDelete
  26. yah..
    memang lebih mudah mengingat apa yang sudah banyak orang tahu..

    ReplyDelete
  27. kalo gak salah ada istilahnya.....
    berarti aqua sudah jadi merk generik...

    ReplyDelete
  28. Jangan lupa:

    sanyo = pompa air (padahal ndak mesti sanyo, sekarang banyak merk lain)

    colt = angkutan umum roda empat (padahal ndak mesti mitsubishi, kadang isuzu)

    ReplyDelete
  29. bapak ku beli honda yamaha lo...
    hehehe...

    ReplyDelete
  30. Ada yang bilang kalo merek produk pertama yang keluar, itu yang melekat di benak orang..

    salam kenal mas anang

    *anang juga..*

    ReplyDelete
  31. gak salah yang jualan minuman. AQUA itu khan artinya air dalam bahasa latin. Jadi kalo yang jualan minumnya bilang "Aqua..aqua.. aqua gelas.. aqua botol!", sama aja dia bilang "Air.. air.. air gelas.. air botol!". Hehehehe.

    ReplyDelete
  32. nih yang ga tau istilah buat pampers.
    pampers tuh salah satu jenis merk diapers...klo udah jd bapak pasti tau deh...

    ReplyDelete
  33. kalo gak salah dulu senter juga disebut BATRE ( mungkin produk pertama yang dikenal di indonesia yang menggunakan batu baterai ), pembalut juga banyak yang sebutnya SOFTEX, padahal Laurier sekarang lebih ngetop..

    ReplyDelete
  34. Ada lagi.....
    Indomie........
    Indomie..... Selerakuuuu......

    ReplyDelete
  35. wahhahahahahahha
    jadi inget megaphone yang sering dibilang TOA

    "makannya ngomong tuh pake TOA, biar kedengeran" kakakakakkakaa

    ReplyDelete
  36. kita selalu dijajah oleh produk2 luar negeri, dan memang harus kita akui orang2 kita (sorry) *NGGAK* kreatif/innovatif!!!

    gw setuju kalo orang cenderung "malas" untuk mengingat apalagi mengucap sedemikian banyak merek di pasaran, jadi yaa diambil kalau ga yg paling terkenal, atau yg emang pionir.

    jaman gw kecil dulu kalo nyebut mie instant ya "supermie". tp ... ntah thn brp (mungkin sekitar thn 1989 kesini) nama itu bergeser jadi "indomie".

    ReplyDelete
  37. aku punya pengalaman lucu waktu kerja di mitsubishi... masyarakat di jember bagian selatan selalu menggunakan kijang untuk mobil jenis MPV. jadi disana ada istilah 'kijang'yang kijang, kijang kuda dan kijang panther.

    ReplyDelete
  38. Waduh..aku baru tau kalo odol tuh merk pasta gigi jaman Belanda. Ya Ampun..tak pikir odol tuh bhs jawanya pasta gigi. hehehehehe..abis dari emak nyampe ortu nyebutnya odol mlulu. Mungkin juga ini jadi pemicu kenapa bisa tata bahasa sampe salah kaprah kaya gini.

    ReplyDelete
  39. seinget gue pelajaran waktu sd... air suling itu namanya aquades... makanya kan tuh air kemasan namanya ada yg aqua ada yang ades... air suling air yg dipanaskan terus jadi uap air, terus didinginkan jadi air lagi.... jadi air bersih geto lah yao....

    ReplyDelete
  40. emang bener kok kalo odol = merek pasta gigi jadul .... tp dah ga edar jaman kita lahir x ya

    ReplyDelete
  41. Mank lidah dan daya ingat orang indonesia hanya ingat pada apa yang pertama kali keluar dan ngetop!!!

    Tul G????
    Baygo,honda,pepsodent,aqua,kodak,sanyo,rinso,softex,pampers or any else....
    Tu smua produk pertama yang keluar and jadi TOM...
    Yang jelas,yang punya brand itu tetep seneng karena produk mereka tetap di kenang dan di sebut m orang2...
    Tul G????

    ReplyDelete
  42. ya, orang Indonesia itu emang gitu. suka cari praktisnya. ga mau ribet. malah banyak orang yg ga mau tau. yg penting maksudnya nyampe. contohnya aja, klo dirumah saya, bokap lebih suka nyebut channel tivi itu dengan nyebut angka berapa channel itu berada. let say, RCTI di tombol nmr 3 di remote tivi kami.
    So bokap lantas nyebutnya : "di 3 ada tinju!" padahal maksudnya di RCTI ada tinju. en bokap saya berumur 62 th, orang jaman dulu. dan kebanyakan emang yg suka nyebut produk dgn merk yg udah jd brain minded itu kan orang2 dulu. klo anak2 jaman sekarang, ya ngekor aja. abis udah dari dulu sih..
    hehe..
    btw, celana lepis kotor saya ada diatas kosmos nih, ntar berasnya malah jadi bau lagi..

    PS: tivi saya merknya sanyo.. tapi ga keluar air..

    ReplyDelete
  43. Saya ngga branded tuch... buktinya kalo saya mo beli odol ngga bilang beli pepsoden tuch... paling saya mo beli sesuatu sebutin nama produknya trus baru nyebutin merknya.. bang beli sabun coleknya dong... bukan... bang beli sabun wingnya dong itu salah

    ReplyDelete
  44. itu seh dah menjadi salah satu hukum pemasaran. Iya kan ???

    ReplyDelete
  45. Bahasa nasional kita memang sering mengadopsi istilah dari luar. Tentu selain umur bahasa, juga perkembangan teknologi kita relatif tertinggal bahkan dalam kawasan regional, yang umumnya membuat kita melirik tren luar.
    Kurasa kita harus mengakui inilah kita, yang tidak pantas disebut bangsa peniru. Tapi bangsa yang suka belajar sama-sama.
    Hmm hmm.

    ReplyDelete
  46. Kita sebenarnya bukan terpengaruh tapi terkena echo...sehingga latah tah... karena echo hanya itu itu saja yang terdengar... saya geli membaca postingannya (ini saya kutip lagi)
    "Mulyadi mengatakan...
    Saya ngga branded tuch... buktinya kalo saya mo beli odol ngga bilang beli pepsoden tuch... paling saya mo beli sesuatu sebutin nama produknya trus baru nyebutin merknya.. bang beli sabun coleknya dong... bukan... bang beli sabun wingnya dong itu salah"

    Padahal odol itu sendiri adalah merk pertama kali nenek kita di jaman jepang (kali yee...) sudah terkenal pasta gigi dengan merk Odol...jadi mas Mulyadi sudah terkena juga tuh ato mungkin kena imbas dari orang tua-nya kekekek..... :D

    Malah kalo gak salah dulu di jaman nenek saya, yaitu jarum "pentul", yang sekarang dijadikan sebutan padahal itu adalah branded buatan china (correct me if I'm wrong.... :P)....

    ReplyDelete
  47. Gw setuju tuhhh....

    Gw tambahin deh.... Sekarang hanya branded yang kuat yang bisa membuaat echoo.... karena produk tertentu sudah banyak merk-nya, jadi merk tersebut tidak bisa menggema.... Dulu syrup yang terkenal yang ada dan pemasarannya meluas adalah Orson..sehingga orang dulu selalu bilang kalo mau beli syrup/limun mereka bilang "tolong nak belikan Orson" tapi yang dibeli nanti bukan merk Orson itu gak penting :D.... Tapi sekarang orang sudah melek, tidak ada merk sirup yang mendominasi, tidak ada pasta gigi yang mendominasi dan juga produk2 lainnya yang bisa membuat merknya dominant, kalau toh ada, memang merk tersebut bisa dikategorikan ruar biasa.... karena sekali lagi tidak ada jenis produk yang hanya dimiliki oleh satu merk yang beredar di Negeri kita...

    ReplyDelete
  48. ga enak kalo bilang beli vit,ades atau 2tang mas. enak bilang beli aqua, walau yang dibeli aquades. coba kita bilang beli air minum dalam kemasan di pelabuhan, pasti yang jual juga bingung kan :-)
    lam kenal

    ReplyDelete
  49. Mas...mas...hari gini ngomongnya air minum... khan udah pada ngerti yang jualan walo wong ndeso..tinggal sebutin aja pengen beli air mineral.. pasti deh yang jualan langsung ngasih aqua hehe...:P.... habis yg ngetop itu...

    ReplyDelete
  50. Oh ya tambahan lagi.... Ada yang tahu sepatu Kets? Sepatu biasa dipakai olahraga itu. Konon katanya Kets itu adalah nama produk pertama jaman dulu kala... Makanya sekarang banyak yang nyebut jadi sepatu Kets... CMIIW

    ReplyDelete
  51. wah, sepertinya ada yang perlu ditambahin tuh mas. Kalau di padang atau di pekanbaru, dan juga mungkin beberapa daerah di sumatera, untuk motor mereka menyebutnya HONDA. Misalnya, "Uda, ban Honda uda kempes". Padahal motor yang dimaksud bisa saja keluaran Suzuki, Kawasaki, atau lainnya.

    ReplyDelete
  52. kurang kerjaan ya?
    kok ngurusin merk orang.
    apa anda ga punya merk sendiri?

    ReplyDelete
  53. mmm..... mungkin konsumen merasa produk yang ia akan beli adalah generic name.. padahal merk produk tersebut itu yang generic name... (bingung ya pak...?!?)

    ReplyDelete
  54. penjual CD : ada video miyabinya Mas ....
    pembeli : pemain miyabinya chika bukan ?
    Penjual CD : ada
    pembeli : satu dong miyabi chikannnya

    * video bokep jepan disebut miyabi padahal miyabi kan artis bokep bukan istilah ..he...he...

    http://chika-video.blogspot.com

    ReplyDelete
  55. Tapi kok kalo laptop ga ada yang nyebut merk yah.....
    padahal khan banyak yg terkenal..

    ReplyDelete
  56. chan2
    Tapi kok kalo laptop ga ada yang nyebut merk yah.....
    ===
    soalnya kakek nenek kita gak main laptop, jadi yg muda mudinya blom terpengaruh.

    tapi kayaknya sih kebanyakkan pake nama "notebook" untuk laptop. padahal "notebook" itu kan keluaran IBM yah.

    ReplyDelete
  57. bang beli silet gol bang.

    ReplyDelete
  58. Gw pernah mo beli Aqua, ama penjual dikasih merk yang laen. Gw tolak karena tuh aer dg merk itu malah bikin tambah haus. Pdhl yang gw maksud Aqua ya Aqua...

    ReplyDelete
  59. Sodara : Mas, tahu alamat situs ini-itu di seluruh Indonesia?
    Gw : Tau donk...gw gitu!!
    Sodara : Minta donk!! lagi perlu nih.
    Gw : Boleh aja, gampang itu mah, Googling aja!!! :D
    (Googling = pencarian sebagian atau seluruh kata rujukan yang terdapat di sebuah artikel atau situs dengan menggunakan mesin pencari yang kebanyakan menggunakan Google-padahal pake search engine yang lain juga ada)

    ReplyDelete
  60. Anangnya KD, kok bukan suaminya KD. Tentu saja buat mbedain sama anangmu, karena aku belum punya anang.

    Apakah anang itu? ;))

    ReplyDelete
  61. wah, iya juga... aku juga suka mendengar temanku di kantin sekolahku bilang "ibu, beli aqua!" padahal, merk air minum yang dijual di kantin itu adalah vit.

    ReplyDelete
  62. itu majas apa, ya namanya???
    pokoknya majas, lah....
    sama seperti sebagian orang yang menyebut semua merek motor sebagai honda...
    pokoknya majas, lah..
    hee...

    ReplyDelete
  63. yupz emang dah orang indonesia maunya yang gampang2 aja.
    "odol" juga dulu merk terkenal pasta gigi. tapi sampe sekarang di pake buat nyebut pasta gigi

    ReplyDelete
  64. Mas Anang...
    Salam kenal...
    Saya sedang melakukan penelitian tentang masalah ini untuk skripsi saya...
    Blog Mas Anang ini sangat membantu sekali...
    Nanti kalo skripsinya sudah selesai akan saya bahas deatilnya masalah ini oks...
    Terima kasih!!!

    ~b0chun~

    ReplyDelete
  65. Ya, ini adalah sebuah fenomena marketing yang sangat menarik untuk dipelajari. Semuanya dimulai dari brand loyalty. Orang sudah sangat percaya pada brand itu sampai suatu puncak di mana brand itu berevolusi menjadi brand identity. Proses ini tentu saja memakan waktu yang cukup lama. Tetapi mungkin saja kita medapat istilah2 tersebut secara tidak sadar dari generasi sebelum kita. Orang tua kita mungkin..

    ReplyDelete
  66. Wah ternyata udah ada yang posting duluan tentang Goodwill ^^ Btw, CS itu juga termasuk kan. Hapir smua orang menyebut game online dengan sebutan CS ato Counter Strike Padahal blom tentu yang dimaenkan itu CS

    ReplyDelete
  67. kalo anda tau bahasa spanyolnya air, ya artinya aqua. jadi pedagang air itu gak salah bilang nya aqua, karna dia jualan air. bukan jualan merk.

    ReplyDelete
  68. Kalo yang ini masuk kategori metonimia gak:

    Presiden RI itu Soekarno. Kalo Soeharto, Habibie, Gus Dur, Mega, SBY? itu bukan presiden RI, tapi penggantinya Soekarno.

    Ketua NU siapa? Gus Dur. Lha Hasyim Muzadi? itu juga penggantinya Gus Dur.bukan Ketua NU..

    ReplyDelete
  69. hehheeee......//
    seperti orang Demak(SMG) bilang," ma'e gi ngopo jenengan?, nggodhok wantah/jarang(kata lainnya)".
    Dalam bhs Indo-nya," Ibu lagi ngapain?, masak air putih".
    Kalau kita telan pelan2, masak wantah dimasak!! padahal yang namanya wantah itu, air yg sudah dimasak...hi9hi9

    Mas Anang VS De_Iwan TOPzone...he9hi9

    ReplyDelete
  70. di tempatku yg namanya pompa itu cma ada 2, klo bkn sanyo berarti jetpam.

    trs klo hp yg ada cma nokia. jd kyk honda githu kisahnya...

    ReplyDelete
  71. itu bukan majas bos... majas yang kamu maksud itu: si andi naik kijang, si anang naik garuda, dll

    itu majas personifikasi alias meng-hidupkan sesuatu padahal sesuatu itu benda mati.. (halah! penjelasan model apaaa... ini!!)

    ya.. geto deh...

    ReplyDelete
  72. he he he inget di kampung
    " le kowe muleh karo koncomu numpak opo?"
    "numpak HONDA mak HONDA ne koncoku"
    pada hal motor temen nya SUZUKI tornado
    "nyileh KODAK e yo aku sesok arep jalan2 ning TMII"
    ternyata tu kamera produk CANON
    "eits! diamput RIBEN mu uapek tenan"
    pd hal tu kacamata merk cengdem goceng adem bukan RAYBAN
    sampai lapisan kaca mobil pun dinamain RIBEN
    ayo ayo apalagi...

    ReplyDelete
  73. hahaha...kalo mau beli pospak (popok sekali pakai ) mesti bilangnya Pampers padahal yang dibeli Huggies, Mamy Poko, Fitti, Baby Happy... *ngakak*

    trus kalo mau beli ayam goreng bumbu tepung pinggir jalan bilangnya "kentaki" padahal jelas2 rasanya jauh beda sama Kentucky F.C itu...

    jajanan anak berupa minuman serbuk yang dikasih air dan es batu mesti dibilang Pop Ice padahal yang dibeli bisa yang lain...

    Kalau beli susu cair, yang kesebut pertama kali,"pak, beli Ultra di indomaret gih!" yang dibeli mah Indomilk atau Susu Bendera. Atau ditanya, susunya apa? jawabnya ya Ultra!

    apa lagi ya? *mikir*

    ReplyDelete
  74. koreksi Bos... istilah yg benar adalah "top-of-mind brand" (merek yg tersirat pertama kali di pikiran), bukan "top of main brand"

    ReplyDelete
  75. Reply:
    Quote:
    Anonymous said...

    kurang kerjaan ya?
    kok ngurusin merk orang.
    apa anda ga punya merk sendiri?
    Jumat, September 21, 2007 12:18:00 PM

    Memang ga punya kan ? (cmiww)

    ReplyDelete
  76. hmm..hal begituan sih itu berrarti majas.
    anda tidak perlu pikir hal spt itu.. yang perlu anda permasalahkan adalah kata "sebuah"

    sebuah motor, sebuah TV ....

    kenapa itu harus pake kata sebuah? itu kan bukan buah....???

    TANYA KENAPA???::-

    ReplyDelete
  77. jadi bodor oge maca na..hehehehe

    ReplyDelete
  78. Pada ribut semua,,,,Lg bahas paan seh?psti lg bahas togel ya,,hwakakakakkk

    ReplyDelete
  79. Hihihi.. itu namanya "SUGESTI" karna terkadang kita mengikuti orang lain dalm berbicara..karna enak didengar,kita jadi terbiasa berbicara demikian..

    ReplyDelete
  80. Punel SR
    www.punel.cjb.net
    punelsr@yahoo.com

    Petromax juga Merk ya??
    Lampu petromax kalo bendanya bahasa indonesianya apa ya?

    di lampung,
    BE nomor mobilmya berapa ya? (Maksudnya plat nomor mobilnya..)

    Kuliahnya di Unila Mana Mas? Unila Bandung apa Jakarta? (Maksudnya universitas mana/ Unila = Universitas Lampung)
    ====

    ReplyDelete
  81. Ternyata bukan hanya merek loh yg bisa jadi salah kaprah. Coba simak dialog simbah dan cucunya berikut:

    Cucu: mbah, tadi ada turis lewat depan rumah lho...
    Simbah: Londo ya cu? Londo ngendi? londo inggris opo londo jepang?

    Orang asing yg ada di sini kan belum tentu turis... trus karena bule pertama yg njajah indonesia adalah belanda (londo) makanya jadi ada istilah londo jerman, londo inggris, londo amerika bahkan sampe londo jepang, hehehe...

    ReplyDelete
  82. bukan gitu boy....
    menurut segi pemasaranya (marketing) itu namanya POSITIONING MARKET...dimana ada produk perintis dan SUKSES dipasaran maka Brand-nya akan menjadi standar dari jenis produk tsb....misalnya dalam kasus ini AQUA, karena pada saat pertama kali dikeluarkan AQUA tidak laku (orang berpendapat bahwa hanya air putih bwat apa beli, karena AQUA dulu dijual dengan harga yang murah) hal ini tidak terjadi sejak AQUA menetapkan strategi harga dengan menaikkan harga jualnya (menjadi sedikit lebih mahal) hasilnya sukses luar biasa....nah semenjak itu AQUA berhasil memposisikan imagenya kedalam benak konsumen bahwa air mineral yang bersih dan sehat itu adalah AQUA...itulah sebabnya apapun merknya orang selalu menyebut AQUA

    ReplyDelete
  83. Berusaha menjadi top of mind pernah dicoba oleh RCTI tapi gagal. Mungkin ini adalah sesuatu memang tidak bisa dipaksakan dan terserah masyarakat yang menerimanya. Telkomsel sebagai yang "pertama" juga pernah berusaha dengan produk Simpati. Gagal juga. Smile dan Farida juga sama. Yang sedikit berhasil kayaknya di produk mailboxnya. Rada sering kita mendengar orang komentar "Asem, veronika.." Padahal yang ditelpon nomor mentari.
    Piss aaah...

    ReplyDelete
  84. Masalahnya sekarang apakah merk - merk terkenal itu sudah diakui ato dipatenkan jadi kosakata bahasa Indonesia apa blom? Perlu nggak pusat bahasa mengambil merk - merk tersebut jd kosakata b. Indonesia?
    Kaya' merk silet, odol, kets apakah merk2 tu ud jd b. Indonesia? Apa di KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) merk2 tersebut juga tercantum? Klo udah kenapa nggak sekalian aja merk2 seperti Honda, Sanyo, ataupun softex juga dipatenkan saja, maksudnya dimasukin sekalian jd b. Indonesia gitu biar vocab kita jd tambah banyak. Gimana prend??? Klo aq sih ngedukung abis, Klo klian???

    Salam kenal "kEIRA" ^^

    ReplyDelete
  85. itulah orang Indonesia, cari gampangnya aja

    ReplyDelete
  86. Yah karena mereka itu yg pertama (biasanya org sbt sbg trendsetter), msk ke marketnya lbh susah krn bnyk yg ga tau dan komplain, koq air dijual, tp stlh masyarakat tau yg terkenal brand tsb. Kl yg lain mengambil market yg blm terjangkau aj, dgn kondisi masyarakat udah paham sama jenis tsb, apakah air mineral, detergen, dll.

    Hikmahnya, jgn takut dgn sesuatu yg baru dan blm dikenal org, krn kl memang itu bagus dan anda yg memperkenalkannya, so pasti anda yg untung :)

    ReplyDelete
  87. iya, intinya siapa cepat, dia diingat.. betul?

    ReplyDelete
  88. itu soalnya brand awareness-nya masi tinggi alias bagus :p and brand loyalty nya orang2 itu juga masih tinggi.

    soalnya orang secara ga langsung juga ngomong pepsodent untuk pasta gigi..

    hehe, tapi itu kl diliat dari kacamata bahasa komunikasi periklanan lho :p

    cmiiw..

    ReplyDelete
  89. Hmmm....mas aku ntar kesana naik honda yah..lho??

    ReplyDelete
  90. Di dunia blogger juga sama Mas. Kalau ditanya tentang top blogger Indonesia, orang akan langsung refer ke Anang, Priyadi,Cosaaranda,isanai dsb.... Image ..... Salam

    ReplyDelete
  91. Ditinjau dari sisi manajemen stratejik, hal ini merupakan buah simala kama. Brand yang kuat pada satu produk, membuat produk itu kuat di pasaran. Disisi lain, Brand tersebut akan sulit melakukan diversifikasi. Sebagai contoh produk Sanyo yang sukses di bidang pompa air. Namun begitu melakukan diversifikasi produk ke bidang elektronik (TV, kulkas, AC dll) kurang begitu berhasil. Orang jadi berpikir "TV kok merek Sanyo ??"

    ReplyDelete
  92. Bai de wai ...
    Ada yang punya Levi's yang merk Lea ga???
    Ketawa mode : On
    Hahaha...

    ReplyDelete
  93. Istilahnya metonimia...

    bener gak?

    ReplyDelete
  94. Nah..saya jadi inget kata-kata pakar marketing kita...''BRAND ...BRAND''

    emang betul sih...kalo merek dah paten susah ngilanginnya....

    Coba tebak ...kalo ngomong pompa....ya '''SANYO'''

    Plus NUmpang Kenal;;;
    GRATIS RAHASIA MENINGGIKAN BADAN

    HTTP://WWW.TIPHIT.WORDPRESS.COM

    ReplyDelete
  95. oohhh,, jadi karena top brand kita ngomong air mineral aqua..

    ReplyDelete
  96. Ternyata Odol merupakan merk keluaran GSK (Glaxosmithkline) untuk oral care (pasta gigi included) -> http://www.gsk.com/products/consumer_healthcare/dw_odol.htm dan masih eksis di jerman. Begitu juga dengan sepatu Keds (ternyata pake 'd' bukan pake 'd' ^_^) -> http://www.keds.com/ masih eksis juga tuch ...

    ReplyDelete
  97. anang nulis
    ngono yo ngono tapi ojo ngono. YEn ngono kui piye hayo.
    Bhs indonesianya
    Gitu ya gitu tapi jangan gitu.
    Kalo gitu itu maksudnya gi mn hayo
    bingung halahhhhhhh

    ReplyDelete
  98. nulis
    ngono yo ngono tapi ojo ngono. YEn ngono kui piye hayo.
    Bhs indonesianya
    Gitu ya gitu tapi jangan gitu.
    Kalo gitu itu maksudnya gi mn hayo
    bingung halahhhhhhh
    hora weruh

    ReplyDelete
  99. Produk2 yang disebut diatas memang kebetulan mempunyai branding dan positioning yang kuat.
    Kalau sekarang sih dah bakalan susah bikin kayak gitu, secara produk dah banyak banget dan sekali keluar produk baru gak begitu lama dah keluar produk competitor.

    IT'S A RED OCEAN....

    Nang...titip beli aqua yang bermerk air mineral dunk...hehehehe

    ReplyDelete
  100. Mungkin maksudnya ...

    terjadi generalisasi karena merek - merek yang menjadi top brand sudah berubah arah menuju generik brand. DImana kekuatan dari brang recognation dan brand recall dari masyarakat terjadi akibat terpaan brand awareness yang dibuat oleh perusahaan baik melalui below the line maupun above the line dari integrated marketing activity.

    ReplyDelete
  101. iya tuh Aqua memang udah banget mereknya,,
    apa lagi ya selain aqua dan sanyo ..
    umm.. rexona kali ya ?

    ReplyDelete
  102. Yang Lebih Aneh Lagi. Ada seorang pembeli. yang membeli aqua di pabrik yang notabene namanya. 2 tang
    Pembeli: Pak Beli Aqua 2 dus! ada gak??
    Karyawan pabrik : gak ada adanya aqua 2 tang!!!
    Pembeli: Maksud saya ya aqua 2 tang ( nah lho)!!

    Ada yang ganjil???

    ReplyDelete
  103. CHIKA mengatakan...

    penjual CD : ada video miyabinya Mas ....
    pembeli : pemain miyabinya chika bukan ?
    Penjual CD : ada
    pembeli : satu dong miyabi chikannnya

    * video bokep jepan disebut miyabi padahal miyabi kan artis bokep bukan istilah ..he...he...

    http://chika-video.blogspot.com
    Minggu, September 23, 2007 1:01:00 AM
    -------------------------------------------------


    DASAR DODOL, MIYABI ITU BOKEP DLM BHS JEPAG BEGO!!!
    MAKANYA MARIA OZAWA IDENTIK DG MIYABI..
    NAMANYA JUGA METONIMIA

    ReplyDelete
  104. MAS Kalau Di Sini ( Sumbar ) Mobil tu sering di sebut "Oto" dan Motor tu " Honda "

    ReplyDelete
  105. Nama : Alfa Harahap
    Weblog : http://alfaharahap.blogspot.com

    komentar : hati2 juga, bahwa air mineral sbenernya berbeda dgn air putih dlm kemasan yg dijual ala aqua. cuma ga tau knp, jadi terkesan air mineral = air putih, padahal berbeda.

    ReplyDelete
  106. soalnya aQua, Rinso, Baygon tuhh merk pertama untuk jenis air mineral, Deterjen, dll. makanya sering di sebut itu, biasalah lidah Indonesia..

    ReplyDelete
  107. terus, kenapa mie selalu jadi indomie? kehkeh. jadi mungkin, air mineral itu persamaannya aqua, baygon itu sinonimnya obat nyamuk. baguslah indonesia punya kosakata baru :P

    ReplyDelete
  108. dulu teh botol identik dengan sosro. tapi kadang di bus atau KRL, kadang kalo nanya ada teh botol gak bang? jawabnya. "adanya tehkita." (emang kebetulan yg dijual memang tehkita. walaupun di kepala saya maunya sosro, rasanya lebih enak dibanding tehkita)

    ReplyDelete
  109. kalo di desaku, kalo nyebut merek motor

    honda yamaha, honda suzuki, heueheue

    ReplyDelete
  110. beli rinso dikasih daia...oalahhh capek dehh

    ReplyDelete
  111. "Mah minta Autannya dunks, banyak nyamuk"
    Padahal yang dipakai bisa aj merek Lavenda, Soffell ga musti Autan.Autan=lotion anti nyamuk

    ReplyDelete
  112. jangan general bgt mas...

    saya kalo beli air ya bilang'a
    H20... kalo mw lama ya
    Dihidrogen Oksida...


    asli mas

    ReplyDelete
  113. setau saya dalam ilmu marketing ini disebut sebagai "Positioning", which is kuat banget kaitannya dengan Brand awareness. Jika suatu produk berhasil memenangkan brand awereness koncumen, maka postioning is the result.

    ReplyDelete
  114. Top of mind kali,, bukan main

    ReplyDelete
  115. menurutku air mineral kebanyakan disebut aqua krn dulu aqua lah yg byk dikenal oleh org" awam.

    ReplyDelete
  116. salam kenal,
    maklum AQUA, pelopor air minum mineral.
    apapun merknya teteeepppp AQUA.

    sekalian ijin, mo copas ya..om anang.

    ReplyDelete
  117. kalo menurut aku sih karena brand Aqua itu sudah benar benar merajai perdagangan apalagi mereka sepertinya sangat pintar dalam branding. jadi air mineral sepertinya adalah aqua. Monopolin perdagangan. aku salut sama aqua asal bukan aqua malaysia aja. bencong dong ntar jadinya. haha.

    ReplyDelete
  118. selain pelopor jg banyak yang buat merek aspal mirip... jadi yg aslinya makin terkenal...

    ReplyDelete
  119. Temen gua suka sebut kamera dengan sebutan "kodak". Contohnya: "Jangan lupa ya besok ke pantai bawa kodak, buat foto-foto."

    ReplyDelete
  120. Baru baca blog nya.... lucu juga....

    Bagaimana kalo Tip-Ex.... bahasa yg benernya apa...?

    ReplyDelete
  121. ,wah kalaw gitu mah ga ada kerjaan kali ya?
    ,hehehehehe

    ReplyDelete
  122. bener gan ane juga sering denger yang jualan air mineral suka ngomong aqua padahal yang dijualnya itu viro..heheheee
    info yang unik gan..

    ReplyDelete
  123. Wah di ntu ya alasannya.......? Infonya bagus2 nih

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)