Sticky Message Board
Tutorial Cari Uang
Spesial Ramadhan
Peta dan Panduan Jalur Mudik 2011 Jawa Bali Sumatera
Sudahkah Anda Membayar Zakat Fitrah ??
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1432 H
Menjemput Ramadhan
Menunggu Waktu Berbuka
Iklan Sirup Ramadhan
Ritme Puasa Anak Kos
Waktu Puasa Berbeda
Ngabuburit
Kenapa Harus Ngakali Rasa Haus dan Lapar ?
Rating Acara Tertinggi Selama Bulan Ramadhan
Uang Baru dan Lebaran
Sandal Syahid
Sudahkah Anda Bersabar ?
Sudahkah Anda Bersyukur ?
Cek Arah Kiblat dengan Google Earth
Saturday, September 09, 2006
Kenapa semua air mineral itu disebut AQUA ??
Kenapa ya? Sering kali kita tidak menyadari di sekitar kita ini terjadi. Misalnya saja seorang penjual minuman di terminal. Mereka mungkin membawa bermacam jenis minuman. Biasanya mereka taruh dalam sebuah tempat yang kemudian di dalamnya berisi es sebagai alat pendinginnya. Mereka berteriak lantang kepada para calon pembelinya, "Aqua.. Aqua dingin dingin, teh botol, aqua dingin, teh botol, sprite, fanta dingin, aqua dingin dingin...". Padahal belum tentu air mineral yang mereka jual itu bermerek AQUA?? Mungkin saja Club, Aquades, Vivi atau yang lainnya...
Banyak contoh-contoh lainnya. Misalnya saja, jarang kita menyebut kata pompa air untuk sebuah alat yang bisa memompa air dari dalam tanah. Sering kita menyebut mereknya, merek yang sudah sangat terkenal dan sudah meresap kuat di ingatan setiap orang yaitu SANYO. "Pah, tolong itu sanyo-nya dinyalain, ibu lagi nyuci di kamar mandi airnya habis, tolong dinyalain ya pah sanyo-nya". Dan padahal belum tentu merek pompa air yang dimiliki adalah Sanyo.
Dan pada saat mencuci kemudian ibu itu menemukan fakta bahwa deterjennya mau habis, maka si ibu tadi akan mengucapkan kalimat "Pah, sekarang Rinso mamah tinggal dikit nih, gimana mau nyucinya nanti. Tolong beli di warung sebelah dong pah...". Padahal belum tentu deterjen yang dipakai ibu itu adalah bermerek Rinso, bisa saja SoKlin, Wings atau apalah mereknya... Bisa saja kan?
Atau ketika anak si ibu tadi terganggu oleh ulah nyamuk-nyamuk nakal, mungkin saja terucap kalimat "Banyak nyamuk nih mah, udah dinyalain belum Baygon-nya?". Sekali lagi, padahal belum tentu obat nyamuk bakar merek Baygon yang dipakai...
Yah.. Top of Main Brand memang berpengaruh pada semua hal tersebut diatas. Aqua menjadi top of main brand untuk air mineral. Merek yang sudah sangat terkenal atau merek yang pertama kali muncul dan terkenal di pasaran itulah yang akan menjadi merek yang paling diingat oleh para konsumennya, dan berpengaruh pada penyebutan merek-merek lain hehehehe....
Bagaimana tanggapan anda??
Banyak contoh-contoh lainnya. Misalnya saja, jarang kita menyebut kata pompa air untuk sebuah alat yang bisa memompa air dari dalam tanah. Sering kita menyebut mereknya, merek yang sudah sangat terkenal dan sudah meresap kuat di ingatan setiap orang yaitu SANYO. "Pah, tolong itu sanyo-nya dinyalain, ibu lagi nyuci di kamar mandi airnya habis, tolong dinyalain ya pah sanyo-nya". Dan padahal belum tentu merek pompa air yang dimiliki adalah Sanyo.
Dan pada saat mencuci kemudian ibu itu menemukan fakta bahwa deterjennya mau habis, maka si ibu tadi akan mengucapkan kalimat "Pah, sekarang Rinso mamah tinggal dikit nih, gimana mau nyucinya nanti. Tolong beli di warung sebelah dong pah...". Padahal belum tentu deterjen yang dipakai ibu itu adalah bermerek Rinso, bisa saja SoKlin, Wings atau apalah mereknya... Bisa saja kan?
Atau ketika anak si ibu tadi terganggu oleh ulah nyamuk-nyamuk nakal, mungkin saja terucap kalimat "Banyak nyamuk nih mah, udah dinyalain belum Baygon-nya?". Sekali lagi, padahal belum tentu obat nyamuk bakar merek Baygon yang dipakai...
Yah.. Top of Main Brand memang berpengaruh pada semua hal tersebut diatas. Aqua menjadi top of main brand untuk air mineral. Merek yang sudah sangat terkenal atau merek yang pertama kali muncul dan terkenal di pasaran itulah yang akan menjadi merek yang paling diingat oleh para konsumennya, dan berpengaruh pada penyebutan merek-merek lain hehehehe....
Bagaimana tanggapan anda??
125 comments:
Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.
Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).
Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.
Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.
Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Yup, kita terpengaruh dengan merk product yang pertama kali keluar. seperti softex untuk pembalut, honda untuk motor, dan orang jogja kalo bilang korang apapun pasti KR "Kedaulatan Rakyat" ksian merk lain ya :)
ReplyDeleteIni ada istilahnya dalam tata bahasa Indonesia. Apa yaa?? Wach, aku lupa...xixixi ngisin-isini.
ReplyDeletemencegah kehamilan = KB.........
ReplyDeletewaduh waduh Mas Anang, itu ada nama majasnya, Metonimia kalo ga salah namanya.
ReplyDeletejadi sebenernya, emang orang cenderung "malas" untuk mengingat apalagi mengucap sedemikian banyak merek di pasaran,. jadi yaa diambil kalau ga yg paling terkenal, atau yg emang pionir di jenisnya. hehe.
}z{
kalo yang lain, odol dibilang pepsodent, padahal belum tentu merk odolnya pepsodent
ReplyDeleteANONYMOUS SAID:
ReplyDeletekalo yang lain, odol dibilang pepsodent, padahal belum tentu merk odolnya pepsodent
Wednesday, March 07, 2007 10:00:00 AM
NGAWUR!!ODOL ITU JUGA MERK PASTA GIGI KALE! DASAR METONIMIA!!! yang bener tuh, pasta gigi dibilang odol / pepsodent..padahal belom tentu merk pasta giginya odol/ pepsodent..
dasar dodol!!!
hewhewhew....
di dunia bisnis... ==> 1st mover advantages.. dimana 1st mover company dpt keuntungan2 spt itu..
ReplyDeleteconto: ebay buat situs lelang
kaskus ~ forum indo =P
aqua perintis air mineral ~~~
mestinya kita sadar kalo ngiklanin produk secara gratisan, mestinya tuh produk bayar sama kita dong, haha
ReplyDeletebrand awardness .... dan salah kaprah, silet - merek pencukur, odol - merek pasta gigi dan banyak lainnya...
ReplyDeleteiya lucu... gw minta Aqua dikasih merk gak jelas... aneh...
ReplyDeleteiyah...di bali, plat nomer kendaraan disebut DK,(plat nomer Bali)
ReplyDeletejadi orang bali nanya kayak gini : "kalo Bandung DK nya apa ya?"
Topik ini memang sangat menarik,apalagi saya sendiri sering menyebut air mineral dengan AQUA,padahal terkadang merk(brand)yang saya maksud bukan merk AQUA,tetapi merk lain,hehehe.....Pak Anang sekalian promosi nih,tolong buka blog saya www.katombeonline.blogspot.com ya.
ReplyDeletePenjual : Aqua aqua..!!
ReplyDeletePembeli : mas ada aqua VIT ga?
Penjual : oh ga ada mas.. adanya aqua Ades.. mau?
Salam kenal dri arnol adams
Ada lagi neh, kadang ibu² selalu bilang kek gini "Bu, bawa pampers gak??" ibu yang lain berkata "bawa dong" Padahal itu ibu bukan bawa pampers tapi merek yang laen, Iya kan ? ;))
ReplyDeletePertanyaan saya, mesti na itu ibu bilang na apa ya :/ (Bingung)
gw pernah kanvas/jualan grosir aqua utk kaki 5. gw nanya mau ambil aqua gak, si kaki 5 nanya balik aqua yg asli apa bukan. gw jawab ya aqua ya aqua. si kaki 5 blg, aqua mau tp kalo bukan kgk usahlah. napa emang. si kaki 5 blg. soalnya kalo bukan aqua org jadi kgk mau beli. Maksod lo. gw bingung.... aqua ya aqua. ades ya ades. vit ya vit. kok gw yg jualan jadi bingung.
ReplyDeleteBenar²
ReplyDeletesering ketika kita mau mengambil gambar lewat kamera film konvensional ( non digital )
pasti bilang,”mas, KODAKnya mana?”
padahal belum tentu kamera itu merknya KODAK
melainkan Fujifilm
ya,
memang merk yang pertama muncul sering diingat
sama kayak walkman merk philips, ipod merk abal-abal, pentium amd, pentium celeron, dll
ReplyDeleteya,itu namanya brand mainded...hal itu yg di tuju produsen,...namun biaya yang dikeluarkan tentu tidaklah sedikit untuk membentuk suatu image suatu produk di masyarakat...seperti "extra joss, aqua,atau yg lain...biaya promosi mereka tidak lah kecil...mereka rela merogoh kocek perusahaannya untuk membanggun image produknya...kita ambil contoh mie sedap...untuk mengalahkan image indomie.
ReplyDeletesudahlah mas anang kenapa seh kita bicarain hal-hal yg sepele gini?
ReplyDeletekenapa gak bicarain cara main game yg baik,trutama dota?Wow mungkin atau game lain deh dari pada gini.
TULL GAKKK?
KHEE-KHEE
wah....
ReplyDeletenggak jadi ah
maksudnya TOM kali
ReplyDeleteTop of Mind bukan Top of Main
:) itu bahasa marketing yang maksudnya orang nyebut honda maka asosiasinya adalah langsung ke motor sebaliknya juga orang sebut motor asosiasinya langsung ke honda. TOM ini susah untuk dicapai.. cmiiw
Astor jg. merk apa sja tetep dibilang astor ya kan?
ReplyDeleteHehehe...fenomena ini merupakan akibat dari apa ya?
ReplyDeleteApakah akibat dari penyederhanaan?Kemalasan? Atau yg lainnya?
di blog saya yang mengulas salah satu MLM di Indonesia ada yang berkomentar
ReplyDeleteorang tianshi ya? :)
aqua bukan air mineral mas, hanya air kemasan saja.
ReplyDeleteok
tuh kan..
ReplyDeleteada yang bilang odol.. mestinya disebut pasta gigi..
odol tuh merk pasta gigi pertama di indonesia..mgkn waktu belanda masih jajah..
tuh bukti main brand...masuk dalam fikiran kita..
yah..
ReplyDeletememang lebih mudah mengingat apa yang sudah banyak orang tahu..
kalo gak salah ada istilahnya.....
ReplyDeleteberarti aqua sudah jadi merk generik...
Jangan lupa:
ReplyDeletesanyo = pompa air (padahal ndak mesti sanyo, sekarang banyak merk lain)
colt = angkutan umum roda empat (padahal ndak mesti mitsubishi, kadang isuzu)
bapak ku beli honda yamaha lo...
ReplyDeletehehehe...
Ada yang bilang kalo merek produk pertama yang keluar, itu yang melekat di benak orang..
ReplyDeletesalam kenal mas anang
*anang juga..*
gak salah yang jualan minuman. AQUA itu khan artinya air dalam bahasa latin. Jadi kalo yang jualan minumnya bilang "Aqua..aqua.. aqua gelas.. aqua botol!", sama aja dia bilang "Air.. air.. air gelas.. air botol!". Hehehehe.
ReplyDeletenih yang ga tau istilah buat pampers.
ReplyDeletepampers tuh salah satu jenis merk diapers...klo udah jd bapak pasti tau deh...
kalo gak salah dulu senter juga disebut BATRE ( mungkin produk pertama yang dikenal di indonesia yang menggunakan batu baterai ), pembalut juga banyak yang sebutnya SOFTEX, padahal Laurier sekarang lebih ngetop..
ReplyDeleteAda lagi.....
ReplyDeleteIndomie........
Indomie..... Selerakuuuu......
wahhahahahahahha
ReplyDeletejadi inget megaphone yang sering dibilang TOA
"makannya ngomong tuh pake TOA, biar kedengeran" kakakakakkakaa
kita selalu dijajah oleh produk2 luar negeri, dan memang harus kita akui orang2 kita (sorry) *NGGAK* kreatif/innovatif!!!
ReplyDeletegw setuju kalo orang cenderung "malas" untuk mengingat apalagi mengucap sedemikian banyak merek di pasaran, jadi yaa diambil kalau ga yg paling terkenal, atau yg emang pionir.
jaman gw kecil dulu kalo nyebut mie instant ya "supermie". tp ... ntah thn brp (mungkin sekitar thn 1989 kesini) nama itu bergeser jadi "indomie".
aku punya pengalaman lucu waktu kerja di mitsubishi... masyarakat di jember bagian selatan selalu menggunakan kijang untuk mobil jenis MPV. jadi disana ada istilah 'kijang'yang kijang, kijang kuda dan kijang panther.
ReplyDeleteWaduh..aku baru tau kalo odol tuh merk pasta gigi jaman Belanda. Ya Ampun..tak pikir odol tuh bhs jawanya pasta gigi. hehehehehe..abis dari emak nyampe ortu nyebutnya odol mlulu. Mungkin juga ini jadi pemicu kenapa bisa tata bahasa sampe salah kaprah kaya gini.
ReplyDeleteseinget gue pelajaran waktu sd... air suling itu namanya aquades... makanya kan tuh air kemasan namanya ada yg aqua ada yang ades... air suling air yg dipanaskan terus jadi uap air, terus didinginkan jadi air lagi.... jadi air bersih geto lah yao....
ReplyDeleteemang bener kok kalo odol = merek pasta gigi jadul .... tp dah ga edar jaman kita lahir x ya
ReplyDeleteMank lidah dan daya ingat orang indonesia hanya ingat pada apa yang pertama kali keluar dan ngetop!!!
ReplyDeleteTul G????
Baygo,honda,pepsodent,aqua,kodak,sanyo,rinso,softex,pampers or any else....
Tu smua produk pertama yang keluar and jadi TOM...
Yang jelas,yang punya brand itu tetep seneng karena produk mereka tetap di kenang dan di sebut m orang2...
Tul G????
ya, orang Indonesia itu emang gitu. suka cari praktisnya. ga mau ribet. malah banyak orang yg ga mau tau. yg penting maksudnya nyampe. contohnya aja, klo dirumah saya, bokap lebih suka nyebut channel tivi itu dengan nyebut angka berapa channel itu berada. let say, RCTI di tombol nmr 3 di remote tivi kami.
ReplyDeleteSo bokap lantas nyebutnya : "di 3 ada tinju!" padahal maksudnya di RCTI ada tinju. en bokap saya berumur 62 th, orang jaman dulu. dan kebanyakan emang yg suka nyebut produk dgn merk yg udah jd brain minded itu kan orang2 dulu. klo anak2 jaman sekarang, ya ngekor aja. abis udah dari dulu sih..
hehe..
btw, celana lepis kotor saya ada diatas kosmos nih, ntar berasnya malah jadi bau lagi..
PS: tivi saya merknya sanyo.. tapi ga keluar air..
Saya ngga branded tuch... buktinya kalo saya mo beli odol ngga bilang beli pepsoden tuch... paling saya mo beli sesuatu sebutin nama produknya trus baru nyebutin merknya.. bang beli sabun coleknya dong... bukan... bang beli sabun wingnya dong itu salah
ReplyDeleteitu seh dah menjadi salah satu hukum pemasaran. Iya kan ???
ReplyDeleteBahasa nasional kita memang sering mengadopsi istilah dari luar. Tentu selain umur bahasa, juga perkembangan teknologi kita relatif tertinggal bahkan dalam kawasan regional, yang umumnya membuat kita melirik tren luar.
ReplyDeleteKurasa kita harus mengakui inilah kita, yang tidak pantas disebut bangsa peniru. Tapi bangsa yang suka belajar sama-sama.
Hmm hmm.
Kita sebenarnya bukan terpengaruh tapi terkena echo...sehingga latah tah... karena echo hanya itu itu saja yang terdengar... saya geli membaca postingannya (ini saya kutip lagi)
ReplyDelete"Mulyadi mengatakan...
Saya ngga branded tuch... buktinya kalo saya mo beli odol ngga bilang beli pepsoden tuch... paling saya mo beli sesuatu sebutin nama produknya trus baru nyebutin merknya.. bang beli sabun coleknya dong... bukan... bang beli sabun wingnya dong itu salah"
Padahal odol itu sendiri adalah merk pertama kali nenek kita di jaman jepang (kali yee...) sudah terkenal pasta gigi dengan merk Odol...jadi mas Mulyadi sudah terkena juga tuh ato mungkin kena imbas dari orang tua-nya kekekek..... :D
Malah kalo gak salah dulu di jaman nenek saya, yaitu jarum "pentul", yang sekarang dijadikan sebutan padahal itu adalah branded buatan china (correct me if I'm wrong.... :P)....
Gw setuju tuhhh....
ReplyDeleteGw tambahin deh.... Sekarang hanya branded yang kuat yang bisa membuaat echoo.... karena produk tertentu sudah banyak merk-nya, jadi merk tersebut tidak bisa menggema.... Dulu syrup yang terkenal yang ada dan pemasarannya meluas adalah Orson..sehingga orang dulu selalu bilang kalo mau beli syrup/limun mereka bilang "tolong nak belikan Orson" tapi yang dibeli nanti bukan merk Orson itu gak penting :D.... Tapi sekarang orang sudah melek, tidak ada merk sirup yang mendominasi, tidak ada pasta gigi yang mendominasi dan juga produk2 lainnya yang bisa membuat merknya dominant, kalau toh ada, memang merk tersebut bisa dikategorikan ruar biasa.... karena sekali lagi tidak ada jenis produk yang hanya dimiliki oleh satu merk yang beredar di Negeri kita...
ga enak kalo bilang beli vit,ades atau 2tang mas. enak bilang beli aqua, walau yang dibeli aquades. coba kita bilang beli air minum dalam kemasan di pelabuhan, pasti yang jual juga bingung kan :-)
ReplyDeletelam kenal
Mas...mas...hari gini ngomongnya air minum... khan udah pada ngerti yang jualan walo wong ndeso..tinggal sebutin aja pengen beli air mineral.. pasti deh yang jualan langsung ngasih aqua hehe...:P.... habis yg ngetop itu...
ReplyDeleteOh ya tambahan lagi.... Ada yang tahu sepatu Kets? Sepatu biasa dipakai olahraga itu. Konon katanya Kets itu adalah nama produk pertama jaman dulu kala... Makanya sekarang banyak yang nyebut jadi sepatu Kets... CMIIW
ReplyDeletewah, sepertinya ada yang perlu ditambahin tuh mas. Kalau di padang atau di pekanbaru, dan juga mungkin beberapa daerah di sumatera, untuk motor mereka menyebutnya HONDA. Misalnya, "Uda, ban Honda uda kempes". Padahal motor yang dimaksud bisa saja keluaran Suzuki, Kawasaki, atau lainnya.
ReplyDeletekurang kerjaan ya?
ReplyDeletekok ngurusin merk orang.
apa anda ga punya merk sendiri?
mmm..... mungkin konsumen merasa produk yang ia akan beli adalah generic name.. padahal merk produk tersebut itu yang generic name... (bingung ya pak...?!?)
ReplyDeletepenjual CD : ada video miyabinya Mas ....
ReplyDeletepembeli : pemain miyabinya chika bukan ?
Penjual CD : ada
pembeli : satu dong miyabi chikannnya
* video bokep jepan disebut miyabi padahal miyabi kan artis bokep bukan istilah ..he...he...
http://chika-video.blogspot.com
Tapi kok kalo laptop ga ada yang nyebut merk yah.....
ReplyDeletepadahal khan banyak yg terkenal..
chan2
ReplyDeleteTapi kok kalo laptop ga ada yang nyebut merk yah.....
===
soalnya kakek nenek kita gak main laptop, jadi yg muda mudinya blom terpengaruh.
tapi kayaknya sih kebanyakkan pake nama "notebook" untuk laptop. padahal "notebook" itu kan keluaran IBM yah.
bang beli silet gol bang.
ReplyDeleteGw pernah mo beli Aqua, ama penjual dikasih merk yang laen. Gw tolak karena tuh aer dg merk itu malah bikin tambah haus. Pdhl yang gw maksud Aqua ya Aqua...
ReplyDeleteSodara : Mas, tahu alamat situs ini-itu di seluruh Indonesia?
ReplyDeleteGw : Tau donk...gw gitu!!
Sodara : Minta donk!! lagi perlu nih.
Gw : Boleh aja, gampang itu mah, Googling aja!!! :D
(Googling = pencarian sebagian atau seluruh kata rujukan yang terdapat di sebuah artikel atau situs dengan menggunakan mesin pencari yang kebanyakan menggunakan Google-padahal pake search engine yang lain juga ada)
Anangnya KD, kok bukan suaminya KD. Tentu saja buat mbedain sama anangmu, karena aku belum punya anang.
ReplyDeleteApakah anang itu? ;))
wah, iya juga... aku juga suka mendengar temanku di kantin sekolahku bilang "ibu, beli aqua!" padahal, merk air minum yang dijual di kantin itu adalah vit.
ReplyDeleteitu majas apa, ya namanya???
ReplyDeletepokoknya majas, lah....
sama seperti sebagian orang yang menyebut semua merek motor sebagai honda...
pokoknya majas, lah..
hee...
yupz emang dah orang indonesia maunya yang gampang2 aja.
ReplyDelete"odol" juga dulu merk terkenal pasta gigi. tapi sampe sekarang di pake buat nyebut pasta gigi
Mas Anang...
ReplyDeleteSalam kenal...
Saya sedang melakukan penelitian tentang masalah ini untuk skripsi saya...
Blog Mas Anang ini sangat membantu sekali...
Nanti kalo skripsinya sudah selesai akan saya bahas deatilnya masalah ini oks...
Terima kasih!!!
~b0chun~
Ya, ini adalah sebuah fenomena marketing yang sangat menarik untuk dipelajari. Semuanya dimulai dari brand loyalty. Orang sudah sangat percaya pada brand itu sampai suatu puncak di mana brand itu berevolusi menjadi brand identity. Proses ini tentu saja memakan waktu yang cukup lama. Tetapi mungkin saja kita medapat istilah2 tersebut secara tidak sadar dari generasi sebelum kita. Orang tua kita mungkin..
ReplyDeleteWah ternyata udah ada yang posting duluan tentang Goodwill ^^ Btw, CS itu juga termasuk kan. Hapir smua orang menyebut game online dengan sebutan CS ato Counter Strike Padahal blom tentu yang dimaenkan itu CS
ReplyDeletekalo anda tau bahasa spanyolnya air, ya artinya aqua. jadi pedagang air itu gak salah bilang nya aqua, karna dia jualan air. bukan jualan merk.
ReplyDeleteKalo yang ini masuk kategori metonimia gak:
ReplyDeletePresiden RI itu Soekarno. Kalo Soeharto, Habibie, Gus Dur, Mega, SBY? itu bukan presiden RI, tapi penggantinya Soekarno.
Ketua NU siapa? Gus Dur. Lha Hasyim Muzadi? itu juga penggantinya Gus Dur.bukan Ketua NU..
hehheeee......//
ReplyDeleteseperti orang Demak(SMG) bilang," ma'e gi ngopo jenengan?, nggodhok wantah/jarang(kata lainnya)".
Dalam bhs Indo-nya," Ibu lagi ngapain?, masak air putih".
Kalau kita telan pelan2, masak wantah dimasak!! padahal yang namanya wantah itu, air yg sudah dimasak...hi9hi9
Mas Anang VS De_Iwan TOPzone...he9hi9
di tempatku yg namanya pompa itu cma ada 2, klo bkn sanyo berarti jetpam.
ReplyDeletetrs klo hp yg ada cma nokia. jd kyk honda githu kisahnya...
itu bukan majas bos... majas yang kamu maksud itu: si andi naik kijang, si anang naik garuda, dll
ReplyDeleteitu majas personifikasi alias meng-hidupkan sesuatu padahal sesuatu itu benda mati.. (halah! penjelasan model apaaa... ini!!)
ya.. geto deh...
he he he inget di kampung
ReplyDelete" le kowe muleh karo koncomu numpak opo?"
"numpak HONDA mak HONDA ne koncoku"
pada hal motor temen nya SUZUKI tornado
"nyileh KODAK e yo aku sesok arep jalan2 ning TMII"
ternyata tu kamera produk CANON
"eits! diamput RIBEN mu uapek tenan"
pd hal tu kacamata merk cengdem goceng adem bukan RAYBAN
sampai lapisan kaca mobil pun dinamain RIBEN
ayo ayo apalagi...
hahaha...kalo mau beli pospak (popok sekali pakai ) mesti bilangnya Pampers padahal yang dibeli Huggies, Mamy Poko, Fitti, Baby Happy... *ngakak*
ReplyDeletetrus kalo mau beli ayam goreng bumbu tepung pinggir jalan bilangnya "kentaki" padahal jelas2 rasanya jauh beda sama Kentucky F.C itu...
jajanan anak berupa minuman serbuk yang dikasih air dan es batu mesti dibilang Pop Ice padahal yang dibeli bisa yang lain...
Kalau beli susu cair, yang kesebut pertama kali,"pak, beli Ultra di indomaret gih!" yang dibeli mah Indomilk atau Susu Bendera. Atau ditanya, susunya apa? jawabnya ya Ultra!
apa lagi ya? *mikir*
koreksi Bos... istilah yg benar adalah "top-of-mind brand" (merek yg tersirat pertama kali di pikiran), bukan "top of main brand"
ReplyDeleteReply:
ReplyDeleteQuote:
Anonymous said...
kurang kerjaan ya?
kok ngurusin merk orang.
apa anda ga punya merk sendiri?
Jumat, September 21, 2007 12:18:00 PM
Memang ga punya kan ? (cmiww)
hmm..hal begituan sih itu berrarti majas.
ReplyDeleteanda tidak perlu pikir hal spt itu.. yang perlu anda permasalahkan adalah kata "sebuah"
sebuah motor, sebuah TV ....
kenapa itu harus pake kata sebuah? itu kan bukan buah....???
TANYA KENAPA???::-
jadi bodor oge maca na..hehehehe
ReplyDeletePada ribut semua,,,,Lg bahas paan seh?psti lg bahas togel ya,,hwakakakakkk
ReplyDeleteHihihi.. itu namanya "SUGESTI" karna terkadang kita mengikuti orang lain dalm berbicara..karna enak didengar,kita jadi terbiasa berbicara demikian..
ReplyDeletePunel SR
ReplyDeletewww.punel.cjb.net
punelsr@yahoo.com
Petromax juga Merk ya??
Lampu petromax kalo bendanya bahasa indonesianya apa ya?
di lampung,
BE nomor mobilmya berapa ya? (Maksudnya plat nomor mobilnya..)
Kuliahnya di Unila Mana Mas? Unila Bandung apa Jakarta? (Maksudnya universitas mana/ Unila = Universitas Lampung)
====
Ternyata bukan hanya merek loh yg bisa jadi salah kaprah. Coba simak dialog simbah dan cucunya berikut:
ReplyDeleteCucu: mbah, tadi ada turis lewat depan rumah lho...
Simbah: Londo ya cu? Londo ngendi? londo inggris opo londo jepang?
Orang asing yg ada di sini kan belum tentu turis... trus karena bule pertama yg njajah indonesia adalah belanda (londo) makanya jadi ada istilah londo jerman, londo inggris, londo amerika bahkan sampe londo jepang, hehehe...
bukan gitu boy....
ReplyDeletemenurut segi pemasaranya (marketing) itu namanya POSITIONING MARKET...dimana ada produk perintis dan SUKSES dipasaran maka Brand-nya akan menjadi standar dari jenis produk tsb....misalnya dalam kasus ini AQUA, karena pada saat pertama kali dikeluarkan AQUA tidak laku (orang berpendapat bahwa hanya air putih bwat apa beli, karena AQUA dulu dijual dengan harga yang murah) hal ini tidak terjadi sejak AQUA menetapkan strategi harga dengan menaikkan harga jualnya (menjadi sedikit lebih mahal) hasilnya sukses luar biasa....nah semenjak itu AQUA berhasil memposisikan imagenya kedalam benak konsumen bahwa air mineral yang bersih dan sehat itu adalah AQUA...itulah sebabnya apapun merknya orang selalu menyebut AQUA
Berusaha menjadi top of mind pernah dicoba oleh RCTI tapi gagal. Mungkin ini adalah sesuatu memang tidak bisa dipaksakan dan terserah masyarakat yang menerimanya. Telkomsel sebagai yang "pertama" juga pernah berusaha dengan produk Simpati. Gagal juga. Smile dan Farida juga sama. Yang sedikit berhasil kayaknya di produk mailboxnya. Rada sering kita mendengar orang komentar "Asem, veronika.." Padahal yang ditelpon nomor mentari.
ReplyDeletePiss aaah...
Masalahnya sekarang apakah merk - merk terkenal itu sudah diakui ato dipatenkan jadi kosakata bahasa Indonesia apa blom? Perlu nggak pusat bahasa mengambil merk - merk tersebut jd kosakata b. Indonesia?
ReplyDeleteKaya' merk silet, odol, kets apakah merk2 tu ud jd b. Indonesia? Apa di KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) merk2 tersebut juga tercantum? Klo udah kenapa nggak sekalian aja merk2 seperti Honda, Sanyo, ataupun softex juga dipatenkan saja, maksudnya dimasukin sekalian jd b. Indonesia gitu biar vocab kita jd tambah banyak. Gimana prend??? Klo aq sih ngedukung abis, Klo klian???
Salam kenal "kEIRA" ^^
itulah orang Indonesia, cari gampangnya aja
ReplyDeleteYah karena mereka itu yg pertama (biasanya org sbt sbg trendsetter), msk ke marketnya lbh susah krn bnyk yg ga tau dan komplain, koq air dijual, tp stlh masyarakat tau yg terkenal brand tsb. Kl yg lain mengambil market yg blm terjangkau aj, dgn kondisi masyarakat udah paham sama jenis tsb, apakah air mineral, detergen, dll.
ReplyDeleteHikmahnya, jgn takut dgn sesuatu yg baru dan blm dikenal org, krn kl memang itu bagus dan anda yg memperkenalkannya, so pasti anda yg untung :)
iya, intinya siapa cepat, dia diingat.. betul?
ReplyDeleteitu soalnya brand awareness-nya masi tinggi alias bagus :p and brand loyalty nya orang2 itu juga masih tinggi.
ReplyDeletesoalnya orang secara ga langsung juga ngomong pepsodent untuk pasta gigi..
hehe, tapi itu kl diliat dari kacamata bahasa komunikasi periklanan lho :p
cmiiw..
Hmmm....mas aku ntar kesana naik honda yah..lho??
ReplyDeleteDi dunia blogger juga sama Mas. Kalau ditanya tentang top blogger Indonesia, orang akan langsung refer ke Anang, Priyadi,Cosaaranda,isanai dsb.... Image ..... Salam
ReplyDeleteDitinjau dari sisi manajemen stratejik, hal ini merupakan buah simala kama. Brand yang kuat pada satu produk, membuat produk itu kuat di pasaran. Disisi lain, Brand tersebut akan sulit melakukan diversifikasi. Sebagai contoh produk Sanyo yang sukses di bidang pompa air. Namun begitu melakukan diversifikasi produk ke bidang elektronik (TV, kulkas, AC dll) kurang begitu berhasil. Orang jadi berpikir "TV kok merek Sanyo ??"
ReplyDeleteBai de wai ...
ReplyDeleteAda yang punya Levi's yang merk Lea ga???
Ketawa mode : On
Hahaha...
Istilahnya metonimia...
ReplyDeletebener gak?
Nah..saya jadi inget kata-kata pakar marketing kita...''BRAND ...BRAND''
ReplyDeleteemang betul sih...kalo merek dah paten susah ngilanginnya....
Coba tebak ...kalo ngomong pompa....ya '''SANYO'''
Plus NUmpang Kenal;;;
GRATIS RAHASIA MENINGGIKAN BADAN
HTTP://WWW.TIPHIT.WORDPRESS.COM
oohhh,, jadi karena top brand kita ngomong air mineral aqua..
ReplyDeleteTernyata Odol merupakan merk keluaran GSK (Glaxosmithkline) untuk oral care (pasta gigi included) -> http://www.gsk.com/products/consumer_healthcare/dw_odol.htm dan masih eksis di jerman. Begitu juga dengan sepatu Keds (ternyata pake 'd' bukan pake 'd' ^_^) -> http://www.keds.com/ masih eksis juga tuch ...
ReplyDeleteanang nulis
ReplyDeletengono yo ngono tapi ojo ngono. YEn ngono kui piye hayo.
Bhs indonesianya
Gitu ya gitu tapi jangan gitu.
Kalo gitu itu maksudnya gi mn hayo
bingung halahhhhhhh
nulis
ReplyDeletengono yo ngono tapi ojo ngono. YEn ngono kui piye hayo.
Bhs indonesianya
Gitu ya gitu tapi jangan gitu.
Kalo gitu itu maksudnya gi mn hayo
bingung halahhhhhhh
hora weruh
Produk2 yang disebut diatas memang kebetulan mempunyai branding dan positioning yang kuat.
ReplyDeleteKalau sekarang sih dah bakalan susah bikin kayak gitu, secara produk dah banyak banget dan sekali keluar produk baru gak begitu lama dah keluar produk competitor.
IT'S A RED OCEAN....
Nang...titip beli aqua yang bermerk air mineral dunk...hehehehe
Mungkin maksudnya ...
ReplyDeleteterjadi generalisasi karena merek - merek yang menjadi top brand sudah berubah arah menuju generik brand. DImana kekuatan dari brang recognation dan brand recall dari masyarakat terjadi akibat terpaan brand awareness yang dibuat oleh perusahaan baik melalui below the line maupun above the line dari integrated marketing activity.
iya tuh Aqua memang udah banget mereknya,,
ReplyDeleteapa lagi ya selain aqua dan sanyo ..
umm.. rexona kali ya ?
Yang Lebih Aneh Lagi. Ada seorang pembeli. yang membeli aqua di pabrik yang notabene namanya. 2 tang
ReplyDeletePembeli: Pak Beli Aqua 2 dus! ada gak??
Karyawan pabrik : gak ada adanya aqua 2 tang!!!
Pembeli: Maksud saya ya aqua 2 tang ( nah lho)!!
Ada yang ganjil???
CHIKA mengatakan...
ReplyDeletepenjual CD : ada video miyabinya Mas ....
pembeli : pemain miyabinya chika bukan ?
Penjual CD : ada
pembeli : satu dong miyabi chikannnya
* video bokep jepan disebut miyabi padahal miyabi kan artis bokep bukan istilah ..he...he...
http://chika-video.blogspot.com
Minggu, September 23, 2007 1:01:00 AM
-------------------------------------------------
DASAR DODOL, MIYABI ITU BOKEP DLM BHS JEPAG BEGO!!!
MAKANYA MARIA OZAWA IDENTIK DG MIYABI..
NAMANYA JUGA METONIMIA
MAS Kalau Di Sini ( Sumbar ) Mobil tu sering di sebut "Oto" dan Motor tu " Honda "
ReplyDeleteNama : Alfa Harahap
ReplyDeleteWeblog : http://alfaharahap.blogspot.com
komentar : hati2 juga, bahwa air mineral sbenernya berbeda dgn air putih dlm kemasan yg dijual ala aqua. cuma ga tau knp, jadi terkesan air mineral = air putih, padahal berbeda.
soalnya aQua, Rinso, Baygon tuhh merk pertama untuk jenis air mineral, Deterjen, dll. makanya sering di sebut itu, biasalah lidah Indonesia..
ReplyDeleteterus, kenapa mie selalu jadi indomie? kehkeh. jadi mungkin, air mineral itu persamaannya aqua, baygon itu sinonimnya obat nyamuk. baguslah indonesia punya kosakata baru :P
ReplyDeletedulu teh botol identik dengan sosro. tapi kadang di bus atau KRL, kadang kalo nanya ada teh botol gak bang? jawabnya. "adanya tehkita." (emang kebetulan yg dijual memang tehkita. walaupun di kepala saya maunya sosro, rasanya lebih enak dibanding tehkita)
ReplyDeleteBerarti Aqua sudah berasosiasi dengan air mineral
ReplyDeletewww.sampara.com
kalo di desaku, kalo nyebut merek motor
ReplyDeletehonda yamaha, honda suzuki, heueheue
beli rinso dikasih daia...oalahhh capek dehh
ReplyDelete"Mah minta Autannya dunks, banyak nyamuk"
ReplyDeletePadahal yang dipakai bisa aj merek Lavenda, Soffell ga musti Autan.Autan=lotion anti nyamuk
jangan general bgt mas...
ReplyDeletesaya kalo beli air ya bilang'a
H20... kalo mw lama ya
Dihidrogen Oksida...
asli mas
setau saya dalam ilmu marketing ini disebut sebagai "Positioning", which is kuat banget kaitannya dengan Brand awareness. Jika suatu produk berhasil memenangkan brand awereness koncumen, maka postioning is the result.
ReplyDeleteTop of mind kali,, bukan main
ReplyDeletemenurutku air mineral kebanyakan disebut aqua krn dulu aqua lah yg byk dikenal oleh org" awam.
ReplyDeletesalam kenal,
ReplyDeletemaklum AQUA, pelopor air minum mineral.
apapun merknya teteeepppp AQUA.
sekalian ijin, mo copas ya..om anang.
kalo menurut aku sih karena brand Aqua itu sudah benar benar merajai perdagangan apalagi mereka sepertinya sangat pintar dalam branding. jadi air mineral sepertinya adalah aqua. Monopolin perdagangan. aku salut sama aqua asal bukan aqua malaysia aja. bencong dong ntar jadinya. haha.
ReplyDeleteselain pelopor jg banyak yang buat merek aspal mirip... jadi yg aslinya makin terkenal...
ReplyDeleteTemen gua suka sebut kamera dengan sebutan "kodak". Contohnya: "Jangan lupa ya besok ke pantai bawa kodak, buat foto-foto."
ReplyDeleteBaru baca blog nya.... lucu juga....
ReplyDeleteBagaimana kalo Tip-Ex.... bahasa yg benernya apa...?
,wah kalaw gitu mah ga ada kerjaan kali ya?
ReplyDelete,hehehehehe
bener gan ane juga sering denger yang jualan air mineral suka ngomong aqua padahal yang dijualnya itu viro..heheheee
ReplyDeleteinfo yang unik gan..
Wah di ntu ya alasannya.......? Infonya bagus2 nih
ReplyDelete