Tutorial Cari Uang

Saturday, September 30, 2006

Peringatan 41 Tahun G30S/PKI

Empat puluh satu tahun telah berlalu sejak peristiwa yang sangat menghebohkan dan menghenyak banyak orang di negeri ini. Peristiwa yang merupakan sebuah perjalanan kelam dalam sejarah bangsa Indonesia ini. Pada masa itu di saat bangsa ini sedang membangun, sebagian warganya malah saling bunuh-membunuh.

Apalagi kalau bukan peristiwa pemberontakan PKI yang terjadi tepat pada tanggal 30 September 1965. Tragedi yang lebih dikenal dengan Gerakan 30 September dan sering disingkat dengan G 30 S PKI merupakan suatu usaha pemberontakan yang disebut sebagai usaha kudeta yang dituduhkan kepada anggota Partai Komunis Indonesia. Dalam usahanya tersebut, mereka lantas membunuh enam pejabat tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya.

Setelah kejadian tersebut, semua anggota dan pendukung PKI, atau mereka yang dianggap sebagai anggota dan simpatisan PKI, semua partai kelas buruh yang diketahui dan ratusan ribu pekerja dan petani Indonesia yang lain dibunuh atau dimasukkan ke kamp-kamp tahanan untuk disiksa dan diinterogasi. Pembunuhan-pembunuhan ini terjadi di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Berapa jumlah orang yang dibantai tidak diketahui dengan persis - perkiraan yang konservatif menyebutkan 500.000 orang, sementara lainnya 2.000.000 orang. Namun diduga setidak-tidaknya satu juta orang menjadi korban dalam bencana enam bulan yang mengikuti kudeta itu.

Sungguh sebuah tragedi nasional yang tidak ada tandingannya sampai saat ini. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi di masa mendatang.

Disarikan dari berbagai sumber.




2 comments:

  1. g 30 s pki, sebuah kejadian kelam dalam sejarah bangsa Indonesia...
    g 30 s pki, bikin bulu kuduk merinding, soalnya dari sd kita udah dicekokin bahwa mereka sangat kejam (bahkan tiap tahun selalu ada film yang wajib diputer, wajib ditonton, dan saya dipaksa untuk membuat resensinya oleh guru saya)...
    pki, sebuah nama yang mengandung kengerian..

    namun kenyataan dari cerita itu tidak pernah terungkap jelas...

    dan jutaan anggota-pendukung-simpatisan PKI (para korban akibat pembantaian yang lebih besar) dipaksa tutup mulut, dibatasi ruang geraknya, dan dirampas hak hidupnya (bahkan hingga anak-keturunannya) oleh salah satu rezim yang berkuasa di negeri ini...

    kapan kita belajar dari sejarah?
    kapan kita belajar untuk memandang dunia dengan pikiran jernih dan akal sehat?

    ReplyDelete
  2. ya, Buku Putih yang "dikarang" oleh rezim Soeharto telah memberikan doktrin secara langsung juga tidak langsung terhadap masyarakat.. Terutama untuk yang awam..

    Untungnya, keadaan yang sudah mengenal kata DEMOKRASI memberikan titik cerah.. Ya walau belum sepenuhnya terungkap, tapi cukup untuk membuktikan siapa yang sebenarnya bersalah (menurut logika).

    Coba saja baca buku "G 30 S PKI - Antara Fakta Dan Rekayasa"

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)