Tutorial Cari Uang

Tuesday, July 15, 2008

Nama

APALAH ARTI SEBUAH NAMA
Kalau Nama Sama Ya Repot Juga!


Ada yang unik di SMPN 1 Kedamean, Gresik. Dua jabatan paling vital dan strategi di sekolah yang baru saja mendapatkan penghargaan Adiwiyata berdasarkan SK MenLH Nomor 290 Tahun 2008 ini dipegang oleh dua orang yang memiliki kesamaan nama 100%. Sama persis!

Klik gambar untuk memperbesar

Ya! Seperti bisa anda lihat pada gambar struktur organisasi sekolah di atas bahwa jabatan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah masing-masing dipegang oleh orang yang sama-sama memiliki nama Sutrisno. Hanya saja perbedaannya mungkin terdapat pada deretan gelar, senioritas (usia, red) dan jam terbang, hahaha.

Masalahnya, tidak mungkin akan memanggil keduanya dengan nama panggilan sehari-hari dalam waktu dan tempat yang sama, tris, trisno, sutris, sutrisno... Bukan tak mungkin bahwa mereka berdua akan sama-sama menoleh nantinya, haha..

Jadi inget dulu pas masih sekolah di SD. Kebetulan pada saat itu di kelas saya juga ada tiga orang cewek dengan nama sama persis, Yanti. Yanti aja! Cukup satu kata saja nama mereka. Yah, namanya juga di kampung, orang jaman dulu masih kolot dan pelit ngasih nama anak-anaknya hekekekeke...

Maaf, bukan maksudnya menghina, tapi memang begitulah kenyataannya, ya to? Kalau orang tempoe doeloe juga ngasih nama irit banget. Paijo, Ngatiyem, Sutini, Sumarno, Sulastri, Sujarwo, Poniman, Poniyem, dll. Kontras dengan nama orang kota (orang jaman sekarang, red) yang namanya sepanjang rel kereta sambung menyambung dengan nama keluarga pula... Hmmm....

Jaman semakin modern, nama pun semakin panjang. Dari yang awalnya hanya satu kata, berubah menjadi dua kata dan tiga kata. Dan sekarang jika menjumpai dengan orang yang memiliki nama sepanjang empat, lima, enam, atau bahkan sepuluh kata pun bukan sesuatu yang aneh lagi.

Ngomong-ngomong soal nama satu kata, menurut catatan MURI, nama orang terpendek di Indonesia adalah 'N' (satu huruf dan bukan singkatan) yang lahir di Jepara tanggal 22 Oktober 1993. Sementara untuk nama terpanjang belum tercatat di MURI. Entah apa orang disekitar anda memiliki nama yang panjang????? Coba sebutkan!

Nah, menurut catatan nama orang terpanjang adalah 'Autumn Sullivan Corbett Fitzsimmons Jeffries Hart Burns Johnson Willard Dempsey Tunney Schmeling Sharkey Carnera Baer Braddock Louis Charles Walcott Marciano Patterson Johansson Liston Clay Frazier Foreman Brown'. Total 27 kata. Nama tersebut adalah nama seorang anak di Inggris. Disusun atas 25 nama petinju top dari seluruh dunia. Sementara sisa 2 kata yang lain adalah nama depan dan nama keluarga. (sumber: Kompas)

Kembali ke laptop Yanti! Akhirnya untuk membedakan nama ketiganya maka dipilihlah satu solusi jitu untuk mengatasi permasalahan nama tersebut. Ditambakanlah abjad A, B, C pada akhir setiap nama mereka. Jadi sekarang nama mereka dilabeli menjadi Yanti A, Yanti B, dan Yanti C. Jadi jika kita memanggil Yanti A, maka dua Yanti yang lain tidak akan tertipu pendengaran. Solusi yang cukup ampuh, dan terbukti selama perjalanan enam tahun masa SD. Entah sekarang masih melekat nggak ya label ABC itu? Secara saya belum pernah ketemu lagi dengan mereka!

Ohya, ada solusi untuk bapak Kasek dan Wakasek itu? Atau anda pernah punya pengalaman terhadap kesamaan nama? Atau bahkan nama anda masih ndeso, satu kata saja hahahaha.... Atau anda malah tidak tahu arti nama yang diberikan orang tua anda? Yuk silahkan berbagi cerita!

94 comments:

  1. jaman kuliah dulu, ada 5 orang teman seangkatan yang memiliki nama teguh. namun mereka akhirnya ndak ada yang dibolehkan memakai nama panggilan teguh ketimbang membuat pusing teman2nya. berubah jadi, pete, dheche, komeng, didi dan....eh satu lagi siapa ya, lali! hahaha

    ReplyDelete
  2. pakai a dan b, atau x dan y manggilnya nang

    ReplyDelete
  3. He he he, di univ. trisakti konon kelas dibagi berdasarkan abjad (ada anaknya temen kuliah disana), Jadi kebayang namanya banyak yg sama. Kebetulan nama anaknya temen Annisa, dan dikelasnya ada 6 anak yg sama namanya... huah, yang ada tuh nama dipanggil jadi berantakan. Seperti Annisa yg saya kenal adalah cucunya Him Damsyik, dia jadi dipanggil cudam (cucunya Damsik)... kekekek.... kreatif juga ya ya. Yang laen tinggal pasrah aja deh namanya berubah jadi kaya apa lagi

    ReplyDelete
  4. Wuah, kok namanya temen annisa seh? He he, maksudnya nama anaknya temenku, Annisa.... ralat deh...

    ReplyDelete
  5. hmmm...nama saya adi
    opo to ki

    ReplyDelete
  6. Nama saya kayaknya sulit mencari persamaannya.

    ReplyDelete
  7. nama saya juga agak jarang...

    ReplyDelete
  8. sekampung ada juga yang namanya apri.
    biasanya pake apri lor ma apri kidul.hehehee...
    pernah ada kejadian juga sih hampir didamprat orang gara2 namax sama.
    baca aja di sini.
    http://apurie.blogspot.com/2008/04/apri-yang-mana.html

    ReplyDelete
  9. saya sering dikira perempuan gara2 nama saya =)) wkwkwkwkwkww

    ReplyDelete
  10. aku lair pas bapak pensiun(hihih, kliatan klo keprucut), ya trus dikasih nama pensiunwati, hahahaha nggak ding.

    btw samurai dah tau ikannya tepar, kaget sampe ngowoh plus...nglirik aku!!

    ReplyDelete
  11. Iya kalau dulu apalah arti sebuah nama, tapi kalau sekarang nama itu sangat berarti, krn anama adalah doa juga, makanya orang berlomba2 kasih nama yg bagus artinya. Kalau nama panjang2, ntar pas di tulis di ijasah tuh nggak cukup tempatnya.... (btw, anakku juga namanya panjang, 4 kata)

    ReplyDelete
  12. hmm waktu SMA dua taon sekelas dengan orang yg namanya sama. ada cerita lucu deh waktu pembagian raport. tiba-tiba saya mendapati raport dengan nilai yg anjlok. alhasil orang tua pun bete. ternyata setelah sampe rumah, olala, itu bukan rapot saya!! tapi raport temen saya, yg namanya sama. begitu balik lagi dan ngambil raport yg bener, ternyata nilai raport saya sangat baik tuh, hehehe :P

    ReplyDelete
  13. di ktr ada ob namanya 'aris', sementara satu lagi temen satu ruangan namanya 'haris'. awal 'haris' masuk ada aja yg iseng manggil 'aris' spt memanggil 'haris'. pdhal jelas2 mo minta tolong ob. dan, 'haris' beberapa kali ketepu juga :d

    ReplyDelete
  14. panjang amat ya... wah... perlu disaingin nih... ayo kang kalo dah punya momongan... kasih nama-nama nabi ditambah nama2 sahabat rasul... pasti menang dech.... hiks...hiks...

    ReplyDelete
  15. makanya tagline-e sampean kayak gitu....
    banyak kembarannya ya
    :D

    ReplyDelete
  16. kalo nama agus gak usah ditanya ada berapa, kalo dikumpulin di lapangan bola juga mungkin penuh hahahaha

    ReplyDelete
  17. yah bisa dibedaan dengan sebutin gelar sekalian... :P
    sutrisno spd dan drs sutrisno... gampangkan.. :P
    *btw masih susah juga ngoment di blogspot.... masih lama loading :D*

    ReplyDelete
  18. Pak Sutris, mas nang nakal..
    :D

    ReplyDelete
  19. Ke SEMBilan BeLasXX....

    Kalo menurut saya udah aja panggil dengan :

    "Pak Kasek": Sutrisno - Kepala Sekolah
    "Pak Waka" : Sutrisno - Wakil Kepala Sekklah
    daripada ketuker, bisa berabe urusan administratif sekolah.

    Kalau soal nama, saya setuju kata mb' Ani deh. Nama itu Do'a. Misalnya "firdaus".. berarti......... Amin.

    ReplyDelete
  20. Nama saya juga Pasaran MAs
    AHMAD sejuta nama :D

    ReplyDelete
  21. kok ya nemu ae bahan seru buat ngeblog mas. pancen kreatip emang sampeyan. mangane opo toh? hehehe...

    omong omong soal nama, di kantor saya yang lama ada pegawai yang namanya wagiman, wagimin dan wagimun hehehe...

    ReplyDelete
  22. gelarnya kan beda...

    "eh, masak si sutrisno ngutang mulu di warung ane."
    "sutrisno nyang mane?"
    "ntu.. sutrisno Spd."
    "ohh.. sutrisno tukang es keliling rasa jambu monyet paporit ane?"

    no offense, sutrisno" diluar sana yaa..

    ReplyDelete
  23. nanti punya anak cari yang namanya unik aja biar ga kejiplak nama anak tetangga :D

    ReplyDelete
  24. manggilnya gini aja

    pak kepsek sama pak wakepsek. jadi ngak ribet kan

    ReplyDelete
  25. orang indonesia itu terkenal dg nama tunggal. kadang kalo harus ngisi formulir yg ada surname/family name-nya jadi rada bingung. btw nama orang inggris itu panjang bangeeet...kali yg punya juga kesulitan tuh ngapalin namanya sendiri

    ReplyDelete
  26. Bikin sekolah baru aja. Biar salah satu bisa jadi kepala sekolah satunya :D

    ReplyDelete
  27. mas saya memberikan penghargaan atas blog anda. silakan dicek selengkapnya di blog saya. makasih

    ReplyDelete
  28. Update mane..
    aku ada solusi buat pak sutrisno..
    yang kepsek, tettep dipanggil Sutrisno..
    tapi yang wakasek, dipanggil Sutrisyes..

    ReplyDelete
  29. Mas Anang!!!
    Isi Blognya bagus bangetz, ini kunjungan pertamaku di Blog ini and laen kali aku pasti dateng gi ke sini. Salam kenal dari ombung!!!
    http://uangkayaduit.blogspot.com/

    ReplyDelete
  30. hahaha, ada yg sampe kasih usul sutrisno ama sutriyes ...
    yg jelas kayaknya bisa juga tuh. jadi ada yg dipanggil YES dan NO.

    btw, nama adalah identitas. biar pasaran yg penting tetep PD ...
    salam hangat mas.

    ReplyDelete
  31. coba bayangkan jika terjadi pada Presiden dan Wapres Indonesia!!
    *hahaha...*

    ReplyDelete
  32. lha panggil aja pak trisno kasek ama pak trisno wakasek.

    kalo nama aku sih artinya lampu yg cantik ehem

    ReplyDelete
  33. hua... klo manggil kebetulan ada dua-duanya jadi bingung ya kang

    ReplyDelete
  34. wah...kasus yang hampir sama.
    di daerahku ada namanya sama, Pak Slamet. tapi karena kerjanya beda, akhirnya dipanggil aja Pak Slamet SD (guru agama di SD) sama Pak Slamet Sampoerna (kerja di pabrik rokok itu)
    hehehe....

    ReplyDelete
  35. Ass.
    Blogger-pun banyak namanya yg sama.....spt. sy Alex wah.....banyak.

    btw, Thanks ya mas Anang, atas doa met Pernikahan sy.

    ReplyDelete
  36. Ya panggil aja dengan kalimat "Pak Kepala Sekolah"

    ReplyDelete
  37. kalo namaku banyak yng menyamain, tapi semua jadi orang populer.*ih GR* emang kenyataan kok,he..he..tanyakan saja pada mas nang, banyakkan entertainer yg memiliki nama Dian or Kristina.*duh tambah Gr*

    ReplyDelete
  38. Bener banget Mas... Apalah arti sebuah nama...kayak saya yang nama Aslinya Frenavit tapi di kampus di panggil Bodrex... Saya gak marah ato malu..malah seneng coz dengan nama panggilan ntu saya dan temen-temen bisa akrap banget...Pilih nama atao banyak teman??? Tul gak???

    ReplyDelete
  39. lha kan yang satu dipanggil pak sutris, dan satunya pak trisno..hehehe

    ReplyDelete
  40. setuju, kalo emang orang Udik meberi nama ama anaknya selalu Irit. Satu atau dua kata

    ReplyDelete
  41. Harusnya nama harus bersifat unique pakek sistem database biar ga ada duplikasi, kemungkinan system ini akan segera di jalankan tahun 2999 hehehe *kaburr*

    ReplyDelete
  42. Nama Tyo kayak saya juga banyak banget..Bahkan saya dikira anak orang China, karena penulisan tyo menjadi Thio sangat lumrah dipakai di China.

    ReplyDelete
  43. dulu jaman SMP, saia punya temen sekelas namanya ade imam prabowo. berhubung nama depan saia juga ade, jadi kita pake nickname yang beda.
    dia akhirnya dipanggil 'imam', sementara saia sampe sekarang dipanggil 'ades'

    ReplyDelete
  44. wah..saia pernah satu kelas ada 3 orang yg namanya sama dengan saya... akhirnya saia diapnggil dengan inisial saia "P"

    ReplyDelete
  45. wah..saia pernah satu kelas ada 3 orang yg namanya sama dengan saya... akhirnya saia diapnggil dengan inisial saia "P"

    ReplyDelete
  46. hehehe kalo wen dulu pas smp ada yg samaan juga, satu kakak kelas satu lg adek kelas,22nya cowok, pernah ada panggilan eh ternyata salah alamat, wat wendy yg kakak kelas hehehe;p

    ReplyDelete
  47. ya klo namanya ada yang sama brabe juga! biasanya ada nama panggilan khusus diantara keduanya

    ReplyDelete
  48. begitulah nasib org yang namanya pasaran, mas
    seperti saya..
    jd inget wkt SMP, ada 2 org yg namanya sm di kelas..

    ReplyDelete
  49. Untung ga ada yang namanya "Schwarschov schmitzel"...susah banget tuh nyebutnya...kekekek

    ReplyDelete
  50. Yang kasek keliatannya lebih sutriss daripada yang wakasek..

    ReplyDelete
  51. daku&sahabatku namanya sama beda nama belakangna sajah,penah 1 ktr,pas dipanggil noleh keduanya heheh,akhirna untuk membedakan daku dipanggil winnie,dia dipanggil winda[gabungan nama belakang]heheh...


    *thanQ da berkunjung
    ke "harumhutan.wordpress.com" ya pak..*

    ReplyDelete
  52. Saat saya masih sekolah SMK dulu mas, saya punya seorang teman namanya Basuki. Guru saya namanya juga Basuki dan kepala sekolah saya juga Basuki.

    Tiga orang ini mempunyai ciri fisik yang berbeda. Basuki, teman saya orangnya tatoan. Banyak tatonya, mulai di tangan, di wajah. Aduuh, banyak deh pokoknya. Selain sekoolah dia juga ngamen, akunya.

    Kalo Basuki guru saya dia sibuk ngajar seni rupa. Satu di sekolah saya sendiri, satu lagi di salah satu Univ Kristen di Surabaya. Selain itu, kadang2 juga masih sempat ikut pameran dimana-mana.

    Nah, kalo Basuki kepala sekolah. Orangnya sudah sepuh. Badannya tidak terlalu tinggi tapi teges kalo ambil keputusan.

    Dari tiga orang itu kalo ketemu ya biasa-biasa aja sih. Saling menyapa meskipun nama mereka sama. Ah!! nggak menarik cerita saya...

    Lain kali mau cerita yang lebih panjang...

    ReplyDelete
  53. ditempat kerjaku malah ada, namanya wahyu, untuk membedakan panggilan teman-teman mengidentikkan dengan kegemarannya, yang satu suka main tennis dan yang satu GR-an, ya dengan terpaksa julukan itu melekat pada mereka, untuk yang suka maen tennis dipanggil raket dan yang satunya dipanggil GER (sebenarnya kepanjangan dari GR)

    ReplyDelete
  54. waduh, jadi tersanjung secara hubby gw namanya juga sutrisno. biar pasaran dan agak jadul tapi tetep keren dan yang penting artinya bagus. hidup sutrisno! hehehe...

    ReplyDelete
  55. Nama saya punya arti yang bagus, setidaknya menurut orang tua saya. Katanya yang ngasih nama saya adalah kakek saya. Nama saya Sigit Nugroho. Sigit artinya baik, bagus. Sedangkan Nugroho artinya anugrah. Jadi kalo di gabung artinya "anugrah yang baik/bagus". Ya semoga saya bisa menjadi seperti arti nama saya. Aminnn...

    ReplyDelete
  56. namaku windra........

    jarang yang punya nama sama denganku...hihihihi

    ReplyDelete
  57. Apakah ini berarti kita kekurangan seorang guru mister anang ?

    ReplyDelete
  58. wahhh nek jenengku artinya opo yo.. lha akeh sing podo ki... kang lam kenal.. mhn pencerahan...

    ReplyDelete
  59. mas.. ikutan baca ya... tutornya bagus2.. mantabz.. salam hormat

    ReplyDelete
  60. hangga damai putra gandasasmita..
    hehehe.. lumayan panjang namaku :-D
    artinya juga panjang :P

    ReplyDelete
  61. nama saya termasuk pasaran juga dulu waktu sekolah hehehehe.. tp untung masing² punya nama panggilan yang beda², jadi ga susah ngebedain,,guru pun ikutan manggil nama panggilan :)

    ReplyDelete
  62. Tak kira namaku udah terpendek teryata ada yg lebih pende lagi...:)

    ReplyDelete
  63. Dua temenku cewek satu di SMA dulu namanya Ii Setyaningsih. Gampang mbedainnya bagi kami yang cowok. Yg kebetulan kulitnya item kami panggil Ii Orde Lama, dan yang putih diceluk Ii Orde Baru... Sadis memang hehe..

    ReplyDelete
  64. nurul aini A dan nurul aini B. koncoku nang emte-es. ketoke smpek saiki jik dceluk ngono deh..
    jenenge wong mbiyen pancen aneh-aneh, jare ibukq tonggone byen enek jenenge cikrak! jarene mbyen tau diguwak nang cikrak.. hahaha..
    enek maneh Tompo, sing dgge mususi beras. enek maneh Tomblok.

    nang ketoke arep tak posting deh. dount worry, linkmu tetep tak munculkan..

    *lha linku kapan? hehe..*

    ReplyDelete
  65. wahaha...kocak juga kalo liat nama-nama orang dulu

    ReplyDelete
  66. nang aku pindah ke "rumah baru ya:
    http://fanabis.blogdetik.com
    :)

    ReplyDelete
  67. wah sama, jaman saya sd dan smp juga gitu. yang nama Eni banyak banget kalo tempat saya. sama nama Dyah.

    ada juga yang panjang banget:
    Angela Merici Denok Prita Widowati.

    Gubraak, kalo pas tes apa gak kelamaan nulis nama doang yah? :D

    ReplyDelete
  68. ini seperti di kantor aq..yang namanya sugiono ada 3, untung didepartemen yang berbeda

    ReplyDelete
  69. Bagi aq pnting sebuah nama tu.. punya nama aj,mase dipanggil teri. Coba kl g punya nama..
    dipanggil apakah aq??

    ReplyDelete
  70. Aku setuju yg gelar itu... kan beda jadi panggil Pak Drs sama Pak Spd hehehee.. Btw aku gak setuju ungkapan "apalah arti sebuah nama", seharusnya diganti "sebuah nama sejuta arti" :)

    ReplyDelete
  71. nama itu puenting......
    aku punya nama pasaran sampe2 namaku ada bnyak biar enggak sama (pasaran) ya contohnya monyet, ato item, jelek sih!!!

    ReplyDelete
  72. Kekek.. Gawat nang, namaku bnyak samanya ee..

    ReplyDelete
  73. Kekek.. Gawat nang, namaku bnyak samanya ee.. Vy

    ReplyDelete
  74. Yang satu dipanggilnya "Sut.."

    Yang satu ladi dipanggil "Tris..."

    Kalo ada satu lagi ya mau gamau dipanggilnya harus "No...." :)

    ReplyDelete
  75. nama itu adalah anugrah...*halah apaan coba*

    ReplyDelete
  76. di kelas saya, 2 orang bernama sri, 5 orang namanya ayu. hohoo untung aja nama mereka panjang, jadi manggilnya sri/ayu + nama mereka selanjutnya hehee. untung aja nih, nama saya langka banget .wohoo walopun kdg disamain kaya nama mobil =="

    ReplyDelete
  77. kalo menurutu mertuku, nama anaknya singkat2 saja biar mudah manggil n ngapalin nya juga, soale orang2 jadul anaknya banyak ampe 8-10.

    ReplyDelete
  78. hehehehehe iyah yah...klo di sini ada nama keluarganya jadi gampang mbedain.....

    ReplyDelete
  79. padahal ga ada pasar yang jual nama...masih aja ada yang sama. wkakakak

    ReplyDelete
  80. yg namanya suka banyak yang sama : rahmat,dewi,indra,agus,novi,iwan,dan masih banyak lagi hehehe

    ReplyDelete
  81. selama aku sekolah blm ada temenku yg bernama sama dgku. malah dulu waktu smu pas pelajaran agama aku disuruh keluar ruangan krn dikira bukan muslim :(

    ReplyDelete
  82. Tak bilangin 'Yanti' apa ngomong sendiri....

    ReplyDelete
  83. wah kalo nama sayah malah susah ditemuin... di smp sayah aja cuma sayah yang namanya Pamela...huhuhu...palagi lengkapnya, pamela novranska permata lumban tobing. hohohoho.

    ReplyDelete
  84. satunya dipanggil sutriss yg satunya di panggil noo... :D

    ReplyDelete
  85. bener, biasanya kalo nama sama ya di panggil namanya dgn si A atau B dst

    ReplyDelete
  86. repot jg klo dipanggil slh stunya :P........

    ReplyDelete
  87. gpp..kalo banyak nama yang ngembarin berarti nama itu bagus..jadi banyak yang pengen make..contohnya saja saya..:D

    wkwkwkwkw


    dracpawn a.k.a = ayu

    :D

    ReplyDelete
  88. gw juga punya pengalaman kayak gitu nich mas...karena gw sbg murid baru di kelas yg mo gw masuki waktu SMA..maka nama gw dari anto dilebur menjadi anno'....tapi tampak lebih keren anno'...wekekekeke

    ReplyDelete
  89. klo sama repot juga yak..

    ReplyDelete
  90. di smpn 1 kedamean emang banyak kemiripan. eh benernya pak sutrisno-nya ada tiga. masing-masing punya panggilan khas, ya guru2 and murid yang ngasih. Bahkan sekarang juga ada beberapa guru yang namanya juga mirip.
    Kalo dipanggil "HAR", maka tiga guru akan datang. Jadi, kadang salah juga ketik nama. Yang unik, pihak dinas pendidikan juga sempat keliru kasih kartu anggota. Lha wong foto and namanya "HAR" itu tertukar.

    ReplyDelete
  91. terkandung makna yg dalam di balik sebuah nama, nama juga sebagai identitas tiap individu agar punya ciri khas dan pembeda di antara yang lain..

    ReplyDelete
  92. dengan nama, terkadang kita mudah tertipu pulaa.. :)

    kenapa gak 2 aja kepala sekolahnya yah?? ho3

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)