Tutorial Cari Uang

Friday, November 24, 2006

Streaming Radio Bahasa Jawa dari Suriname

Iseng-iseng streaming radio yang berbahasa Jawa yang ada di negara "cuwilan bangsa Jawa ing dunyo" yang ada di Amerika Selatan, Suriname. Dalam radio ini iklan, berita, lagu-lagu dan obrolannya pun menggunakan bahasa Jawa, meskipun disisipi sedikit-sedikit dengan bahasa Belanda. Lucu juga ya kalau orang Suriname ngomong dalam Bahasa Jawa.

Sekedar informasi saja bahwa bahasa Jawa yang digunakan di Suriname ini agak sedikit berbeda meskipun pada dasarnya bahasa yang digunakan sama dengan Bahasa Jawa yang digunakan di Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Karena bahasa Jawa yang digunakan di Suriname hanya diwariskan secara turun-temurun antar generasi ke generasi, mulai dari orang Jawa yang datang di Suriname melalui perbudakan pada zaman penjajahan Belanda lebih dari 100 tahun yang lalu. Total sampai sekarang sudah tiga generasi yang pernah hidup di salah satu negara di Amerika Selatan ini.

Bukan hanya bahasa Jawa saja yang diwariskan kepada generasi selanjutnya dari komunitas bangsa Jawa Suriname ini, melainkan juga budaya dan segala tentang Jawa pun turut dikembangkan di Suriname. Karena tidak pernah kontak dengan orang Jawa di Indonesia, maka budaya Jawa di Suriname berkembang dengan sendirinya sesuai persepsi orang Jawa Suriname. Wayang dan budaya Jawa lainnya pun masih ada di sana.

Meskipun orang Jawa yang ada di Suriname bisa dibilang cukup banyak dari keseluruhan penduduk Suriname, dan bahkan bahasa Jawa pun banyak dipergunakan sebagai bahasa percakapan sehari-hari oleh warga Suriname, khususnya masyarakat keturunan Jawa Suriname itu sendiri.

Bahasa Jawa yang digunakan di Suriname ini mungkin sama dengan bahasa Jawa yang berkembang di pulau Jawa pada 100 tahun yang lalu, sama seperti bahasa yang digunakan orang Jawa yang pertama kali datang di Suriname. Bahasa Jawa tersebut bukan bahasa Jawa halus atau kromo inggil seperti bahasa Jawa di Yogyakarta, melainkan bahasa yang sedikit kasar dan ngoko. Ini dikarenakan orang Jawa yang dipindahkan ke Suriname oleh penjajah Belanda sebagai buruh murah atau kuli kontrak di perkebunan-perkebunan gula ataupun kayu yang ada di Suriname ini kebanyakan berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jadi bahasa Jawa yang turun-temurun digunakan ini sedikit kasar dalam gaya bahasanya. Dan itulah dulu yang menjadi bahasa sehari-hari kaum buruh Jawa di Suriname.

Orang Jawa datang di Suriname dengan banyak cara, namun banyak yang dipaksa atau diculik dari desa-desa oleh Belanda. Tak hanya orang Jawa yang dibawa, namun juga ada terselip sebagian orang-orang Madura, Sunda, Batak dan daerah lain yang keturunannya menjadi orang Jawa semua di sana alias Jawa Suriname.

Kalau anda penasaran seperti apa logat bahasa Jawa di Suriname anda bisa mencoba streaming radio Garuda FM Suriname dengan klik gambar di bawah ini:




Artikel Populer
Boleh Dicoba



 

82 komentar:

Biru said...

bukan cuman ngomong jawa orang suriname lucu hihi ngomong londo juga mereka logatnya laen,walau udah lahir gede di blanda rata2 orang suriname punya logat sendiri ;) ngomonge kaya nyenyes gitu loh ~~> maksudku dialegnya :D

kw said...

wah dadi pengen mlaku-mlaku nonton kahanan suriname. :)

boku_baka said...

Tapi Surinami hebat juga ya mas, bisa mempertahankan bahasa segitu lama, apa memang di suriname itu gak ada londonya?

Anang said...

@ biru : iya logat dan dialeknya lucu sekali.. ngomongnya cepet dan ga jelas.. hehe..

@ kw : sama, saya juga pengen kesanah..

@ boku_baka : padahal ga ada pelajaran bahasa jawa di sekolah suriname.. hebat orang2 jawa disana.. penduduk suriname campuran mas.. ada yang india, jawa, londo, dan penduduk asli sana.. kebanyakan imigran dari asia sih yang dipekerjakan sebagai kuli kontrak di suriname oleh penjajah belanda.

Anonymous said...

didi kempot terkenal lho di sana

tabah said...

Mestine bahasa jawa yang disana juga berkembang. Tentu dengan aliran dan arah sendiri. Jadi penangsaran bahasa-bahasa jawa prokem di Suriname

passya said...

lho kok komenku di atas anonim

Anang said...

@ anonymous : iya.. didi kempot jadi idola di suriname..

@ tabah : iya tapi dengan dialek dan persepsi mereka sendiri.. monggo denger radionya kalo penasaran

@ passya : dibawah gitu loh..

ali said...

ngeklik pas acarane lagu-lagu jowo, enak dengernya ;p

Anang said...

@ ali : dengernya pas jam 7-10 pagi, di suriname jam 7-10 malam.. banyak rekues dan berita.. jadi bisa denger perbincangannya.. kalau siang dan sore disana kan malam hari jadi acaranya musik aja.. sedikit perbincangan... oke?

abu said...

Haaaa.....Aku gak kuat nahan ngguyu ndot!
Haaaa.....aku ngenet ngguyu dw iki!
Haaaa......!
Temen dan sohibku yang satu ini emang pinter tenan, meski dulu sering nyontek. Tapi kalo masalah IT jan hueebatt....
Haaa....
haaaa.....
haaaaaa.....

luigi said...

meski aku gak giu ngerti bahasa jawa, tapi kayaknya seru bgt deh... :) Thanks for this posting.. regards from West Africa:)

bebek said...

oalah kang... ada ada aja to yoohh... waktu luangmu kiy buwat browsing opo wae to?? :)).... kyakakaka...

Anang said...

@ abu : makasih my friend.. you are my friend!

@ luigi : belajar bahasa jawa gratis ke saya pak! hehe.. regards from Surabaya! :)

@ bebek : hehe iseng aja tuh.. penasaran sekaligus iseng...

bodi said...

sebenernya penasaran tapi koq kene nggo streamingan dadi mlenyek yo koneksine ..... hiks

darkie said...

saya punya 3 kenalan dari suriname, kebetulan satu belanda, satu india, satu lagi jawa keturunan sunda. kalo ngomong sama yang keturunan sunda suka bingung kalo kami berdua coba pake bahasa jawa untuk komunikasi, lebih mudah pake bahasa inggris karna saya tidak bisa bahasa belanda.

Anonymous said...

Akoe deweh uwonk Soeriname, kepije kabare sedoeloer Djowo?

www.siaranpopjawa.nl

www.madsoleh.com

eko said...

Wah sayang koneksiku gak cukup buat streaming. Padahal pengen denger langsung....

Anonymous said...

jawa sudah gak njawani lg

wong deso said...

wong deso berkata..........
awk iki wong deso teko medan arek gei wero boso jowo nang kene ora di enggo mene ambek wong jowo nang kene
awak bangga ambek suriname ejek ngengo boso jowo engge...........

wong deso said...

-w@ng deso berkata
oke p@koke ambek suriname

Anonymous said...

piye kabare sedulur jowo nang suriname. iki aku Wong jowo asli sing urip nang jowo. persise ning Ngayokjokarto hadiningrat utowo daerah istimewa yogyakarta. Nek dolan nang suriname carane piye? kudu lewat negoro ngendi wae? Nek iso aku di kirimi fotone sedulur jowo sing nang suriname. sak durunge aku ngucapke matur nuwun

dhany wirotomo said...

halo sedulur jowo nang suriname, iki aku wong jowo sing manggon nang yogyakarta. aku pengen dolan nang suriname, biayane kiro-kiro piro? sak durunge aku matur nuwun banget.

Anonymous said...

halo, analisa anda bahwa kenapa bahasa jawa disuriname seperti itu karena yang dibawa oleh belanda adalah buruh/tani ato rakyat jelata yang ngomongnya jawa ngoko itu salah besar.
Dalam kehidupan jawa, orang ngomong ngoko, kromo, kromo inggil itu ada aturan2nya. Biasanya dalam kehidupan sehari-hari yang orang2nya seumuran & sudah kenal baik, mereka akan ngomongnya ngoko. Tapi kalau orangnya tidak dikenal bahkan yang kedudukannya lebih tinggi atau orangnya lebih tua, maka baru menggunakan bahasa kromo, bahkan kromo inggil.
di2 - solo

Anonymous said...

Wah, hebat mas anang, bisa untuk "tombo ngantuk" kayak tukul. Btw, punya link buat streaming radio nasional gak? Misal prambors, hard rock, smart, atau yang lain. Thanks

Brajamusti, wong Jowo neng Bangkok

Deddy said...

Wah matur nuwun kang....radio basa jawa suriname isa kanggo lelipur ati.... wis meh setahun aku nyang qatar..kangen mulih jawa. Radio jawa sing ning Indonesia ana apa ora ya??? Thx alot bro...

Anonymous said...

Pak/ Mas Anang, niki kula akses...sayang saya tidak bisa mendengarkan. aku ni orang jawa pingin belajar bahasa jawa yang gratisan gitu, soal krama alus n madya...klo ngoko aku ahlinya...mungkin aja jadi guru di luar negeri..tolong dong buat situs yang ngebahas habis JAVANESE LANGUAGE iam desperately to learn it. MARYSAGE (nama plasu, silakan dibahasa indonesiakan.._) (0_0) Fu...........
balas ke emailku klo mau geningdreams@yahoo.com

Anonymous said...

wah, aku baru tau lho mas anang, kalau bahasanya jatim/jateng itu kasar

Anonymous said...

rina.

wah aku baru tau sekarang lho kalau bahasa jawanya jatim dan jateng itu kasar....

Anonymous said...

wo alah mas... nyari konco wong jowo kok sing adoh adoh, kenalan karo aku wae wong jowo sing tinggal ono bandung he he he...
dolano neng bandung boleh mampir ke rumahku

Anonymous said...

mas anang tolong dong!!!
saya bisa menyimak siaran radio garuda suriname tapi suaranya terlalu cepet mungkin playernya ngga bisa nge detect speed nya secara bener shg spt itu. apa ada cara spy suaranya jadi jelas...
pleaseeeeeeeee........

lela said...

mboh mas aq g iso ngrungokno wis kpn2 peyan critakno yo piye kabare sedulur kono Okey ;)

cee said...

hehe..lutju bgt ngomongnya org suriname..campur2 jawa ma londo jadinya aneh..tp lutju..tambah lutju kali ya kl campur bhs madura..aq kn org madura :)

cipto_hadi said...

cak jowo nang suriname asline jowo ngendi ?
koq saiki akeh sing ireng-ireng kulite

Anonymous said...

salam kanggo dulur-dulur ku sing ana ning suriname..
piye kabare? yo apik-apik bae khan..
kanggo radio garuda..semoga tetap jaya selalu..
hidup wong jowo...
dari wong nganjuk ning jawa timur

Den Mas Ngabei said...

Sedulur kabeh wong Djowo suriname, aku mele seneng, najan adoh lan pisah saka tanah djowo, nanging isih padha nguri-nguri kabudayan leluhur, piye carane golek warta wong djowo suriname. salam kabeh ya..liya wektu sambung maneh.

Den Mas Ngabei said...

wah aku seneng maca kabare sedulur-2 jowo saka suriname, aku pengin chating isa ora karo sedulur saka suriname, nganggo basa jowo. salam kanggo sedulur kabeh nang suriname ya...

Anonymous said...

Wah mas,,ternyata bahasa jawa orang suriname itu asyik juga ya mas,,,aku jadi malu orang suriname aja masih mempertahankan bahasa jawa,,sementara aku yang emang orang jawa malah gak pinter bahasa jawa,,gimana sih biar mudah belajar bahasa jawa mas,,,

Anonymous said...

lha piye?? Ruud Gullit nek sms aku yo nganggo bhs jowo...suriname kie huebat tenan...hasil kawin silang jowo,londo,dll hasile pemain bal2an sing ampuh2...
indonesia bedo..keakehan kawin silang karo suku liane malah hasile tetep podo wae...cendik2 tur ra iso bal2an...wakakakakak

Ahmad said...

Selamatkan bahasa anda (Jawa) di sini.

Kalian harus menghargai khazanah ini.


dhuat

p/s;Saya bukan orang jawa :).Cuma pandai menasihatkan aja.

Anonymous said...

aku kroso bejo, ketemu radio suriname sing isih melestarikan boso jowo, tapi suarane ora jelas mas anang, pancene boso jowo campur londo yo...iku jenenge wong jowo bingung wong londo yo bingung gak mudeng he he

matur nuwun anda kreatif

Anonymous said...

piye...yo...apik tenan nenk surinam.....wonge ramah2...koq sopo sing arep rono? ayooo

Anonymous said...

wong jowo nang suriname ruar biasa ... masiho wis podo maju ora ninggalke jawane, ... wong2 jowo manut critane sampe suriname nganggo perjuangan sing abot ... pokoke aku kudu sampe sana mbuh kapan ... ono dulur sik duwe info piye routene

ratman said...

Aku asli wong Jawa. Asliku Purworejo Jawa Tengah, aku ngrasaake bungah tenan isa ngrungaake Radio Garuda Suriname sing nyata nyata nguri uri kabudayan Jawa. Aku malah kangen pingin weruh kahanane piyayi Suriname apa padha karo piyayi Jawa sing urip ning P. Jawa . Pingin rasane aku bisa sowan wonten suriname, nanging nggih niku ragade mboten gadha. La mbok menawi wonten para sutrisna / sederek ingkang badhe tindak Suriname mbok kawula dipun kanti, sakdenrengipun nuwun gungeng matur nuwun.

tjak markeso said...

djowone dijen banget, kojo ngendikane mbah boejoetku, kiroku sok mben wong djowo indonesia sinaoe boso djowo karo wong djowo suriname.
lutjoe lutjoe asjik tjampoer2 londo ora masalah

salam, teroes tjak

Anonymous said...

hidup wong suriname aku wong jowo melu seneng isih ono sing nguri uri kabudayan jowo ning negoro liyo.hidup jowo.

andrew said...

hidup wong suriname aku wong jowo melu seneng isih ono sing nguri uri kabudayan jowo ning negoro liyo.hidup jowo.jowo is the best.

aam said...

hehehe boso opo ki?orak mudeng inyong, bosone diwolak walek orak karuan......

adi said...

Buat Temen2 semuanya,yang belum tahu bahasa jawa, sebenarnya tuk orang jawa itu bahasanya tidak kasar ada 3 kategori (1) bhs jw ngoko, biasanya dipakai untuk kalangan orang yang sudah kenal atau seumur (2) kromo madyo dan kromo Inggil itu dipakai untuk orang yang tidak kenal atau lebih tua, khusus kromo inggil biasa masih sesuai pakemnya jika digunakan dalam acara prosesi pernikahan (panotocoro)

dwik - magelang said...

Wah jan aku kepengen tenan niliki sedulur2 tuwo sing neng suriname. Koyo ngopo yo keadaane.. Opo dadi putih-putih yo...? Ha...ha.... Opo yo isih masak kubis tuwo, sambel trasi, tempe goreng, gethuk lan liyo liyane. Salam seko magelang

Anonymous said...

pinging tau siaran wayang kulit di negri suriname

Topo said...

wah,,enak tenan,,njanjal nek boso jowo dadi boso nasional,,,mesti bakal makmur,,amarga ono tatanan kang bakal di lakoni,,ora grusah-grusuh,,seko boso biso dingerteni toto coro pribadi kak ngleksanani..aku jowo tulen soko purworejo,,cedak jogja,,yen tak pikir boso suriname ora susah kok,,gampang dimengerti,,,kakehan ngulang kata `iki, iku` lan kadang nganggo boso londo.ugo ora terlalu ngoko kok.....matur uwun mas anang,,,, bahasa jawa di jawa,,parah,,,banyak sekali penambahan kosakata yang buanyak sekali,,mungkin untuk mengucapkan 1 kata bisa berarti 5/10 arti dan sebaliknya 1 nama benda/kosakata bisa dinamakan /diwakili oleh banyak sekali kosakata....hehhhmm cape deeeeeeeehhhhh

Anonymous said...

ngomong nya beda bangedd
lebih cepet truzz gimana
di denger nya ajja udah lucu
pengen ngakak teruz

Anonymous said...

wah lucu tenan basa ne jawa compur londo
tebang-tembange yo apik tenan

eh piye yo carane iso kenal wong suriname.?

Anonymous said...

weleh-weleh hehehehe........

Anonymous said...

mas anang tolongin aku mas,,,aku ra iso ngrengu'no,,,piye iki mas. nang aku wis di klik tapinan ora metu suarane. mung ono tulisan ready tok. tolongin mas ya,,,aku penasaran banget pingin dengerin,,,,
maturnuwuh mas anang ya,,,

devi said...

Aku punya temen baik banget asal Suriname, mukanya jawa banget tapi dia bukan orang Jawa.
Kebetulan ceweknya itu orang jawa suriname jadi dia ngerti dikit bahasa jawa (umpatan/misuh) dan makanan jawa seperti soto, nasi goreng, rawon, sate, bakmi goreng dll.
Kebetulan kami kursus bareng di AS selama hampir 6 bulan, dan kalo aku kangen masakan Indonesia (khususnya Jawa) aku tinggal nyuruh dia masak hehehe.....dan kebetulan banget dia itu hobinya masak.
Walhasil nasi goreng ala Jawa nya dia, menurut temen2ku dari negara2 lain bilang itu nasi terenak yang pernah mereka makan.
Pernah dikasih lihat foto ceweknya dia, mukanya ya Jawa abis hehehehe...

Mas Joko said...

Salam kanggo sedulur jowo sing ning Suriname kabeh! Aku seneng wong jowo ning kono ora lali karo boso leluhure....hidup wong jowo!!

Anonymous said...

Kalau Indonesia buka rute penerbangan ke Suriname pasti rame. Soalnya banyak yang kepingin kesana. termasuk aku tapine taripe ojo larang-larang. Kalo ada rute laut juga ngga apa-apa pasti asyik. Ya nggak? he he he

Anonymous said...

Sebenere boso jowo neng Suriname ra bedo nek dibanding karo konco-konco sing neng pulo jowo.Kethoke meh podo karo sing neng Sumatera, Malaysia, Kalimantan, utowo sing Neng Celebes. Kabeh Mau wis asimilasi karo boso Daerahe. Mbok menowo neng Sumatera mesti wis campur karo Logat Batak, Plembang, utowo melayu. Semono Ugo sedulur-sedulur sing neng Suriname Mestine yo Podo, cuman dialeke wis campur londo, utawa amerika latin kono. Mugo-mugo Boso Jowo lan Kebudayaane uga Tata Carane Jowo ra ilang soko ndunyo iki. SUwun. Mas Aris ingkang onten Sumatera Utara (Bojoku Wong Batak Lho) 081534848373

ripto said...

saya sangat senang mendengarkan lagu lagu jawa
dari radio suriname,bisa ngak bloger anang juga memberikan info kalau ke suriname berikut perkiraan biaya dari jakarta
makasih anang

Aguss said...

Aku melu seneng kanggo sedulur-sedulurku kabeh ing Suriname kang isih angaleluri basa Jawa. Mugo-mugo, bisa dadi conto kanggo wong-wong Jawa.

mantan kyai said...

ngerti ngono melu imigrasi ng suriname :D

aj said...

wah kok gak bisa dengerin radio suriname punyaku padahal untuk yang laen bisa penasaran nichhhhhhh.

arqu3fiq said...

Wakakakakak...........
aku bukan ketawa ma logatnya, tapi ketawa sama logo garuda yang kayak burung sakit (gering bhs jawanya).

Lucu lucu.........

sabdalangit said...

Salam kenal Mas Anang..!
terimakasih atas tulisannya sangat membantu apa yg selama ini kami harapkan.

Ingat SURINAME mengingatkan pada salah satu moyang saya yang pernah di buang ke Suriname oleh Belanda pada tahun 1850-an. Namanya agak nyleneh yakni; eyang ROTO KONTHOL.. (Mbah Roto) asli Jogjakarta (dalem benteng). Kami keluarga besar di Yogyakarta sangat mengharapkan terjalinnya silaturahmi dan nyambug kembali hubungan yg telah sekian lama terpisah (ngumpulke balung pisah).
Bagi siapapun yang merasa sebagai kerabat, famili, sanak saudara, handai taulan yang mengenal atau pernah mengenal, silahkan menghubungi lewat web kami;

http://sabdalangit.wordpress.com

Jawa, kejawen, falsafah, ajaran, tradisi
"jalan setapak menggapai spiritualitas sejati"

Jawa totok said...

Mantab abiessss

Tim Safari said...

Sekarang di Indonesia, sudah ada Streaming Radio Jawa Jakarta http://radiojawa.com memang duluan Radio Jawa Suriname tapi bisa buat selang-seling dengan Radio Jawa Suriname.

Kalo Mau denger streaming, Komen dan kirim info seputar khazanah budaya Jawa silahkan mampir ke http://portal.radiojawa.comatau
http://radiojawa.com/safari1080/berita.htmRadio Jawa Jakarta, satu-satunya Radio Jawa yang siaran nonstop 24 jam di Indonesia.

Jadi monggo, wong jowo sing ono ning dunyone wong bule, kulo aturaken nggabung lan mirengke Radio Jawa Jakarta.

Sedulur ning Suriname, ayo podho ijol cerito karo sedulur ning Indonesia.

Katur cak Anang, suwun banget yo Cak!

suprikebulen said...

matur suwun cak anang.
kanggo sedulur2 ing suriname, aku pingin kenal karo sampeyan.
alamatku : supri.yadi38@gmail.com

kiara_tech said...

konco-konco sumonggo radio garuda suriname sampun kulo lebetaken teng web http://www.kiaratech.com ngapunten nggih yen kulo bosonipun gratal-gratul. sumonggo mampir, tasik katah radio-radio online ipun sing kulo index teng http://www.kiaratech.com , damel mas anangku.blogspot.com matur nuwon sanget, ngapunten kulo radi promo nggih.

Best Regards
kiara_tech

Anonymous said...

q dadi pengin deleng kahanan neng suriname, terlebih kenalan karo cewe neng surineme keturunan jawa...
he he he
guyonan.....
ap mungkin y kang...dewek ngobrol karo wong jowo neng suriname...
bisa bantu ra kang?
maturnuwun

cha said...

wahh.. dari dulu saya pikir suriname itu letaknya di benua afrika bagian selatan..secara orang jawa juga banyak di afrika selatan.. hehe baru ngeh sekarang.. tengkyu por de inpow..

Anonymous said...

Well your article helped me truly much in my college assignment. Hats afar to you post, will look progressive in the direction of more related articles in a jiffy as its sole of my pick subject-matter to read.

Anonymous said...

Aku melu seneng yen wong Jawa mendhunia, nanging melu senep yen ndeleng tulisane wong Jawa dhewe wis ora padha manut tatanan sing wis disarujuki dening para sesepuh ,ahli lan panaliti amrih becik lan lestarine basa Jawa. Bosah -baseh ora karuwan. Bocah-bocah sing ora genah banjur padha tiru-tiru barang sing mesthine kleru,kabeh wis ora maelu.Kanggo wong tuwa kaya aku neng sirah dadi tambah ngelu ! Nyuwun sewu iku mung rasaku.Apa aku kudu sinau maneh karo bocah saiki,ben dadi rusak sisan.Guru endi sing kudu tak eloni?

susanto-PATRI Lampung said...

monggo ngaturaken sugengggg...., mas anang dugi-aken mbok bilih sedoyo sederek wonten Suriname ajeng nginum kopi luwak.., ngasto aken teng www.kopiluwakindonesia.com

damel pengeling jaman mbien..

peluang bisnis terbaru said...

yang jadi aneh orang suriname adalah cara melaksanakan solat yaitu ada sebagian yang tetep mempertahankan solat menghadap ke barat, padahal mereka ada di benua amerika harusnya menghadap ke ka,bah ada di bagian selatan........

misha said...

huebbbaaaatttt tenannnn....

mbah bejo said...

poro sedulur kabeh, sadurunge sampeyan budal menyang suriname luwih becik sampeyan nonton clips2 ngenani negoro suriname akeh kok biso di unduh gratis neng youtube, sugeng mirsani

Anonymous said...

bagaimana supaya bisa kenalan dengan remaja suriname keturunan jawa...sehingga aku bisa cattingan lewat fb.

Rani Fitriyani said...

poko'e mantap ya...

Anonymous said...

Aku iki wong Suriname wis maca komentar2 sing ditulis ning nduwur. Aku ya uga seneng yen sampeyan kabeh nggatekke marang sedulur Jawa sing ana ing Suriname kene. Yen tak pikir tulisan2 komentar ning nduwur kene okeh sing ora mudheng kahanan2 urip ning Suriname. Aku dewe wulan Nov/Dec 2011 wis ning pulo Jawa mengunjungiJakarta,Puncak,Bandung,Tasikmalaya, Ciamis,Pengandaran,Tegal,Purwokerto,Purbalingga,Yokyakarta,Magelang,Semarang lan Surabaya. Dadi aku kenal setitik uripe ning panggonanmu. Sapa sing pengin tak dongengi tentang negeri Suriname aku dudui em.adr.mu
Mung semene wae, andum slamet(aku wong tuwa loh...)

Anonymous said...

Ini adalah tulisan orang yang sama dari Suriname
yang menulis di atas.
Saudara2 yang mau ke Suriname ongkosnya kira-kira: tiket $2500, uang saku $1500/2000.
Terbang dari Jakarta ke Kuala Lumpur terus ke
Schiphol(Belanda)14 atau 15jam dan dari Schiphol
ke Suriname(di utara Amerika Selatan)8 jam.
Jadi biayanya jumlah 40 juta Rupiah.....
Ayo..sapa kendel kurban duwit sakmono akehe...
Zodat jullie Suriname en Surinaamse Javanen kunnen zien en meemaken(Bahasa Belanda,berarti)
Supaya kowe kabeh bisa wero lan ngalami bangsa
Jawa Suriname...You're welcome...
Then you can also come to me...I'll be excited
and honered to meet you...as my Jawa brothers or
sisters.

Kirim Komentar Anda

Gunakan link dibawah ini jika form komentar tidak bisa digunakan
(Klik disini untuk mengirim komentar anda)

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)