Tutorial Cari Uang

Saturday, June 07, 2008

Albino

KEUNIKAN YANG TERCIPTA DALAM PENDERITAAN HIDUP

Ia memang terlahir dengan kulit putih, meski kedua orang tuanya bukan dari ras kaukasoid layaknya orang Eropa pada umumnya. Rambutnya pun putih seperti uban padahal usianya belum menginjak dua digit. Bulu mata dan semua yang ada padanya putih sama sekali tak mencirikan kedua orang tuanya yang seorang warga Indonesia. Hanya saja ada satu ciri yang sangat kental dengan fisik orang Indonesia, hehehe.. Hidung ala kadarnya khas Indonesia sangat mencolok dari wajah 'bule'-nya. Tidak bisa menipu!


Aris

Namanya Aris, dan tidak ada hubungannya dengan Aris pengamen KRL yang sedang pentas di ajang spektakuler Indonesian Idol tahun ini hehe... Aris yang ini adalah seorang murid sekolah dasar yang baru menginjak kelas satu menjelang kenaikan kelas menuju kelas dua. Ia hidup di kawasan yang jauh dari perkotaan. Ibu dan bapaknya hanya seorang petani biasa di kampung. Kebetulan Aris adalah murid dari Ibuku yang mengajar di sekolah tersebut. Tinggi badannya sama atau seukuran dengan teman-teman sebaya lainnya. Hanya saja, kulit putih dan semua yang serba putih itu memudahkan orang untuk membedakan dari teman-temannya.

Budaya orang Indonesia yang umumnya memiliki kulit sawo matang adalah menginginkan kulitnya lebih putih. Begitupun dengan orang bule yang aslinya kulitnya putih berjemur di terik matahari dengan hanya sehelai kain yang membalut piranti vital mereka, atau malah sama sekali tak memakai seperti video voyeur hasil bidikan kameramen usil bin jahil yang mengkoleksi kemolekan tubuh yang tergelar di atas pasir itu hahahahaha....

Ataukah ini mungkin memang tanda-tanda kebesaran dari Yang Maha Segala, bahwa kita harus mensyukuri apa yang telah kita punya. Ia menciptakan keberagaman untuk saling mengenal. Kulit hitam, putih, merah, dll. Lalu, diciptakannya sosok manusia dengan wujud fisik yang jauh berbeda dari keluarganya, khususnya ayah dan ibu yang melahirkannya. Yang sesungguhnya sosok 'aneh' ini memang diciptakan dengan ketidaksempurnaannya agar orang-orang percaya pada kebesaran-Nya.

Aris, diciptakan dengan kekurangan pada wujud uniknya. Ia terlahir sebagai albino atau albinism. Albino disebabkan kekurangan pigmen atau zat warna yang ada pada kulit, mata dan rambut. Merupakan sifat turunan yang diwariskan dari gen orang tua. Karenanya, ia tak bisa bergerak bebas seperti teman sebayanya karena kulit dan matanya sangat rentan dan sensitif terbakar terhadap sinar matahari. Sehingga jarang sekali melihatnya bermain-main di bawah cahaya mentari yang terik menyengat. Untuk keluar rumah pun harus memakai jaket dan kacamata hitam yang bisa menghindarkannya dari serangan sinar matahari. Pun matanya pun memiliki kelainan seperti rabun dan juling serta tak tahan melihat cahaya terang.

Sementara itu, tak sedikit anggapan yang salah tentang albino ini di masyarakat kita. Mitos ini misalnya albino adalah keturunan setan, atau karma perbuatan orang tuanya, penyakit menular, dan bahkan ada juga yang mempercayai bahwa seorang albino ini memiliki kekuatan magic, supranatural atau gaib. Beginilah kultur masyarakat kita yang kadang mengkeramatkan sesuatu yang 'unik' dan 'aneh' tapi nyata. Budaya purba yang percaya hal-hal klenik masih melekat erat.

Menjadi orang albino seperti Aris ini pun tidak mudah. Kelainan yang membuatnya tampak berbeda dengan orang sekitarnya malah terkadang membuatnya stress dan tertekan, karena selalu menjadi pusat perhatian orang.

Satu kata buat Aris untuk tetap sabar dan tegar menjalani hidup ini. Jadikan kekuranganmu sebagai kelebihan yang orang lain tak memilikinya... Chayo, Ris!




Artikel Populer
Boleh Dicoba



 

82 komentar:

epat said...

makanya bung, kunci dari perbaikan adalah pada pendidikan. Just give the people a good and cheap education!
supaya kedepan tak ada lagi kasus-kasus seprti ari ini yang dianggap sebagai anak setan.

t i n i said...

buat ari ga perlu berkecil hati, toh masing2 orang punya kelebihan dan kekurangan masing2.
cuma emang kasian sih ngeliatnya, pasti ga tahan sama cahaya matahari..

t i n i said...

yayy!! kotak suaranya kok ga bisa dipake ya?
mas anang, blognya tak link yah..

diorockout said...

Ari, you'll never walk alone..

Eucalyptus said...

ayo Aris, tetap semangat dunks....

Yolla Elwyn said...

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing2..semoga Aris tetap semangat yaa..^_^

GusKoko said...

Kebesaran dan kehendak Allah tak ada yang bisa menghindarinya, Aris adalah sosok ciptaanNYA yang mungkin beda dengan yang lain, nah untuk kita yang tidak kekurangan, semestinya bersyukur dan jangan sekali-kali mencemooh mereka yang "kurang".

RiZki MeZo said...

Sebenarnya mas (mau nambain aja nih,sesuai yang saya tau),albino itu kan jelasnya kelainan yang disebabkan oleh kurangnya zat pigmen.Gimana dengan orang barat yang kulitnya putih bukannya itu juga mereka memiliki kurang zat pigmen.Lebihnya lagi orang barat itu setau saya juga tidak terlalu kuat terhadap sinar matahari.Maaf ya kalau ada salah kata..^_^v

fizi said...

hayo orang-orang endonesah, jangan suka mencemooh mereka yang berbeda... kalo semua orang "bentuknya" sama kan ga seru...

@epat: saiia setuju sangadh!!! ga usah ke kasus albino yang dikira anak setan, wong orang jakarta aja banyak yang percaya soal sms setan... lama-lama saiia bikin aja klinik klenik...

tongkiariwibowo said...

temen saya juga ada loh mas anang, malah kakak beradik, saya suka kasian kalo ngeliat mereka lagi baca buku, perasaan mereka kalo liat keadaan orang kayak kita gimana ya?

kenny said...

setuju dibalik kekurangan pasti ada kelebihan, teteup semangat arif

mercuryfalling said...

waktu aku masih kecil, ada tetannga yg albino juga kayak si aris

eh thanks yo nak, jadwal euro-nya

Ciput said...

Albino! wah Perlu kita beri support tu bagi orang yang albino! tau nggak orang albino itu punya club sepak bola sendiri lho! Namanya albinoleffe!
Keren kan

Dzofar said...

saya yakin seratus persen kalo anak itu punya mental yang lebih gedhe dari mental yang kita miliki sebagai orang "seperti yang lain".
aris menjadi "orang lain" pastinya dilengkapi dengan mental sebagai "orang lain" pula..

so, ndak ada masalah..
e'rithings iz gone bi olrait ajjah!!

ghatel said...

kekurangan dan kelebihan semuanya sudah di atur oleh Tuhan, ngg perlu disesali namun harus disyukuri, dibalik kekurangan pasti ada kelebihan ...

Rystiono said...

Siapa tau aja dia calon orang hebat Indonesia...

Go Aris Go!!!

yudi said...

mirip banget sama penampilan orang asing yah..
aris, tenang aja, semua akan baik2 aja

Nataludin said...

Sebagai orang yang mengerti tentang kelainan seperti ini, hendaknya turut memberikan penjelasan kepada orang yang masih awam dan masih suka menghubung-hubungkan kelainan tersebut dengan hal-hal mistik atau karma. titip buat mas anang..... tolong berikan motifasi buat si Aris, ya

elly.s said...

tiada ciptaan Allah yang sia2..
Aris akan jadi anak pandai percayalah...

imcw said...

Susah memang bila kita dilahirkan berbeda dengan yang lain.

http://free-experience.co.cc said...

buat ari ga perlu berkecil hati, toh masing2 orang punya kelebihan dan kekurangan masing2.
cuma emang kasian sih ngeliatnya, pasti ga tahan sama cahaya matahari..


http://free-experience.co.cc

mashuri said...

Banyak manusia yang berdiri dimuka bumi ini hanya dibalut oleh fisik yang sempurna, namun kemudian mereka lebih memilih mati bunuh diri atau bahkan (maaf) 'menjual' diri.

Manusia itu adalah ruh yang dijasmanikan. Jadi, ruh itulah yang memaintain knowledge hasil ketaqwaan kita, meramunya kedalam nafas kehidupan, dan tercermin dalam karakter dan behavior kita sebagai manusia, seperti apapun fisiknya, apapun ras-nya, dan dari manapun asalnya.

Nah, karakter itulah yang akan menjadi cermin diri kita. Secara dahsyat dia akan manifes sebagai kekuatan.

siska said...

ciayoooooo!!!!

*menyemangati Aris***

cewektulen said...

postingamu keren nang...memang kita harus selalu bersyukur bukan???

sluman slumun slamet said...

gimana dengan kebo bule kraton jogja ituh ya?

hanggadamai said...

bener banget mas, aris pasti memiliki kesabaran yg tinggi..
Dan juga kita memang harus bersyukur karena kulit kita seperti sawo matang, jika terkena matahri secar langsung tidak mudah terbakar, bayangkan jika kulit kita putih seperti orang eropa dan kita hidup di iklim yg sepeti saat ini, pasti banyak yg tidak kuat untuk bertahan hidup..
mensyukuri segal hal yg Allah berikan adalah sebuah nikmat

ijal said...

ayo aris, SEMANGAAAATTT!!

aziz said...

perbedaan bukan hambatan....

buktinya, banyak macem ras di Indonesia, tapi tetep bersatu???

setubuh?? eh, setuju???

Kampret Nyasar said...

Setiap individu itu unik, dan diskriminasi selain itu adalah perilaku menyimpang, juga illegal.

Hargai keunikan feature setiap daripada kita, termasuk si pirang ini.. meski pirahng, toh hatinya tetep sama dengan kita - ingin dihormati dan dihargai :-)

endangcinta said...

yang percaya klenik, mungkin waktu pelajaran biologi suka mbolos, Nang.....

ulan said...

weh.. salam aja mas anang..

Ani said...

Maha besar Allah Swt yang telah menciptakan hambaNya dalam bentuk, wujud dan penampilan yang berbeda-beda. Semoga teman-teman Aris menyadari bahwa Aris adalah sama seperti halnya mereka dan tidak mencemoohnya.

Raffaell said...

Hmmm, itu begitu karena di kulitnya ga ada pigmen nya, menurutku sih keren, jadi bule soalnya, orang bule juga banyak mengalami masalah dengan pigmen kulit, pigmen nya ga kuat....

hehehe, jd jgn berkecil hati, karna ga satu satunya makluk di dunia ini, ehehehehe

mpokb said...

yg bikin heran, kok mesti ada aja yg menghubungkan dengan dunia gaib yak...

fellix liem said...

yah.... yang namanya hidup ya begini ini.
dah tau kl tuhan menciptakan kita masimg-2 berbeda, kok masih ada yang heran kalo si Aris albino, malah dikatain anak setan lah. kalo aris anak setan lha kita ini anak apa? soalnya kalo meliat sifat kita, kadang-2 kita bisa lebih buruk dari setan itu sendiri. tul nggk?

Masenchipz said...

semuanya tuh ada hikmahnya... yg diciptakan...yang diberi...itulah yg terbaik... jdi tnggl kita sebagai orang yg melihat itu mo menganalisa dan mengambil hikmahnya... nah klo bsa...sykurin dgn sikap dan perbuatan... wokke.... hiks...hiks... jdi sok dewasa gw... sorry ya om....

rebeckaliebe said...

Ari tetap istimewa kok :-)

Mufti AM said...

Karena adanya pigmen kulit maka kulit kita jadi berwarna sebagai perlindungan dari sengatan matahari. Mestinya kita bersyukur bahwa Tuhan memberikan kelengkapannya pada kulit kita. Yang berkulit hitam juga tak perlu minder.

nael said...

hmmm...itu adalah puzzle dari tuhan.
yang membuat hidup ini semakin menarik karena kita harus melengkapi hidup sesama dan saling bergantung dengan sesama dan seluruh makhluk hidup, kenapa aris bisa begitu, itu rencana tuhan yang gak bisa diubah atau dipermainkan.

kw said...

albino kan bukan kekuarangan nang....hehe

ichanx said...

bangsa kita nih emang suka aneh2... orang albino kok disebut keturunan setan, karma, dll... padahal mereka kan gak salah apa2 ya? kasian yah...

Joell de Franco said...

Di daerah saya juga ada yang albino, sekarang dia malah jadi dalang...sip tenan to mas...menurut saya itu bukan kekurangan lah, lagian kekurangan dan kelebihan kan tergantung dari sudut pandang mana kita melihat, kekurangan bagi diri sendiri bisa jadi merupakan kelebihan bagi orang laen, begitu juga sebaliknya(ngomong opo to aku iki,mendem kupat tahu kayake...).
Yang penting tetep semangat aja buat si Aris, toh Gusti kang Murbeng Dumadi gak hanya menilai dari fisik orang aja kok...Allahuakbar!!!!!(mode FPI on), kabur ah........

Tony said...

tiap orang pasti telah diberikan kekurangan dan kelebihan masing2 oleh - Nya so jangan berkecil hati

antown said...

video voyeur apaan tuh?
btw si aris ini apanya sampean mas?

precious gift said...

semoga aris bisa berbesar hati menghadapi perbedaan dan semoga orang2 di sekitarnya juga cukup berbesar hati menerima perbedaan. kan manusia diciptakan berbeda untuk saling melengkapi to?

Rezki said...

Hmm..si aris siapanya mas anang?

meiy said...

masy kita msh byk yg tertinggal ilmu ya nang..

jadi inget beberapa km dr kota kecil tempat tinggalku dulu ada masy yg banyak berkulit albino gini, (Gunung Singgalang)mereka mungkin kekurangan pigmen krn tinggal di gunung?

ndahdien said...

inget video klipnya Alm chrisye ga' nang "seperti yang kau minta".. jadi sedikit bisa memahami apa yang membuat gundah orang-orang yang sedikit berbeda dari standar "orang normal"

Ris, you never walk alone!

annmolly said...

saya pernah punya teman yang albino. mereka harus punya jiwa yg kuat untuk menjalani hidup di dunia yang fana ini.

mybenjeng said...

di tempatku juga ada Nang.
awalnya saya pikir anak bule beneran lho...

elyswelt said...

tak kiro anakke tonggoku ning kene, persis sih

Alex said...

"Budaya purba yang percaya hal-hal klenik masih melekat erat."

tul sekali mas Anang..tul sekali..

Albino, memang orang yg ditakdirkan begitu membuat hati miris dan sedih.Semoga saja Aris sabar dan kelak menajddi orang BESAR.

FAD said...

Semua Allah yang ngatur..kita Hanyalah Manusia yang hanya bisa berharap dan Berusaha...Amin

aLe said...

Aris semangat...
klo perlu jadilah bLogger kau nak :)

yusdi said...

terkadang kasian kl liat orang albino..

Frenavit Putra said...

Ari jangan putus asa...Tuhan menciptakan manusia dengan segala kekurangan dan kelebihan...Jangan disesali kekurangan itu...siapa tau dari kekurangan yang kita miliki kita bisa semakin tegar..dan semakin bisa mensyukuri nikmat-Nya

Gelandangan said...

Semangat Ris anggap Kekurangan adalah kelebihan aris

gempur said...

mendukung sepenuhnya untuk aris.. jangan sampai di tempat saya ada yang bernasib seperti aris ... aminnn

wkurniawan said...

ajak si aris ngeblog atuh... :)

maya said...

salam aja deh buar ari . tolong bilangin biar dia tetep pede aja klo ada yg ngolokin.

Gigi Sehat Badan Sehat said...

seharusnya jadi albino bangga...keren kan jadi orang kulit putih. banyak orang yg pengen kulitnya putih tapi gak kesampean....masalah rambut uban, sekarang udah ada yg namanya cat rambut, dicobain dech....trus fitness dikit, abis itu daftar ke sutradara sinetron...

virtue said...

serem juga jadinya ya.. tetangga saya ada satu tuh yg kyk gini.. cewek lagi..

yoga permana kusumah said...

aris jangan minder ya. smua org pnya kekurangan kok

Anas said...

semangat ris!

sipahrom said...

kasiann ..

astiti said...

Saya juga punya teman yang putih seluruh tubuhnya, dia bergaul seperti biasa orang normal dan malah sekarang menjadi tukang pijit panggilan yang laris, pengede di kabupaten saya sering memanggilnya.
Aris besarkan hatimu, Tuhan maha pengasih dan penyayang

Anonymous said...

aris, yang sabar ya!
aq juga sama kyk kamu. perasaan sedih karena berbeda dengan orang lain memang terkadang datang.tapi jadikan ini sebagai cobaan yang menguji kesabaran kita hidup di dunia. yakinlah bahwa Allah Maha Pengasih dan Penyayang.

Anonymous said...

kamu harus tetap tabah ok!!! go aris go!!!!!!!

ndyw said...

memang harus mensyukuri yg didapat ya,,,

tjappLien said...

cayo ris... :)

ucie said...

Emang bener ko,,kasian org kyk aris..apa lg kalo dasarna orgna rendah diri...tp smgt bt org2 berkulit albino...tetap smgt!!! ingat laguna D masiv "Pantang Menyerah"...

Anonymous said...

eh saya juga albino,tapi alhamdulillah sampe sekarang saya bahagia2 aja ko,sekarang saya udah kelas 2 sma di alazhar BSD hehe jadi albino enak ko diliatin orang mulu hahaha

Nordic Green said...

Keep spirit..and go Green with Nordic Green

Ebooks store said...

Tetap bersyukur atas apa pun yang diberikan Allah..semua pasti ada hikmah dibalik semua itu.

Best Regards
Ebooks Store

alfan butway said...

dibalik kekurangan kita pasti ada kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. titip ya mas mbah gendeng

Reza said...

buat aris ga perlu minder sama teman2 yang lain.....semua manusia dilahirkan memiliki kekurangan dan kelebihan....tunjukkan kelebihan yang kamu miliki

Anonymous said...

wah bahsa blog nya bgus ,, g seperti blog yang abal abalan ,,,

salut ,,,

Barang Unik said...

tetap semangat

Reik said...

Salam,

Aku seorang Albino. Memang agak sukar untuk redha dengan keadaan ini. Lagi sukar jika kau seorang perempuan sebab perempuan mempunyai hati yang sungguh senang terusik. Kadang-kadang sekalipun orang tak beranggapan buruk, sebagai perempuan kau tak boleh lari dari kekalutan pemikiran kau sendiri

Apa-apa pun, aku hanya ingin memberitahu yang sebenarnya selepas kamu mengenali Albino, kamu tidak akan rasa dia lain dari lain. Malah, dia hanyalah sama macam kawan-kawan kau yang lain

So don't be afraid to get to know us coz you may end up really liking us :)

kaos couple said...

anak yang istimewa, benar-benar istimewa..

polisi gorontalo menggila said...

wah kasian kalau setiap orang mengalami seperti ini..salah satunya MJ ya

roderick merr said...

Thank you for a outstanding publishing! My family and I absolutely took pleasure in following this, you'll certainly be a good contributor.I'll consider to distribute your blog site and can visit in the long term. I'm going to suggest that you definitely carry on with your amazing publishing, have a good weekend!
pinterest like

Kirim Komentar Anda

Gunakan link dibawah ini jika form komentar tidak bisa digunakan
(Klik disini untuk mengirim komentar anda)

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)