Tutorial Cari Uang

Sunday, February 11, 2007

Ophiuchus Zodiak ke 13 ??

Kemarin sempat lihat Good Morning On The Weekend di TransTV, eh pas ada obrolan tentang satu lagi zodiak baru yang telah resmi didaftarkan sebagai zodiak ke 13. Dan baru tahu kalau ada zodiak baru nih... Penasaran. Siapa ya? Eh, apa ya??

Si astronomernya bilang kalau Ophiuchus adalah satu zodiak baru melengkapi 12 zodiak lainnya yang sebelumnya telah secara sah dan meyakinkan menjadi keluarga gugusan bintang yang telah biasa digunakan masyarakat sebagai penanda lahir. Namun yang umum dipakai untuk penanggalan kelahiran adalah kalender masehi tentunya.

Ophiuchus menyempurnakan jumlah zodiak menjadi 13. Kalau sebelumnya ada Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, dan Scorpion, kini si Ophiuchus ini menyelinap di antara Scorpion dan Sagitarius.

Dampaknya struktur pembagian zodiak pun berubah. Berubah total. Mungkin anda yang dulu berzodiak Aries, kini tak lagi bisa berkata bahwa anda zodiak Aries pada saat total zodiak ada 13. Dan satu lagi, si Scorpio jadi semakin pendek jangka waktunya. Kalau versi 12 zodiak, Scorpio memiliki rentang waktu 30 hari antara 23 Oktober - 21 November, dengan 13 zodiak maka Scorpio hanya memiliki rentang waktu 7 hari saja yaitu antara 23 November - 29 November.

Berikut ini adalah tabel perbandingannya:

Zodiac SignVersi LamaVersi Baru
Sagitarius22 November - 21 Desember18 Desember - 18 Januari
Capricorn22 Desember - 19 Januari19 Januari - 15 Februari
Aquarius20 Januari - 18 Februari16 Februari - 11 Maret
Pisces19 Februari - 20 Maret12 Maret - 18 April
Aries21 Maret - 19 April19 April - 13 Mei
Taurus20 April - 20 Mei14 Mei - 19 Juni
Gemini21 Mei - 20 Juni20 Juni - 20 Juli
Cancer21 Juni - 23 Juli21 Juli - 9 Agustus
Leo23 Juli - 22 Agustus10 Agustus - 15 September
Virgo23 Agustus - 22 September16 September - 30 Oktober
Libra23 September - 22 Oktober31 Oktober - 22 November
Scorpio23 Oktober - 21 November23 November - 29 November
OphiuchusTidak ada1 Desember - 17 Desember




Ophiuchus dilambangkan dengan orang memegang ular

Memang sih isu tentang Ophiuchus ini sudah bergulir sejak dulu kala. Ada perbedaan pendapat tentang zodiak ini. Ada banyak versi sih, bisa anda lihat di wikipedia atau ensiklopedia lainnya untuk lebih jelasnya.

Kalau benar-benar nantinya zodiak resmi berjumlah sebanyak 13 buah seperti tersebut di atas, apa yang terjadi ya? hehehe... Apa bencana di Indonesia akan menyingkir? Atau para koruptor segera ditangkapi? Atau harga barang kembali turun? Atau apa ya? Ga tau ah... :D

87 comments:

  1. saya masih tetep bintang Pisces, mungkin gak ada perubahan! tetep2 aja kayak gini : cakep and ditaksir cew2, hehehe

    ReplyDelete
  2. Apakah kalau zodiak berubah nasib berubah? Sepertinya kok dari jaman dulu yang seperti ini dijadikan pencarian jati diri yah? Kira-kira apa penyebabnya? Bisa Cak Anang kupas nih.

    ReplyDelete
  3. gandrik... ntar sebagian warga libra pindah ke virgo termasuk saya, aduh kok jadi aneh...

    ReplyDelete
  4. Kalau di LIHAT sih berubah.. tapi apa merubah NASIB JUGA, dadi mending ra percoyo koyo mengkono. Ra Oleh ambek AGAMAKU ke ke kee

    Percoyo wae ambike takdire sing gawe URIP khan beres ;)

    Nek Takdire Percoyo koyo mengkono?
    *tanya kenapa :)

    O iyo mas URL ku ganti yo ke http://jauhari.net :)

    ReplyDelete
  5. aku gak percaya ramalan bintang sih. dulu sih percaya, waktu masih smp-sma. saiki blass! hehehe...

    ReplyDelete
  6. bintangku pancet. Bojoku yo pancet. Pingin ijol jane, karo Angelina Jolie he..he.. sewengi waehhh..

    ReplyDelete
  7. waah. biar nambah ampe 100 biji juga
    gw tetep kurang *ngeh* ama urusan zodiac tuh, mas...

    tapi thx info nya..
    jadi nambah pengetahuan nih
    :D

    ReplyDelete
  8. kok saya jadi Leo...
    kan saya ga ada Leo-Leo nya di diri saya, hahaha...
    apakah personality characternya juga berubah Om..

    ReplyDelete
  9. hore....saya berubah jadi gemini...kira2 sifat2 saya ikut berubah gak ya...

    ReplyDelete
  10. Ah..yang bener mas! udah tebiasa ama virgo yang baik hati masa sih harus pindah ke leo?

    ReplyDelete
  11. terserahlah..biar ganti tetep aja kayak gini.hehe

    ReplyDelete
  12. saya juga berubah jadi taurus.. bingung ah.. :p

    ReplyDelete
  13. weleh welehh setelah saya lihat klo baru bintang saya leo..wex..padahal sblm nya virgo..wax..ngpz juga si dia baru muncul skrg.

    ReplyDelete
  14. Zodiakku tetep kaprikon. Jan janne buat apa toho zodiak itu? Buat penanda lahir aja ya?

    ReplyDelete
  15. bagus deh...zodiakku jadi ganti hehehe...

    ReplyDelete
  16. bintangku malih..? ora mbok wenehi prediksi ramalane sisan mas...?

    ReplyDelete
  17. yes gua masih virgo,......

    ReplyDelete
  18. wheeww!!! masa aku brubah jadi scorpio, padahal di akta kelahiran dah ditulis sagitarius :D.

    ReplyDelete
  19. yang jelas mas, bertambah atau tidaknya zodiak, ga ada hub nya ma korupsi di indonesia, mau zodiak ada 23 juga, kalo mental manusianya masih seperti itu2 juga, tetap aja segala korupsi dan kriminalitas berjalan dengan lancar,hehehe...

    Btw, zodiak saya jadi gemini tuh, padahal dulunya cancer. Gemini kan identik dengan kegenitans, sementara saya ga genits, ah ga pas itu... Saya lebih suka ma zodiak skrg, lebih meng"aku" gitchu loh...

    ReplyDelete
  20. hikss... hikss... walaupun ga ada ngaruhnya... ko aku tetep kehilangan ya ga aquarius lagi...

    ReplyDelete
  21. halo.
    loh? ko saya jadi taurus?
    ga mau ah..
    tapi yah mudah2n aja perubahannya yang baik2 yah.
    oyah, mas. boleh request lagu ga?(udah kaya radio aja)
    lagunya the ordinary boys yang I Love U. ya? ya?
    makasi..

    ReplyDelete
  22. halo.
    loh? ko saya jadi taurus?
    ga mau ah..
    tapi yah mudah2n aja perubahannya yang baik2 yah.
    oyah, mas. boleh request lagu ga?(udah kaya radio aja)
    lagunya the ordinary boys yang I Love U. ya? ya?
    makasi..

    ReplyDelete
  23. welah, aku maleh pria GEMINI dong. qiqiqiqiqiqiqi

    ReplyDelete
  24. Walah udah ga jd pemanah lagi nih, malah jadi tukang air..:)
    Oh iya kalo sby ada busway, sabar2 antri yah..:P

    ReplyDelete
  25. buset, gw jadi aquarius. satu lagi bukti bahwa sifat dan kelakuan tidak ada hubungannya sama sekali dengan zodiak :P

    ReplyDelete
  26. wah,, gua jadi cancer,,

    ah gamau gamau...

    kembalikan leo-ku padaku...!!!

    ReplyDelete
  27. hehe.. na jadi virgo.. kalo virgo bukannya karakternya yang sok cantik gitu? na 'kan ga sok cantik... aku lebih cocok tetep libra deh keknyah! =p

    ReplyDelete
  28. ehhmmm, ada kemungkinan bertambah lagi secara ilmu pengetahuan terus berkembang. bisa tambah bingung.

    ReplyDelete
  29. lha kau bar dadi banteng (taurus) kok malih dadi wedus (aries), wah penurunan derajat ki...

    ReplyDelete
  30. @ gaussac : bisa jadi.. mungkin aja!

    @ pitik : lha pitik ya tetep pitik ngapain jadi banteng lantas jadi kambing... kamu itu pitik.. ingat..!! mbalik kandang sana heuehuheu :D

    ReplyDelete
  31. Kayaknya masih nggak bisa ke lain hati deh... si Ophius-hocus-pocus ini blom tentu bisa menggambarkan pribadi si empunya denga baik dan well-characterized seperti 12 zodiak lainya..

    ReplyDelete
  32. Wahahaha... baru tau nih... seru! untunglah zodiakku tetep aquarius.. :P

    thanks infona

    ReplyDelete
  33. bersyukur, sekali hidup, ngerasain 2 bintang...heuheuheu....
    aku udah siap2 berubah kepribadian neh, dari aquarius jd capriconus hiks

    ReplyDelete
  34. waduh... aku besok pagi harus lapor RT, RW, Kelurahan n Kecamatan dong! masak dari kambing macho jadi ikan bandeng... ihik.. ihik.. ihik...
    mas anang, kalo mau protes kemana ya? ke Komnas HAM ya? ;)

    ReplyDelete
  35. Aku tadinya Libra trus skrg tiba2 ganti jd Virgo. Rasanya aneh krn selama ini aku ngerasa udah jadi Libra sejati => plin-plan & ga bisa cpt ambil keputusan

    ReplyDelete
  36. woaduh... ni koq yg dibicarain malah astrologi seeh,, musyrik tau!!!
    sifat orang tu ga ada hubungannya sama rasi bintang,, primitif banget seeh.
    astronom yg jadi narasumber di good morning trans tv itu dosenku tau,dia itu dosen program studi(jurusan) astronomi,fak MIPA,institut teknologi bandung. namanya pak kunjaya.
    astronomi itu science,beda sama astrologi.
    and kalo ga salah ni,, rasi bintang itu ga cuma 12 atw 13 lagi,, banyak yg laen.
    ini tu ranah science, jangan dihubung hubungin sama takhayul, ga ilmiah bgt seeh.
    btw, waktu itu di good morning pembawa acaranya juga malah nanya tentang sifat-sifat,apa jadi berubah atw ngga,c pak kunjaya nya jadi nyengir.malu maluin bgt sih,keliatan ga inteleknya, klo ga salah pembawa acaranya ferdi hasan sama maudi kusnaedi ya?!!

    ReplyDelete
  37. qiqiiqiq...kasian tuh ama tabloid² yang biasanya muat zodiak, peramalnya jadi ketambahan banyak job hueheueh...

    btw aku juga sempat baca di wikipedia, inponya seh ada sekitar 88 rasi bintang..hmm seandainya jadi zodiak smua gimana yah...:D

    good postingan cak anang ;)

    ReplyDelete
  38. huhuhu...zodiak saiia jd pisces dunk....tapi 9a ngaruh ah...saiia tetaplah seorang aries...krn sifat saiia emg aries!!!saiia cinta aries!!!

    ReplyDelete
  39. walah,,bintangqu jadi Ophiuchus,,jd terasa janggal d kuping deh,,,
    pngen sagitarius aja,,(pngennya)

    ReplyDelete
  40. ih...jadi nervous setelah bintang gw jadi ophiuchus, pengen tetep di sagitarius ajah. takut kalo nasib aku berubah!! apa sih arti dari ophiuchus???

    ReplyDelete
  41. mang bintang ke-13 harus ada yach..!! kalo boleh ophiuchus dihilangin ajach dehh.. 12 bintang (zodiak) kayaknya dah cukup.

    ReplyDelete
  42. gue ga terima klo bintang gue jadi libra coz kebanyakan libra itu plin plan n gue kga..lagian kan asik klo bintang gue scorpio..kesannya gue tuh orang yang misterius..huehehehe...

    ReplyDelete
  43. yo wis, mau nambah mau kurang wong ya aku gak ngerti zodiakku apa :D,
    kalo menurut mbahku dulu sih sing penting weton(lha apa lagi ini), mbok ya nguri-uri kabudayan sendiri aja yah...
    tapi matur nuwun tambah pengetahuan

    ReplyDelete
  44. wah..wah... wa segh percaya tuh ama yang namanya zodiak tuh kadang2 mencerminkan kepribadian.. jadi kalo ada zodiaknya pindah gmana??????
    apa sifat en karakternya kut berubah???????
    pening juga negh...
    mendingan tetap aja degh.. dah senang ama si Taurus yang keras en membumi... masa dsuruh pindah ke aries yang adem2 gt....
    Capek degh!!!

    ReplyDelete
  45. aku awal nya sagitarius, trus berubah jadi ophiuchus, emang ophiuchus tuch kaya gimana sich,?

    ReplyDelete
  46. Horeee zodiack gw jadi baru, zodiaknya juga baru apalagi klo bukan opiukus (alah):)

    ReplyDelete
  47. duh...zodiakku jadi sagitarius, neh.. Padahal aku lebih seneng sama zodiakku yang dulu : Capricorn. Soalnya, menurut buku yang aku baca, orang sagita itu suka selingkuh...,kan aku nggak geto..Hehehe. (maap,yach,buat orang2 sagita yang tidak berkenan)
    Tapi semoga aja dengan berubahnya zodiak ini, hidup kita bisa jadi lebih baik lagi... Hehe. AMIEN...!

    ReplyDelete
  48. aduhh...
    males bgt dhe kalo sampe ad bntg baru kyk gne..
    kan udh trbiasa dg yg lama..
    aq yg aries sampe brubah jd pisces.
    sbnrny sih sifat2 aq tuh ga mirip sama aries, jg ga mirip sm pisces..

    wahhhhhh...
    jgn2 sbnrnya ada bintang baru yg ngga diketahui di antara pisces n aries yach..

    hehehehehehe...

    ReplyDelete
  49. wew....
    bintang ak brbh nih...
    duh chape dhe... :(

    pdhl dlny ak ini taurus.. sebel deh..
    pdhl ak m taurus uda jd 1
    skrg mlh hrs jd aries..
    aplg ak ini kn gk sm dg aries.. huh..
    ak gk sk deh sm aries bintangku yg bru ini..
    lgn lmbg ophiuchus ini gk gt bgs deh..
    ular.. ak gk sk deh..
    tp pkny ak ttp mw jd cewe taurus.. ^^

    ReplyDelete
  50. Kenapa sih harus jadi 13 segala? Nyusahin aja. Aku lebih suka bintangku yg lama, tuh. Jumlahnya jadi 13, lagi. Lagipula, katanya nggak memenuhi syarat sbg rasi bntg.

    ReplyDelete
  51. Kenapa sih harus jadi 13 segala? Nyusahin aja. Aku lebih suka bintangku yg lama, tuh. Jumlahnya jadi 13, lagi. Lagipula, katanya nggak memenuhi syarat sbg rasi bntg.

    ReplyDelete
  52. Itulah ....keboohongan orang orang yang sok pintar meramal meramal akhirnya gak ada yang bener...terus ramalan bintang yang sudah ada gimana ....jadi kepengen ketawa nih....ha...ha...ha...a

    ReplyDelete
  53. bos nyang lahir tgl 30 november jd apa bintangnya kayakna g ada d interval waktu zodiakna...apa gwe salah liat.....:(...
    scorpio :....- 29 nov
    ....30 nov?...nuwun

    ReplyDelete
  54. Wah, terimakasih sekali, penjelasan mas Anang sangat membantu. Memang saya rasakan ada perubahan pada diri saya dan setelah saya baca dari berbagai artikel sepertinya saya sudah mulai meninggalkan sifat2 gemini alias berproses sedikit demi sedikit menjadi berwatak taurus. Mmm, Saya rasa memang tidak begitu saja kita bisa dikatakan berubah tapi saya yakin perubahan itu sedang terjadi. Yah dunia memang berubah, semua adalah proses. Semoga menjadi lebih baik. Amin.

    ReplyDelete
  55. aduhhh,, aku bruba jadi pisces...

    ....(T_T)....

    mmmmm...padaal tdnya aku aries.... masa domba brubah jadi ikan.... huh.... >_<

    ReplyDelete
  56. ada kisah or alasan kenapa diberi nama ophiuchus???
    siapakah ophiuchus???
    apakah ada hubungan kekerabatan dengan matias muchus?
    atau dengan loebang chachus???

    ReplyDelete
  57. yg b'zodiak scorpio, kok jd cuman 7 hari doank. Scorpio jd autis gitu. Ckckckkkk.

    Y_Y zodiak scorpio kuw...

    ReplyDelete
  58. Andai aku scorpio tapi zodiaku leo cape deh ya tapi tak apa-apa aku punya temen zodiak nya cancer,scorpio,leo dll.

    ReplyDelete
  59. yah jadi libra dong sy??
    ga mw ah pkknye ttp scorpio..
    :))

    ReplyDelete
  60. cri2 zodiak baru dong..mas
    kli makin bgs gtu.hehehe bikin seneng aj ah!!:p

    ReplyDelete
  61. Lho??Lho??? ko jadi ribet yach?

    ReplyDelete
  62. zodiak saya juga berubah dari scorpio menjadi virgo. Apakah nasib dan peruntungan saya bisa berubah?? Saya jadi bingung!!! Saya butuh penjelasan nih!!

    ReplyDelete
  63. kalo zodiak berubah, apa sifat n' tabiat orang ikutan berubah?

    so??
    apa kata dunia??!

    ReplyDelete
  64. Semoga dengan zodiak yang baru gue rezeki gue nambah..... hua ha ha ha.....

    ReplyDelete
  65. Pindah bintang atau ngga mah sama aja buat gw... Hehe..

    ReplyDelete
  66. oh, ophiucus. bukankah ophiucus sudah dibicarakan sebagai zodiak sejak tahun 1990an... itu disebabkan pergeseran bintang yang terjadi sangat lambat. hingga ophiucus bergeser mengikuti waktu dan menjadi rasi bintang yang sesuai dengan definisi zodiak. yaitu rasi yang terlihat dari bumi dan suatu saat tidak terlihat karena tertutup matahari. zodiak ini terletak diequator bumi apabila kita menggambarkan bola langit. sehingga dia akan melewati matahari. jadi biarpun zodiak bertambah kemungkinan zodiak juga bisa berkurang. yah aku juga gak bermasalah dengan perubahan jumlah zodiak. hoho, i love astronomy

    ReplyDelete
  67. tgl 30 November nya mana, kasian deh anak gw: Fauzam, Rasi nya apa ya, Makasih Deh

    ReplyDelete
  68. aku sante aja, yg penting aku tetep cakep, iya gak??mo 13 kek, mo 31 kek, emang gue pikirin??
    kecian deh elu???
    emang enak dikatain??
    emang enak nambah2 zodiak??
    jangan gila dong??
    capek dueh??

    \hehehhee

    ReplyDelete
  69. aNoNIm

    klu GTo w aTU zOdIak DonK mA cO w..............
    Ehm...bLh uGA...........
    hE............

    ReplyDelete
  70. Huwaaa.aku gak mau virgo.aku mau libra aja!*gak jelas*

    ReplyDelete
  71. Ah gak mau ah pindah zodiak

    Dah lekat banget Taurus dengan awak

    ReplyDelete
  72. mau 12, 13, 17 atau 100 zodiak ga masalah...dengan yang gituan,,buktinya tanpa zodiak hidup ku menjadi lebih hidup. banyak yang suka sama aku, terutama para gadis-gadis sexy..hhehehee...bercanda kalee

    ReplyDelete
  73. Ajal, Balak,Rizki,Jodoh adalah takdir illahi, so knp percaya yang gitu-gituan,,kalo aku pribadi nga banget dech...yang namanya Zodiak..and kalo lama-lama dijadikan pedoman hidup berarti Sirik bagi umat muslim..oke coy rubah hidup anda mulai sekarang.pian OKES

    ReplyDelete
  74. aq g prcaya ramalan bintang sih sbnerny, jd mw ada zodiak 13 sbnrny gpp. tp..
    g seru la klo ada anak baru datang..
    lebih enak 12 it aj.. kan lbh familiar..
    blm lg kasian kan yg tgl lahirnya kena bagian yg diganti.. syukurnya aQ g.. hahak.

    ReplyDelete
  75. wah, ga asiikkk... mosok aku kok jadi capricorn? bukan gw banget tuuhhh... hehehe...
    sampeyan dadi pisces nu, mas? wkwkwk...

    ReplyDelete
  76. walah.. zodiak kok berubah rubah.. emoh ah

    ReplyDelete
  77. ahk si gw sekarang bintangnya bukan sagatarius lagi uy malah yang aneh tuh namanya OPHIUCHUS .....tapi gag apa-apa gw masih banyak yang suka kok hahaha

    ReplyDelete
  78. waaah, gw jadi Ophiuchus dong.... cuss ...cus...mathias muchus.... gak becus.... muluss... kurus ...harus... mampusss..

    ah, enakan sagittariusnih... pemanah ulunng :D

    ReplyDelete
  79. wah ada zodiac baru jadi sagitarius dunk bintangku....aneh sih tapi kok bisa ya zodiak berubah.????? 13 angka ganjil kalau bisa nyari bintang lagi biar genep 14

    ReplyDelete
  80. Waduh nantinya Ophiuchus Shaina harus jadi Gold Saints dong? terus dibikin temple yang baru di sanctuary, Saint ular......
    Kalau aku sih dari Cancer menjadi Gemini, kalau sifat sih gak mirip keduanya tapi kalau di Saint Seiya Cancer lebih lemah dibandingkan Gemini walaupun jurus Cancer soultaker tetapi Gemini galaxy destroyer.
    Tapi sih... aku gak percaya sama gituan! rasain tuh para peramal yang sok tahu! ak bukan seorang yang syirik!

    ReplyDelete
  81. Agh gila! aku sudah terlanjur Aries tapi kok jadi Pisces seeeeeeeeeeehhhhhhhh? Apalagi karakter Starry Sky yang paling aku sukai ya Kazuki Shiranui! masa dipaksa naksir si Kanata sih? ( tapi dia ganteng sih...)

    ReplyDelete
  82. Bodo amat... yg penting cewe gw dh 3...

    ReplyDelete
  83. Rasi bintang berubah atau nambah 1-100 sekalipun yang penting dapat cewe yg buaaanyyyyaaak...
    By.
    Dfan Knight
    087770315214

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)