Tutorial Cari Uang

Monday, July 02, 2007

Uang Kembalian Permen

Sekarang ini sangat susah sekali mendapatkan uang kembalian dengan utuh seperti yang seharusnya kita terima. Ini yang terjadi saat ini di berbagai swalayan dan supermarket entah itu yang besar maupun yang kecil.

Misalkan saja kita berbelanja barang dengan total Rp 9.950,- dan jika kita membayarnya dengan selembar uang sepuluh ribu rupiah maka seharusnya kita mendapatkan uang kembalian sebesar Rp 50,-. Namun seringkali yang terjadi malah kita 'dipaksa' menerima sebungkus permen sebagai uang kembalian. Memang uang Rp 50,- di saat krisis ekonomi dan inflasi gila-gilaan seperti ini tidaklah seberapa. Tapi apa ya mau kasir tersebut dibayar dengan permen juga. Nah kalau si kasirnya mau berarti fair dong... Dengan sepuluh bungkus permen kita bisa mendapatkan sebungkus mie instan. Beli pake permen, dapet kembalian juga permen...

Tapi apa ya begitu? Nggak kan? Malah nanti kita dikira ga punya uang... Hehehehe....

56 comments:

  1. permen sekarang paling murah Rp.100 loh mas, jadi kita untung Rp.50..heheheh..tapi gmana pun si penjual harus nya menyediakan uang dengan nominal berapa pun..

    ReplyDelete
  2. hahaha..
    aku td belanja ke swalayan, ada tuh uang 50 perak logam.. masih baru pulak =))

    ReplyDelete
  3. lho emang udah biasa kan?
    tapi kalo saya biasanya kalo lagi ga seneng permen, ngomong aja ke kasir, mbak/mas ada recehan ga, buat bunyi-bunyi di kantong. :D

    ReplyDelete
  4. Di sini nggak ada model begituan, kembalian satu senpun pasti dikasih oleh kasirnya. Kalau diganti dengan permen itu namanya pemaksaan, tergantung kita saja mau suka dipaksa apa nggak ?

    ReplyDelete
  5. korupsi level rendahan... tapi berniali milyaran...

    ReplyDelete
  6. konsumen indo emang baik-baik. mau saja diperlakukan. maungkin hanya karena gak mau "ribut" aja meskipun diam-diam gerundel. :)

    ReplyDelete
  7. Bergantung permennya juga sih... kalo enak ya puas... tapi kalo enggak enak ya ngedumel di belakang :D Yang bikin lebih bete itu sebenernya pembulatannya. Lebih sering ketemu yang dibulatin ke atas. Jadi tekor deh. Kan 10 rupiah juga kalo kali sejuta jadi sepuluh juta :P (contohnya ekstrim :D)

    ReplyDelete
  8. saya ada cerita lucu...
    di sebuah supermarket saya menerima kembalian berupa permen, permen tersebut saya terima, lalu saya baru ingat kalo harus membeli sebuah pisau cukur yang kebetulan letaknya disamping kasir itu...pas saya bayar pake permen tadi si kasir menolak...sempat terjadi adu mulut kecil sebentar sebelum saya akhirnya mengalah karena malu dilihat orang banyak...:)

    ReplyDelete
  9. Pancen wong Indonesia ki aneh-aneh wae

    ReplyDelete
  10. ah itu sudah biasa...
    di jogja malah ada kembalian parkiran pake permen :p

    ReplyDelete
  11. sesekali diberi kembalian yang agak bermanfaat Ok kali ya? seperti buku saku...hehehe..(baguskan? buat pencerahan). Makasi Pak Anang atas ucapannya...

    ReplyDelete
  12. gak pa2lah mas, lagian saya juga jarang ke swalayan... paling cumak mlaku-mlaku thok...
    *halah ketok ndesone (mbenjenge) :)*

    ReplyDelete
  13. disini nggak ada permen sebagai kembalian. mau kecilnya kayak gimana, ya tetep duit juga balik2nya.

    ReplyDelete
  14. Aku paling males kalo dikasih permen.
    Mangnya kita nih anak kecil apa ?
    Tapi ya mau gmn lagi ? daripada gak dikasih apa2, akhirnya pasrah dech meski dpt permen, hehehe...

    [Salam kenal ya mas ?]

    ReplyDelete
  15. wah... aku malah baru inget ada kebiasaan begini. Sekarang2 aku malah jarang nemuin yang kayak ginian.Kirain kebiasaan begini udah punah, ternyata masih ada ya?

    ReplyDelete
  16. dari pada ngemut uang logam, lebih baek ngemut permen khan....he..he...

    ReplyDelete
  17. walah2...itu kan termasuk sistem dagang mas...kan dengan begitu permen jadinya otomatis ikutan laku....tp kl bagi gw yah mendingan dr pd di ks permen lbh baek tuh receh gw sumbangin ke panti asuhan kaleee....hehehehe...

    ReplyDelete
  18. aku tau mas. sengaja permene tak kumpulno trus tak gawe mbayar. kasire gelem hehe. nek gak gelem tak celathu de'e hehehe

    ReplyDelete
  19. wah, gak usah dikomentar deh... itu sudah mendarah daging dan membudaya di indonesia, gak cuma di swalayan, masih mending dikasih permen, coba aja beli bensin, misal beli 10 ribu, eh ternyata sebelum 10 ribu dah penuh, misalnya penuh 9800, walah gak bakalan dikasih permen apalagi kembalian... wes... indonesia mang negeri yang indah sekaligus mengherankan....

    ReplyDelete
  20. Kalo saya lebih milih permen mas, soalnya rada ribet kalo mau bawa kricikan (recehan). Lagian kalo lagi bengong, permennya bisa diemut. Kebetulan aku suka makan permen hehe.. =.=v

    ReplyDelete
  21. waaa....aku klo dikasih permen tak balikin ke kasirnya...aku bilang " ambil deh permennya buat mbak"

    ReplyDelete
  22. waaa....aku klo dikasih permen tak balikin ke kasirnya...aku bilang " ambil deh permennya buat mbak"

    ReplyDelete
  23. tull... tergantung permennya... kalo permennya yang lagi dipengenin... pasti gpp... tapiii... kalo permennya yang ga enak... wahhh... bakal misuh-misuh tuh... :P

    truss... tergantung moodnya juga... hehehe... :D

    ReplyDelete
  24. tak klumpukne 110000 permen sek, gae tuku laptop

    ReplyDelete
  25. makasi udh mampir ke blog ku :) tukeran links yuukk..

    ReplyDelete
  26. wah kok banyak yg bilang sudah biasa y, padahal itu merugikan kita lho..heheh sok pakar. Tips nya kalo gak mau dikasih kembalian permen bilang aja gini ke kasirnya
    "Mbak/Mas permennya buat kamu aja..." tentunya dengan nada menyindir...

    ReplyDelete
  27. Ah itu mah akal-akalan supermarket nya aja, namanya juga Indonesia.
    Kita harus bangga dong...!

    ReplyDelete
  28. kalo saya mah, ga maslah. wong cuma 50 ataw 100 an dong. dikasih permen ya ambil aja. dari pda ga.

    ReplyDelete
  29. kita hrs maklum, kan recehan susah. apalagi 50 an. dpt apa sih sekarng. ya ikhlasin aja. masih mending dikasih permen, dr pada di kasih semen. ga nyambung, mlh untung dpt semen.

    ReplyDelete
  30. Sebenarnya kalau kita cermati baik2, owner dari toko/minimarket tersebut menggaji karyawannya dari permen2 tersebut..

    bayangkan bila harga setiap permen si owner beli Rp. 50 lalu dipakai untuk pengembalian min Rp. 100 perkali transaksi.

    Apabila 1 jam ada 50 setiap hari ada min 500 transaksi, maka keuntungan per hari 500 x 50 = 25.000 perbulan dikalikan 30 = 750.000 tinggal nambah dikit, dah jadi UMR deh...

    Perhatikan juga, harga yang ditetapkan pada produk pasti ga bulat supaya ada kembaliannya ..

    hehehe..that's business bro.. :(

    ReplyDelete
  31. ada yang mo uang gratis tanpa harus membayar saya atau orang lain
    hanya bermodalkan koneksi ke internet
    belajar disini

    http://users2.TitanicHost.com/rajamiskin

    semoga sukses

    ReplyDelete
  32. bener banget,nang. Gue rencananya juga kapan-kapan mo bayar di kasiir swalayan pake permen. Tapi, Gue kudu beli permen juga donk. Ujung-ujungnya duit juga. Tapi gak apa, kan kalo pake permen jatuhnya lebih murah. Tapi malunya itu gak ketulungan aja kali. Tapi kalo misalnya ada reality show yang ngajak gokil-gokilan gue akan pake itu jadi tema gue. oce gak?

    ReplyDelete
  33. anda butuh informasi.............??
    business download online

    Business Information, Business link, Business download, Forum Business, Myspace comment, Myspace Grap Codes, Tour, Forum Online,free Map, Free Tag-Board, Forum Jodoh, Link, Link Download Content, etc..
    http://topbusinessonline.blogspot.com/

    ReplyDelete
  34. profil pulau simeulue daerah wisata forum pemerintahan daerah penduduk mata pencarian seputar simeulue
    http://pulau-simeulue.blogspot.com/

    ReplyDelete
  35. info kerja
    informasi kerja surat lamaran cv daftar riwayat hidup interview daftar lowongan
    http://i-kerja.blogspot.com/

    ReplyDelete
  36. wakakakak....kembalian pke permen j9 gpp kok,it's OK!,tp prmennya y9 cap mhalan dkit donk!,msak cma cap 50,-an!?...hii..hii...

    ReplyDelete
  37. manatap juga ni tutorialnya, saya jadi banyak tau tentang blog....
    numpang promosi ya...?? banyak yang gratis/free ni mulai dari:
    "informasi bisnis, informasi lowongan kerja, download gratis, myspace gratis, informasi seputar tour and travel, pulau simeulue, dll. di:
    http://topbusinessonline.blogspot.com/
    http://pulau-simeulue.blogspot.com/

    ReplyDelete
  38. walah mas aku yo kadang mumet,,,,
    itulah yang namanya cari uang bermacam macam dan itu salah satunya salah satunya...ikhlasin aja deh walaupun kita saat itu sedang sakit gigi,,,
    mumet juga yaaaaa

    ReplyDelete
  39. kalo disini, beli2 bisa ake permen, fotokopi bisa pake permen, asal permennya masih ada, bukan bungkus thok =))

    ReplyDelete
  40. setuju nang, boleh juga tub idenya, belanja pake permen.. hehe, kayak sistem barter jaman dulu deh..

    ReplyDelete
  41. hahaha.......bener....jadi beli permen bonus lagi deh wakakak

    ReplyDelete
  42. weh ...

    ditempetku lebih seru nih .. gara2 dikasih permen pas kembaliannya dari PLN. bln depannya dia bayar PLN pake permen juga ....

    Seru deh jadinya ... !

    ReplyDelete
  43. untung sekarang ada inovasi baru flash dari bank b*a jadi ga perlu repot dengan uang kembalian... (*nungguin komisi dari bank ybs kerna ud ikutan mempromokan produk tsb di blog seleb*)

    ReplyDelete
  44. he'em, aku juga pernah ngalamin hal ntu!!
    Karena kembalian 500 rupiah gak ada di kasirnya, dikasih permen deh gue. Pas mau bayar parkir, aku bayar aja pake ntu permen. Permennya pun gak terkenal. Gak ada kode produksi, produsen gak ada, komposisi, best before.... yAAA... saya kasih aja ke pak parkir. Dia nya juga gak mau! Saya suruh aja minta ke mbak kasirnya,, malah gak mau. Ya udah saya gak bayar. Abis ga ada uang receh!!!

    ReplyDelete
  45. dulu jaman kuliah saya suka "nyindir" si kasir, ini saya ada permen satu lagi (*beneran ada permennya, dari kembalian teman lain yang belanja juga*), kasih ke kamu.. kembaliannya cepek yah... si kasir mesem2 doang.

    ReplyDelete
  46. lha nek susuke seket ewu gelem diijoli permen oom :D

    ReplyDelete
  47. Sulit Verifikasi PayPal?

    Pakai VCC-Indonesia, Dijamin AMAN, langsung Verified!

    Tidak Usah Cari Jauh-Jauh, Beli Di Sini Saja vcc-indonesia

    kunjungi situsnya http://vccmu.42y.biz

    Selanjutnya anda memilih NEGARA INDONESIA sebagai dasar pembuatan PayPal anda, lalu anda pilih PREMIER sebagai tipe akun anda.
    Isilah data anda sebenar-benarnya sesuai KTP, lalu anda masukkan nomor vcc yang sudah anda beli.
    Jika belum, anda bisa pesan dulu dengan mengklik ORDER di kiri atas.
    Atau, anda juga bisa melewati ADD CREDIT CARD NUMBER tersebut, dan mengonfirmasi akun anda via email yang dikirim oleh PayPal, kemudian anda membeli VCC dan menginputnya ke PayPal anda.

    Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengunjungi http://vccmu.42y.biz

    ReplyDelete
  48. kita khan negara "hebat" bos...asyik nyetak uang pecahan besar...sekarang tbesar 100 rb..bentar lg mgkn sejuta dst..yg kecil terlupakan..

    ReplyDelete
  49. wah coba cek deh tulisan saya di www.blog.plazamuslim.com
    saya juga punya pengalaman seperti ini
    menyebalkan

    ReplyDelete
  50. tahukah anda bahwa sekarang makin banyak orang tertarik dengan bisnis internet karena lebih cepat menghasilkan uang.
    contohnya situs uangsuper.com akan memberi anda informasi penting dan uang super

    ingin lebih yakin ???
    kunjungi www.uangsuper.com

    ReplyDelete
  51. memang setiap toko selalu kalau gak ada uang kembalian pasti selalu dengan permen

    ReplyDelete
  52. emng sulit skg cri uang receh, tpi gilran ia tak di harapakn mlah datang dgn sendiri ny.. ajaib sekali yah..

    ReplyDelete
  53. ambil saja, gak seberapa dibandingkan dengan nilai yg diperoleh..

    ReplyDelete
  54. bahkan tentang uang kemablian permen di tulis artikel ny disini.. kreatif!! :D

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)