Tutorial Cari Uang

Friday, June 05, 2009

Jembatan Suramadu

Suramadu? Hm.. Sepertinya ada hubungannya dengan Beruang Madu atau Lebah Madu? Haha.. Jauh, sama sekali tidak berhubungan.. Meskipun Sura adalah sebenarnya nama ikan. Hehe..

Suramadu adalah kependekan untuk Surabaya dan Madura. Ya! Tepatnya nama ini menjadi nama sebuah jembatan yang memiliki panjang lebih dari 5 kilometer yang terbentang di atas selat Madura yang memisahkan pulau Jawa dan Madura.

Jembatan Suramadu adalah jembatan (dibangun dengan menggunakan semen Gresik yang kokoh tak tertandingi) yang menghubungkan antara Bangkalan Madura dengan Surabaya.

Tujuan dibangunnya jembatan ini adalah untuk mempermudah akses Surabaya Madura dan begitu pula sebaliknya Madura Surabaya, sehingga mampu meningkatkan pembangunan di pulau garam Madura yang notabene relatif tertinggal dibanding wilayah Jawa Timur lain di pulau Jawa.

Jembatan ini berukuran 5,5 kilometer dan terbentang di atas selat Madura. Rencananya jembatan ini akan diresmikan bulan ini setelah dikerjakan kurang lebih 6 tahun mulai tahun 2003 yang lalu.

Alhamdulillah beberapa minggu yang lalu saya dan rombongan tim TPC berkunjung untuk menikmati indah dan eloknya jembatan ini. Sambil naik perahu nelayan yang dialihfungsikan menjadi kendaraan wisata, saya, Nopy King Kong, Budiono Deteksi dan Dhadhang Khuclukz menyeberangi selat Madura sambil melihat-lihat betapa prestisnya jembatan terpanjang di Indonesia dan salah satu jembatan terpanjang dunia ini. Hehe..

Berikut ini adalah rekaman perjalanan si bolang TPC... Si bocah ilang TPC di jembatan Suramadu....




Baca Juga Artikel Berikut : Foto dan Video Jembatan Suramadu!
Melintasi Jembatan Suramadu
Video Jembatan Suramadu




Artikel Populer
Boleh Dicoba



 

45 komentar:

ajengkol said...

Wuah Insya Allah Juli ke Suramadu ah hehehee jadi pengen ... duh Juli kok lama yah

Andy MSE said...

mingin-mingini!!!!!!... gggrrrrrrr.... (angry)

manusiahero said...

waw pengen ngerasain kesana juga... wah ada the king (lmao)

galuharya said...

suramadu diharapkan bisa memperbaiki sektor transportasi serta ekonomi bagi para warga pulau madura ataupun surabaya

semoga jembatan ini bisa terawat dengan baik kelak

tukang belajar ngeblog said...

Investasi yang besar...manfaatnya pun besar

bodrox said...

ha.. ha.. ha.., kalo sumatra jawa susah yah, ada anak krakataunya :(

fahmi! said...

penasaran nunggu grand opening tanggal 10 besok. pingin tau seberapa keras ya hempasan angin thd pengendara motor di atas jembatan itu.

suryaden said...

semoga jembatannya awet...

Rusa Bawean™ said...

katanya sih tanggal 11 peresmiannya
aku ada rencana meliput neh
:)

ciput mardianto said...

Ngomongin soal suramadu jadi teringat pada saat KP(kerja praktek) beberapa waktu lalu.

pada saat KP saya sempat menyaksikan kegiatan erection balok utama mulai dari proses jacking hingga erection, pada saat itu pekerjaan lantai mencapai pier 19 . Sehingga untuk pemasangan balok girder, pemasangan diafragma, pemasangan tulangan lantai hingga pengecoran plat lantai masih sempat menyaksikan.

sementara untuk pondasinya sendiri saya tidak sempat melihat pemancanngan tiang pancangnya, emang tidak melihat cara proses pelindungan korosi tiang (coating methode -nya), tapi saya masih sempat melihat pengecoran pilecap pada pier 34

saat pengecoran dilakukan dimalam hari, pergi kesana naik perahu mesin kecil, menariknya disini jika pengecoran di plat lantai, pengecoran dapat dilakukan dengan dua jalan, yang pertama dengan concrate pump dari mobil dan yang kedua concrate pump dari atas ponton, sementara kalau Pengecoran pierhad, pada saat itu pierhad 24, kan ditengah laut jadi harus pake ponton, saat itu digunakan 2 ponton, proses pengecorannya pun bertahap kalo nggak salah sampe 3 kali pengecoran pada hari yang berbeda. Mana saat pulangnya gelombang air lautnya sedang tinggi - tingginya, pokoknya itu pengalaman tak terlupakan, jam 3 pagi di tengah laut, ketampul - ketampul. Naik pier head puluhan meter, alhamdullilah.

Kebetulan saat itu saya KP hanya pada pekerjaan cause way saja, pada sisi surabaya saja. Saat itu cause way sisi surabaya dikerjakan oleh Wika, Hutama Karya (HK) dan Agrabudi dengan sistem join.

Sementara Cause way sisi madura dikerjakan oleh Adhi Karya dan Waskita Karya(alhamdulillah,tempat saya bekerja sekarang).

Suramadu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian utama yaitu cause way (sisi surabaya dan madura), approach bridge dan main span. untuk approach bridge yang bikin gabungan kontraktor indonesia (CIC) sementara untuk main spannya yang ada kabel stayed nya yang bikin bukan bangsa Indonesia tapi orang cina (CCC)semua.

Sedikit penilaian pribadi saya tentang main span ini, project ini kan dananya adalah pinjaman dari china, sementara pengerjaan untuk main spannya di syaratkan menggunakan jasa dari china juga, sudah pekerjaannya sedikit, progresnya akhir, upahnya itu lebih besar dari pada jika kita yang mengerjakan sendiri. Di pinjamin uang tapi larinya ke sana juga (memang untuk pemasangan kabel stayednya ini lebih sulit dibanding perkerjaan yang lain).

Terakhir kali ke sana, jalan akses surabaya ke suramadu di bangun oleh pp sedang dilaksanakan, pylon penyangga kable sudah berdiri dengan megahnya di sebelah approach sisi surabaya. Memang kok ditargetkan selesai tahun 2009 ini.

semoga jembatan ini mampu berfungsi sebagai mana mestinya. Semoga sisi madura bagian ujung suramadu yang dulunya sebelum di bangun ini agak terbelakang dalam hal transportasi sekarang mampu berkembang dengan dibukanya jembatan suramadu. Selain itu kita juga akan bisa menikmati musium suramadu yang akan dibuat.

Selamat juga buat Jasa marga yang akhirnya ditunjuk menjadi operator jembatan suramadu.

Just tell my story.

marsudiyanto said...

Kapan ya, bisa nglewati Jembatan Suramadu...

Dum said...

kapan ya ada jembatan Jawa - Australia? (haha)

Bandit Batak said...

Saya jadi pgn bgt mas ke madura, apalagi dengan adanya Suramadu itu.salut deh buat pemprov Jatim, saya sebagai org sumatera ngacungi jempol deh..

m4stono said...

moga2 gak lebih cepat lebih ambrol

afwan auliyar said...

semoga bener2 kokoh ...
dan berfungsi dengn baik :)
yg akhirny bener2 meningktkan kesejhteraan bg madura-surabya

olip said...

hemm... semoga membawa keberkahan ... untuk surabaya dan madura

DuniaPiyen said...

semoga tambah makmur....

SandiasA said...

yang paling penting, jangan sampe di sisi jalannya di pake buat jualan PKL
atau yg paling serem, buat ajang lomba bunuh diri.

kwkwkwkkw

kakve-santi said...

gak pernah tau...

bayar toh..?

Seputar Tips said...

akankah menyaingi kelegendarisan the golden bridge kelak? semoga saja...salam kenal..

aprie said...

jembatane kok koyo BARELANG nang Batam yo?

betewe kapan yo ono SURAMANTAN?
Surabaya - Kalimantan
dadine ki nek ono kopdaran aku iso melu ngono.
wakakakkakakaak..

Hendrawan said...

Wah.. kapan bisa kesana ya??

Wongndeso said...

Wah pingin kesana tapi belum ada wktu nih ...

Apih Yayan said...

nice info mas anang...kapan saya bisa ke sana y

ridwanox said...

jembatannya brgna disna amien...apiek2 ajah.....

dhodo said...

nice blog..goodluck

wongbagoes said...

Semoga memebri manfaat bagi masyarakat madura dan Jawa Timur umumnya...

dias said...

wes tau :D

Chimeng said...

lam nal

nggresik said...

Suramadu...nikmatilah "madu" nya

IYeeS said...

jadi pengen nyoba lewat situ mas... kapan ya?! hehe...

pasang iklan baris said...

akhirnya jadi juga jembatan suramadu yang kita tunggu2......:)

hendra said...

puuuuuuuuuaaaaaaaaaaaannjang tenan sob,
buset dah, dana yang dikeluarkanpun juga sangat besar, semoga tujuan dari pembangunan jembatan ini tercapai
monggo mampir, ntar di smbut tahu goreng...

endar fitrianto said...

aku rung pernah mrono. kuwi opo ono hubangane karo bulan madu?

alie said...

Thanks infonya mas anang tentang Suramadu ini, mudah-mudahan suatu saat bisa berjalan melewati selat madura di atasnya,

iephe said...

Kapan aku diajak ke Suramadu...?

Mahendrattunggadewa said...

setelah Suramadu, menunggu jembatan Merak-Lampung jadi.

baru kita lihat kejadian apa setelah itu...

pras said...

kapn bisa maen kesurabaya yah?kemaren pas lewat lum jadi..

bodaesmunti said...

bagus ga?

tukang nggame said...

matur nuhun file download suramadu-nya

Nach mad said...

Peresmiannya mengingatkan saya pada teman seangkatan Sipil UGM 88 Ir.Abdul Wahid (alm) , beliau lulusan tercepat di angkatan kami yaitu lulus tahun 1992 dengan judul skripsi analisis arus desain jembatan Suromadu dengan metode karakteristika dengan dosen pembimbing Prof. Dr. Ir. Budi WS, Dip.-HE. Setelah lebih dari 15 tahun proses studi dan pengusulan pelaksanaan, akhirnya jembatannya sekarang telah terbangun.
Semoga skripsi dan pemanfaatan

Anonymous said...

sura bisa diartikan tantangan, bila merujuk dari akar istilah surabaya dari kata sura ing baya yaitu tantangan dalam bahaya, cura dan bhaya sementara trunojoyo setelah marak dari cengkeraman kekuasaan mataram bergelar madu-retno jadi mungkin saja falsafah suramadu sudah menarik karena bisa diartikan sebagai tantangan trunojoyo….atau bagian timur yang tak pernah gentar…

Bisnisku said...

Akhirnya jadi juga, senang juga nih...

angga hendra said...

jadi nggak perlu naek kpal feri lg ya..lebih cpat..

-----
Belajar SEO para Pemula

Zebhi said...

Mas, lain kali klo bertualang lagi dijagain biar gak ilang. :D

Kirim Komentar Anda

Gunakan link dibawah ini jika form komentar tidak bisa digunakan
(Klik disini untuk mengirim komentar anda)

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)