Suramadu adalah kependekan untuk Surabaya dan Madura. Ya! Tepatnya nama ini menjadi nama sebuah jembatan yang memiliki panjang lebih dari 5 kilometer yang terbentang di atas selat Madura yang memisahkan pulau Jawa dan Madura.
Jembatan Suramadu adalah jembatan (dibangun dengan menggunakan semen Gresik yang kokoh tak tertandingi) yang menghubungkan antara Bangkalan Madura dengan Surabaya.
Tujuan dibangunnya jembatan ini adalah untuk mempermudah akses Surabaya Madura dan begitu pula sebaliknya Madura Surabaya, sehingga mampu meningkatkan pembangunan di pulau garam Madura yang notabene relatif tertinggal dibanding wilayah Jawa Timur lain di pulau Jawa.
Jembatan ini berukuran 5,5 kilometer dan terbentang di atas selat Madura. Rencananya jembatan ini akan diresmikan bulan ini setelah dikerjakan kurang lebih 6 tahun mulai tahun 2003 yang lalu.
Alhamdulillah beberapa minggu yang lalu saya dan rombongan tim TPC berkunjung untuk menikmati indah dan eloknya jembatan ini. Sambil naik perahu nelayan yang dialihfungsikan menjadi kendaraan wisata, saya, Nopy King Kong, Budiono Deteksi dan Dhadhang Khuclukz menyeberangi selat Madura sambil melihat-lihat betapa prestisnya jembatan terpanjang di Indonesia dan salah satu jembatan terpanjang dunia ini. Hehe..
Berikut ini adalah rekaman perjalanan si bolang TPC... Si bocah ilang TPC di jembatan Suramadu....
Baca Juga Artikel Berikut : Foto dan Video Jembatan Suramadu!
Melintasi Jembatan Suramadu
Video Jembatan Suramadu
Wuah Insya Allah Juli ke Suramadu ah hehehee jadi pengen ... duh Juli kok lama yah
ReplyDeletemingin-mingini!!!!!!... gggrrrrrrr.... (angry)
ReplyDeletewaw pengen ngerasain kesana juga... wah ada the king (lmao)
ReplyDeletesuramadu diharapkan bisa memperbaiki sektor transportasi serta ekonomi bagi para warga pulau madura ataupun surabaya
ReplyDeletesemoga jembatan ini bisa terawat dengan baik kelak
Investasi yang besar...manfaatnya pun besar
ReplyDeleteha.. ha.. ha.., kalo sumatra jawa susah yah, ada anak krakataunya :(
ReplyDeletepenasaran nunggu grand opening tanggal 10 besok. pingin tau seberapa keras ya hempasan angin thd pengendara motor di atas jembatan itu.
ReplyDeletesemoga jembatannya awet...
ReplyDeletekatanya sih tanggal 11 peresmiannya
ReplyDeleteaku ada rencana meliput neh
:)
Ngomongin soal suramadu jadi teringat pada saat KP(kerja praktek) beberapa waktu lalu.
ReplyDeletepada saat KP saya sempat menyaksikan kegiatan erection balok utama mulai dari proses jacking hingga erection, pada saat itu pekerjaan lantai mencapai pier 19 . Sehingga untuk pemasangan balok girder, pemasangan diafragma, pemasangan tulangan lantai hingga pengecoran plat lantai masih sempat menyaksikan.
sementara untuk pondasinya sendiri saya tidak sempat melihat pemancanngan tiang pancangnya, emang tidak melihat cara proses pelindungan korosi tiang (coating methode -nya), tapi saya masih sempat melihat pengecoran pilecap pada pier 34
saat pengecoran dilakukan dimalam hari, pergi kesana naik perahu mesin kecil, menariknya disini jika pengecoran di plat lantai, pengecoran dapat dilakukan dengan dua jalan, yang pertama dengan concrate pump dari mobil dan yang kedua concrate pump dari atas ponton, sementara kalau Pengecoran pierhad, pada saat itu pierhad 24, kan ditengah laut jadi harus pake ponton, saat itu digunakan 2 ponton, proses pengecorannya pun bertahap kalo nggak salah sampe 3 kali pengecoran pada hari yang berbeda. Mana saat pulangnya gelombang air lautnya sedang tinggi - tingginya, pokoknya itu pengalaman tak terlupakan, jam 3 pagi di tengah laut, ketampul - ketampul. Naik pier head puluhan meter, alhamdullilah.
Kebetulan saat itu saya KP hanya pada pekerjaan cause way saja, pada sisi surabaya saja. Saat itu cause way sisi surabaya dikerjakan oleh Wika, Hutama Karya (HK) dan Agrabudi dengan sistem join.
Sementara Cause way sisi madura dikerjakan oleh Adhi Karya dan Waskita Karya(alhamdulillah,tempat saya bekerja sekarang).
Suramadu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian utama yaitu cause way (sisi surabaya dan madura), approach bridge dan main span. untuk approach bridge yang bikin gabungan kontraktor indonesia (CIC) sementara untuk main spannya yang ada kabel stayed nya yang bikin bukan bangsa Indonesia tapi orang cina (CCC)semua.
Sedikit penilaian pribadi saya tentang main span ini, project ini kan dananya adalah pinjaman dari china, sementara pengerjaan untuk main spannya di syaratkan menggunakan jasa dari china juga, sudah pekerjaannya sedikit, progresnya akhir, upahnya itu lebih besar dari pada jika kita yang mengerjakan sendiri. Di pinjamin uang tapi larinya ke sana juga (memang untuk pemasangan kabel stayednya ini lebih sulit dibanding perkerjaan yang lain).
Terakhir kali ke sana, jalan akses surabaya ke suramadu di bangun oleh pp sedang dilaksanakan, pylon penyangga kable sudah berdiri dengan megahnya di sebelah approach sisi surabaya. Memang kok ditargetkan selesai tahun 2009 ini.
semoga jembatan ini mampu berfungsi sebagai mana mestinya. Semoga sisi madura bagian ujung suramadu yang dulunya sebelum di bangun ini agak terbelakang dalam hal transportasi sekarang mampu berkembang dengan dibukanya jembatan suramadu. Selain itu kita juga akan bisa menikmati musium suramadu yang akan dibuat.
Selamat juga buat Jasa marga yang akhirnya ditunjuk menjadi operator jembatan suramadu.
Just tell my story.
Kapan ya, bisa nglewati Jembatan Suramadu...
ReplyDeletekapan ya ada jembatan Jawa - Australia? (haha)
ReplyDeleteSaya jadi pgn bgt mas ke madura, apalagi dengan adanya Suramadu itu.salut deh buat pemprov Jatim, saya sebagai org sumatera ngacungi jempol deh..
ReplyDeletemoga2 gak lebih cepat lebih ambrol
ReplyDeletesemoga bener2 kokoh ...
ReplyDeletedan berfungsi dengn baik :)
yg akhirny bener2 meningktkan kesejhteraan bg madura-surabya
hemm... semoga membawa keberkahan ... untuk surabaya dan madura
ReplyDeletesemoga tambah makmur....
ReplyDeleteyang paling penting, jangan sampe di sisi jalannya di pake buat jualan PKL
ReplyDeleteatau yg paling serem, buat ajang lomba bunuh diri.
kwkwkwkkw
gak pernah tau...
ReplyDeletebayar toh..?
akankah menyaingi kelegendarisan the golden bridge kelak? semoga saja...salam kenal..
ReplyDeletejembatane kok koyo BARELANG nang Batam yo?
ReplyDeletebetewe kapan yo ono SURAMANTAN?
Surabaya - Kalimantan
dadine ki nek ono kopdaran aku iso melu ngono.
wakakakkakakaak..
Wah.. kapan bisa kesana ya??
ReplyDeleteWah pingin kesana tapi belum ada wktu nih ...
ReplyDeletenice info mas anang...kapan saya bisa ke sana y
ReplyDeletejembatannya brgna disna amien...apiek2 ajah.....
ReplyDeletenice blog..goodluck
ReplyDeleteSemoga memebri manfaat bagi masyarakat madura dan Jawa Timur umumnya...
ReplyDeletewes tau :D
ReplyDeletelam nal
ReplyDeleteSuramadu...nikmatilah "madu" nya
ReplyDeleteakhirnya jadi juga jembatan suramadu yang kita tunggu2......:)
ReplyDeletepuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaannjang tenan sob,
ReplyDeletebuset dah, dana yang dikeluarkanpun juga sangat besar, semoga tujuan dari pembangunan jembatan ini tercapai
monggo mampir, ntar di smbut tahu goreng...
aku rung pernah mrono. kuwi opo ono hubangane karo bulan madu?
ReplyDeleteThanks infonya mas anang tentang Suramadu ini, mudah-mudahan suatu saat bisa berjalan melewati selat madura di atasnya,
ReplyDeleteKapan aku diajak ke Suramadu...?
ReplyDeletesetelah Suramadu, menunggu jembatan Merak-Lampung jadi.
ReplyDeletebaru kita lihat kejadian apa setelah itu...
kapn bisa maen kesurabaya yah?kemaren pas lewat lum jadi..
ReplyDeletebagus ga?
ReplyDeletematur nuhun file download suramadu-nya
ReplyDeletePeresmiannya mengingatkan saya pada teman seangkatan Sipil UGM 88 Ir.Abdul Wahid (alm) , beliau lulusan tercepat di angkatan kami yaitu lulus tahun 1992 dengan judul skripsi analisis arus desain jembatan Suromadu dengan metode karakteristika dengan dosen pembimbing Prof. Dr. Ir. Budi WS, Dip.-HE. Setelah lebih dari 15 tahun proses studi dan pengusulan pelaksanaan, akhirnya jembatannya sekarang telah terbangun.
ReplyDeleteSemoga skripsi dan pemanfaatan
sura bisa diartikan tantangan, bila merujuk dari akar istilah surabaya dari kata sura ing baya yaitu tantangan dalam bahaya, cura dan bhaya sementara trunojoyo setelah marak dari cengkeraman kekuasaan mataram bergelar madu-retno jadi mungkin saja falsafah suramadu sudah menarik karena bisa diartikan sebagai tantangan trunojoyo….atau bagian timur yang tak pernah gentar…
ReplyDeleteAkhirnya jadi juga, senang juga nih...
ReplyDeletejadi nggak perlu naek kpal feri lg ya..lebih cpat..
ReplyDelete-----
Belajar SEO para Pemula
Mas, lain kali klo bertualang lagi dijagain biar gak ilang. :D
ReplyDelete