Tutorial Cari Uang

Tuesday, December 02, 2008

Bloglines vs Google Reader

LAYANAN RSS FEED READER MANA YANG TERBAIK ?
Relatif dan Subjektif, Tergantung Pengguna


Oke, sekarang akan coba saya menulis hutang posting tentang perbandingan antara dua RSS Feed Reader favorit, Google Reader dan Bloglines.

Posting ini menyambung posting sebelumnya tentang bloglines yang lebih dulu hadir di blog biru ini.

Sebelumnya anda bisa membaca posting lengkap perbandingan antara Google Reader dengan Bloglines Beta disini. Disitu disuguhkan perbandingan antara keduanya tiap fasilitas yang disuguhkan masing-masing layanan feed reader itu.

Di blog biru ini saya coba akan meringkasnya saja. Bagian-bagian mana saja yang penting (menurut saya) dan sebagian adalah pendapat pribadi saya semata.

Proses Pendaftaran / Sign Up : Google Reader adalah jawaranya. Proses pendaftaran pada Google Reader cukup mudah, cukup dengan memiliki akun Google kita bisa menikmati layanan feed reader ini. Berbeda dengan Bloglines yang mengharuskan kita memasukkan username, email dll.
Memang Google jawara masalah ini, semua layanan berprospek bagus pasti disikat nanti jadi satu dengan Google akun. Youtube? Blogger? Yahoo? Microsoft? dll.. Hihi..

Menambah Blog Langganan : Google Reader lebih unggul karena feed otomatis dicari cukup dengan memasukkan URL. Pada bloglines jika feed lebih dari satu maka user harus memilihnya secara manual.
Subjektif sih, dengan Bloglines kita bisa memilih satu diantara banyak feed pada satu blog, kita bisa tahu mana feed yang error, mana yang updatenya lambat, mana yang cepet. Kalau otomatis, kita tidak akan pernah tahu pada hal seperti itu

Membaca Artikel Feed : Bloglines non Beta lebih yahud, meski sering error namun ketika load artikel cukup cepat. Berbeda dengan Google Reader yang berbasis Ajax dan karena tidak ada mode HTML, maka sering kali gagal meload artikel karena fakir bandwidth atau koneksi tidak mendukung. Google Reader tidak cocok untuk koneksi internet yang payah...
Faktor ini yang membuat saya masih lebih cenderung memilih Bloglines ketimbang Google Reader, meskipun sebenarnya saya memakai keduanya lho!

Akses Mobile : Dengan m.bloglines.com kita bisa mengakses layanan rss feed reader ini dalam genggaman tangan melalui layar HP. Untuk Google Reader jika kita memasukkan URL reader.google.com pada HP kita maka otomatis akan ditampilkan sepuluh artikel terbaru. Keunggulan Bloglines adalah berafiliasi dengan Skweezer sehingga membuatnya lebih mudah diakses di HP pada modus Skweezer.
Disinilah keunggulan Bloglines yang saya rasakan. Mobile Bloglines masih lebih bagus ketimbang mobile Google Reader.

Kesimpulan akhir adalah mana yang baik antara Bloglines atau Google Reader adalah hal yang relatif dan sangat subjektif, dan pada akhirnya kembali kepada penggunanya. Begitu pula sama seperti perbandingan antara Blogspot dengan Wordpress. Toh, semuanya akan kembali ke kita, pengguna. Ya kan?

Kalau saya lebih suka menggunakan bloglines dengan alasan tertentu (dengan mengeyampingkan faktor x lainnya), selain Google Reader tentunya, karena memang saya memiliki akun di dua layanan feed reader itu. Begitu pula dengan Blogspot dibanding Wordpress. Saya memiliki blog di Blogspot dan Wordpress. Semua bagus, hanya kadar 'kesukaan' saja yang berbeda 'tipis'... Hahaha...

Sekali lagi ini pendapat pribadi saya semata... Kalau ada sanggahan, sangkalan, mengiyakan, menyetujui, dan atau opini lainnya silahkan masukkan di kolom kotak komentar blog biru ini ya....!

NB: Anda pengen berlangganan posting terbaru blog biru ini? Gampang...
* Melalui Bloglines, anda bisa klik disini untuk berlangganan.. Bila belum mempunyai akun di bloglines silahkan mendaftar dulu.
* Melalui Blogger Follower, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada disini.
* Melalui Google Reader, login akun google reader dan klik 'Add subscription' lalu masukkan URL blog atau situs tersebut.

53 comments:

  1. Hassyyuuu ki...jare kon mrawani...jebul wes ra prawannn...kampret....

    ReplyDelete
  2. Masalah sing mbok bahas kuwi aku ora mudeng tur yo ra urusan...wong aku ra melu loro2ne...hahahaha....

    ReplyDelete
  3. klo ngeposting 2 hari sekali ya mas anang?

    ReplyDelete
  4. Aku yo nduwe aku blogline, tapi lebih sering pake g-reader. Soale males nek kudu login2 maneh

    ReplyDelete
  5. wow..tutorial-e duowo-ne cak...:p
    mtrnwn :)

    ReplyDelete
  6. setuju sama lo nang, gw juga lebih nyaman pake bloglines.

    ReplyDelete
  7. bgs semua sih..tp kyknya bloglines tuh...

    ReplyDelete
  8. GOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOGLE !!!

    ReplyDelete
  9. Google Reader is de bes.
    Jadi satu akun ama GMail dan Layanan Gugel lainnya.

    ReplyDelete
  10. aku daftar di bloglines kok g dapet widgetnya ya? spt tombol bloglines punya mas anang? apa bikin ndiri? xixiixixi

    ReplyDelete
  11. aku pake google reader, tapi email tetep di yahoo haahha

    ReplyDelete
  12. bensin langka (loh kok ngomongin bensin,,,,,))
    tidak,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1
    (gak nyambung mode on)

    ReplyDelete
  13. katanya harga bensin sudah turun, tapi ko malah langka sih..
    trus pada beralih ke Pertamax karena harganya yang beti (beda tipis) tapi giliran dateng ke sini Pertamax selalu abis.
    hahahahahaha....

    ReplyDelete
  14. Jadi inget obrolan saya sama Anang kemarenan sore soal ini.

    Saya masih setia dengan Google Reader :D

    ReplyDelete
  15. baru kemaren nulis gak pernah error readerku, eeee hari ini error. gak bisa BW deh

    ReplyDelete
  16. aq juga lebih sering pake blogline

    ReplyDelete
  17. lebih suka pake google reader :)

    ReplyDelete
  18. dulu waktu kinja masih ada, sih pakenya itu.. sekarang pake feeling aja.. :D

    ReplyDelete
  19. aku punya bloglines tapi enggak tau cara pake nya wkakakakaka.. gaptek sih..
    jadi pake google reader aja deh..

    ReplyDelete
  20. Saya tetep masih betah pake feed reader desktop. Huhu...

    ReplyDelete
  21. sya pilih bloglines... cepat, dan akurat. hehehe...
    memang sih, saya tetep harus mengunjungi blog ybs kalau ingin komentar.

    ReplyDelete
  22. Wes aku pokok e manut ae opo jare boz e......

    ReplyDelete
  23. Kalo saya lebih milih Google Ranger, soalnya idola saya POWER RANGER, hehehe...... Mati Aja Loe

    ReplyDelete
  24. Enak google reader.... :D

    ReplyDelete
  25. harga bensin turun, tapi pertamax kok entek kiranya karna diborong sendiri sama penadahnya hehe..(maap mau komen agak mutu terkait isi postingan kok ora iso..ngawuurr..).

    ReplyDelete
  26. sayah masih lebih menikmati pakai blog follower sajah

    ReplyDelete
  27. mas anang, blog e sampean iki wes piro goglerank e byuhh.. jan trkenal bangett haree.. seantero jagat

    ReplyDelete
  28. iki tentang opo to maz..qku ko gag mudenk yo..

    ReplyDelete
  29. Terimkasih infonya Mas...
    Salam kenal

    ReplyDelete
  30. enakan google reader... ga ada salahnya dicoba sih... manztab...

    ReplyDelete
  31. cuma pake gugel rider aja...
    bagi saya udah cukup... :p

    ReplyDelete
  32. aku jadi milih di bloglines

    keliatan simpel aja

    matur nuwun inponya

    ReplyDelete
  33. aku wen njajal mas, aku pilih google reader ae :P

    ReplyDelete
  34. sayah pake gugel rider... malahan sayah ga tau apaan blogline.. hihihi... maab newbie

    ReplyDelete
  35. aku belum pernah coba yang ginian kayaknya kang :(

    ReplyDelete
  36. waktu anak-anak dq seneng nonton GOGLE V mas..suerrr

    ReplyDelete
  37. Owww..... Kok sedang melakukan review yang sama yak.. heehehe

    ReplyDelete
  38. aku saiki milih gugel rider nang... babahno nek ndik hape metu kabeh, tapi sing penting jarang error...

    ReplyDelete
  39. tetep google reader,^^

    yeach, pan followers otomatis masuk ke sana juga.. :D

    ReplyDelete
  40. thx infonya mas...


    Mas titip link ya >> http://dewamira.blogspot.com
    Yang suka maen games n donlod software,masuk aja..gratiss koq..^^

    ReplyDelete
  41. berhubung saya tipikal wanita yang setia, saya tetep pilih google reader, apapun yang terjadi. *halahh oot* hehehe.

    ReplyDelete
  42. Blog lines tutup usia
    http://www.cipstuff.com/2010/10/selamat-jalan-bloglines.html

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)