Tutorial Cari Uang

Thursday, August 14, 2008

Sepakbola dan Radio

KETIKA SEPAKBOLA HANYA ADA DALAM SUARA DAN IMAJINASI

Ya.. Salah satu kenikmatan dalam menjadi saksi pertandingan sepakbola adalah mengikuti jalannya pertandingan tersebut dari awal sampai akhir pertandingan. Dari peluit tanda kick-off babak pertama dimulai hingga peluit panjang tanda pertandingan babak kedua telah berakhir (dan berlanjut hingga perpanjangan waktu atau bahkan adu penalti). Itulah seninya menyaksikan pertandingan sepakbola. Kalau kita hanya tahu skor akhir saja, rasanya kurang greget gimana gitu tanpa dibarengi dengan mengerti seperti apakah pertandingan itu berlangsung tadi...

Semakin majunya perangkat telekomunikasi, televisi pun menghadirkan pertandingan sebelas lawan sebelas dengan satu buah bola di lapangan berumput hijau. Tak perlu susah-susah lagi mengantri tiket dan berdesak-desakan dengan ribuan bahkan puluhan ribu suporter yang hendak menyaksikan pertandingan sepakbola secara langsung di stadion. Tentunya dengan catatan bahwa pertandingan itu disiarkan secara langsung di televisi. Hehe....

Melalui tayangan pertandingan sepakbola di televisi, kita bisa dimanja dengan gambar-gambar dari beberapa sudut kamera yang terpasang di stadion. Berbeda halnya ketika kita menyaksikannya secara langsung di stadion. Sekali kita dapat tempat duduk di belakang gawang, selama 90 menit pertandingan itu pula kita hanya bisa menyaksikan pergerakan bola yang menjauh-mendekati kita dan dua orang penjaga gawang yang menghadap-membelakangi kita kekekekeke....

Nah, jauh sebelum televisi hadir memanjakan mata kita, telinga kita terlebih dahulu dimanjakan oleh siaran sepakbola di radio. Saya sering sekali dulu sewaktu masih kecil dan mengaku sebagai BONEK tak mau ketinggalan info pertandingan yang dilakoni si bajul ijo. Jika tidak menyaksikan di Gelora 10 Nopember Surabaya serta televisi tak menyiarkan pertandingannya secara langsung, maka otomatis siaran radio pun menjadi jalan untuk tetap bisa terhubung dengan suasana yang ada di stadion.

Jika tayangan bola di televisi mampu menghadirkan suasana yang ada di stadion dari yang awalnya berupa gambar bergerak dalam bentuk dua dimensi di layar televisi menjadi bentuk tiga dimensi seperti apa yang ada di stadion. Lain halnya dengan siaran sepakbola di radio, untuk membuatnya menjadi gambaran tiga dimensi yang nyata diperlukan sebuah imajinasi di otak yang pada akhirnya akan menerbitkan sebuah sensasi menyaksikan pertandingan secara live di stadion.

Satu hal yang khas dari siaran bola radio adalah semangat yang amat sangat menggebu-gebu sekali... Berteriak lantang penuh semangat untuk menceritakan secara detail apa yang sedang terjadi di lapangan.

Nah, berikut ini adalah salah satu transkrip beserta cuplikan siaran pertandingan bola via radio yang berhasil saya rekam.

"...untung saja disitu Jordi dapat dengan cepat mengantisipasi bergulirnya bola, masih Jordi, lampaui garis tengah, berikan saja kepada salah satu rekannya Andi Odang, kembalikan kepada Jordi, melebar ke kanan Anang Ma'ruf ada disana, masih di daerah Persebaya, melakukan serangan sekarang, mencoba memberikan umpan kepada Purwanto, melebar ke kanan, ada disana Mohammad Wafi, kembalikan lagi kepada Javier,...".

"...mencoba Anderson mengambil tadi tapi gagal, berputar-putar umpan maksudnya kepada Christoper tetapi kandas di kaki Hendro Kartiko, Hendro Kartiko, Taufik kembalikan kepada Hendro, Lucky Wahyu sekarang, mencoba kerjasama dia Lucky Wahyu sekarang mencoba kerjasama Lucky Wahyu dengan Anang Ma'ruf,..."

Dan akan lebih lantang lagi kala terjadi pelanggaran, tendangan meleset, terkena mistar gawang atau mampu ditepis...

"...dengan Aris, masih berkutak-kutik dengan kaki kirinya, terlampau tajam diberikan ke tengah, Andi Odang, berbahaya!!! Owh sayang sekali Purwanto tadi mencoba mengheading, namun bola masih sempat dikejar oleh penjaga gawang Effendi, dan kembali bola dikuasai oleh Lucky Wahyu, Persebaya Surabaya kerjasama dengan Taufik!!! Terjatuh di sektor gelandang!!! Terlihat sekali didorong oleh pemain Gresik United,..."

"...masih Andi, langsung ke gawang!!! Ohh!!! Belum menyentuh garis!!! Lepas!!! Tidak ada pemain Persebaya Surabaya!!!,..."

Dan akan menjadi lebih lantang lagi saat terjadi gol!!

Goooolllllll....!!! Sodara-sodara!!! Goooooollll...!!!

Klik untuk mendengarkan





Download link:
08-08-09_17-05-43.mp3
08-08-09_17-08-50.mp3

68 comments:

  1. wah, sekarang udah jarang lagi ngeliat orang-orang yang ngumpul dekat radio sambil konsentrasi membayangkan apa yang terjadi di stadion..

    jadi ingat jaman dulu waktu ngumpul bareng orang-orang gede di warung kopi sambil dengarin pertandingan di radio..

    thanks mas, sama rekamannya yang ngobatin kangen sama masa kecil dulu..

    aku ngelink ya mas...
    udah ku pasang di blog ku

    ReplyDelete
  2. ya uston di bayang2i oleh javier rocca ..apa yang terjadi oh..tidak rupanya terjadi gol bunuh diri ke ke ke

    ReplyDelete
  3. anang ma'ruf menggiring bola. umpan kepada anangku, ah ternyata dia bukan anangmu, umpan lagi kepada anang mereka ... tendang ... daaan..... membentur mistar gawang sodara sodara .... mari kita bertobat ...*halah* :D:D:D

    ReplyDelete
  4. nonton bola lewat radio emang cocok buat orang kere kayak saya...

    ReplyDelete
  5. Persebaya wingi menang mas, 2-1, padahal nang kandangè persis.
    Awak dwe boleh beda dukung tim di liga inggris, tapi tettep ndukung persebaya..

    ReplyDelete
  6. keren-keren...
    asli keren.. hahahaha...

    ReplyDelete
  7. Lah mas, kalo di Radio, kita bisa lebih berimjinasi lebih dalam dan Tinggi loh.Ingat pas jaman cerita Tutur Tinular saya masih SD. Lah pas jadi Film kok kecewa berat yah. Lain ama di Radio

    ReplyDelete
  8. wah,wah lucu banged mas, yang membikin lucu, adalah ketika melihat wajah teman kita, saat sedang seru, pasti wajah mereka terlihat sangat serius, hahaha :)

    ReplyDelete
  9. yg baca juga jadi berimajinasi nang :D

    aku sendiri lbh suka mendengar+ imajinasi (buku, musik) drpd visual (tv, film)

    ReplyDelete
  10. lewat radio, aku dengarkan.. ehehehe seru tu dengerin lewat radio malahan berasa lebih hidup menyimaknya:D

    ReplyDelete
  11. Tetap nggak ada yang ngalahin SAMBAS reporter bola jaman dulu..

    ReplyDelete
  12. Sep sep....sebenernya lebih bagus mendengarkan siaran sepak bola lewat radio mas nang...Soalnya bisa melatih ketajaman imajinasi kita...Oeke dech....

    ReplyDelete
  13. yang nggak abis pikir,aq dulu sering liat persebaya main di gelora 10 nop. banyak penontonnya yang bawa radio, padahal juga nonton dilapangan, heran deh!

    ReplyDelete
  14. Sing dadi komentator sampean kang ??

    ReplyDelete
  15. saya ngalamin sendiri mas pas PON kemaren
    berhubung nontonx kurang jelas jadi liat bola sambil dengerin radio biar tambah seru...
    hahahaha..

    ReplyDelete
  16. emang paling enak kok, nonton sambil dengar siarannya...

    ReplyDelete
  17. Wah blognya mas Anang emang manthap..GOLLLLL !!!! Merdeka !!! hehehe om.. aku kangen link lagu2nya neh ... dipindahin kemana ya? Emailin alamatnya ya mas.....

    ReplyDelete
  18. mang kamu msh suka ndengerin siaran langsung sepakbola lewat radio Nang ?

    ReplyDelete
  19. kalu menurut saya lebih enak nonton bola pake tv

    ReplyDelete
  20. kadang terlalu hiperbola juga sih :D

    ReplyDelete
  21. kadang mendengar sambil berimajinasi sendiri jadi lebih HOT ;)

    ReplyDelete
  22. Dulu pernah denger RRI Surabaya yang lagi nyiarin live Persebaya lawan siapa gitu lupa... terus di TV ternyata juga lagi disiarin. Terus aku bandingkan, ternyata di TV pemainnya lagi santai-santai aja...

    Tapi si komentator RRI ributnya minta ampun kekekekekek... :P Itulah seninya radio :)

    ReplyDelete
  23. Wekekekee. ini mah jaman baheula kalee... sekarang orang mending rame2 nonton di tipi...
    Inget jaman dulu siaran di radio emang seru banget tuh...

    ReplyDelete
  24. @ Elys Welt : kadang-kadang aja, mbak. yang sering ya nonton di tivi.

    @ Hedi : justru semakin hiperbolik, itu yg semakin menarik wkwkwkwk..

    @ all : tapi bener kata temen-temen yg komen tuh, dengerin bola di radio memang lebih berasa gimana gitu, memancing imajinasi. hehe... gool goooll..

    ReplyDelete
  25. Reporternya emang pinter bawakan liputannya sehingga pendengar asyik dengan imajinasinya masing2. Kalau terjadi gol, serentak teriak dengan riuh dan ramai. Ekspresi yang diperlihatkan kurang lebih sama.

    ReplyDelete
  26. waaa.. apalagi nek ngrungoknene bareng-bareng wong akeh. radione dideleh tengah, diubengi wong-wong karo turu klesotan.. seru tuh..

    ReplyDelete
  27. waaa.. apalagi nek ngrungoknene bareng-bareng wong akeh. radione dideleh tengah, diubengi wong-wong karo turu klesotan.. seru tuh..

    ReplyDelete
  28. Siaran langsung gerhana matahari di radio (waktu itu Juni 1983, gerhana matahari total di jawa tengah disiarkan langsung RRI) juga nggak rame. Gimana ngerasainnya?? :D

    ReplyDelete
  29. hendro mengoper ke GK..GK meliuk-liuk. solo run dia...anang mengejar sekuat tenaga..dan te....crotttttttttttttttt saudara-saudara..

    ReplyDelete
  30. wwwwhhhh.....ntar lagi di mlg juga akan ada pertandingan bola....seru...

    ReplyDelete
  31. jago Aremania...hhehehee

    ReplyDelete
  32. jaman2 bola disiarkan lewat radio itu masa2 keemasan bung sambas. hehe...

    ReplyDelete
  33. klo liyat liga indonesia di tipi, saya sering menekan tombol "mute" pada remote kekeke...
    abis brisik banged n berlebihan itu suara komentatornya :-P

    ReplyDelete
  34. hihihihihihi..seru juga ndenger bola lewat radio..
    tapi hati2 salah2 karena gemes radionya dilempar...

    ReplyDelete
  35. bah, kenapa pulak nih aku punya ID credentials could not be verified

    ReplyDelete
  36. uuuh udah ah.lupa td nulis apa. ilang komennya

    ReplyDelete
  37. Apapun bentuknya kalo sepak bola mah tetep aja keren, mau komentator nya jelek, pake suara doang, pasti tetep aja ada yang mau nikmatin

    ReplyDelete
  38. hehehe jadi ingat dulu saya nonton pertandingan persib di tv pake suara radio, jadi suara di tv dimatikan, dan radio dinyalakan.. makin asik!

    ReplyDelete
  39. komentator radio sepertinya memerlukan energi lebih dari komentator tv :P

    ReplyDelete
  40. bayangkan kalo siaran tinju lewat radio!
    gimana pula kalo catur?
    :D

    ReplyDelete
  41. benar mas kalo aku dengar dari radio aku pasti langsung bayangin pertandinganyya gimana :D

    ReplyDelete
  42. bravo Ijoo........!!!!

    ReplyDelete
  43. Wahahaha... khas banget...

    GOOOOLLLL.... Sebuah mukjizat saudara-saudara.... kalo di radio saya sampe segitunya.... kekekekek

    ReplyDelete
  44. dalam istilah radio itu disebut theathre of mind, bener gitu gak inggrisnya? xixiixix

    ReplyDelete
  45. menyedihkan yach kalo cuma bisa ndengerin doank

    ReplyDelete
  46. he...he... rame banget ngomongnya ya... penjual obat aja kalah dech kayaknya...he..he..

    ReplyDelete
  47. maksudnya baikkkkkkkkkkkk...

    ReplyDelete
  48. jadi teringat iklan perdana 3

    seperti siaran sepak bola lewat radio....!

    ReplyDelete
  49. Zaman penjajahan Jepang dulu radio milik rakyat disegel lho.

    ReplyDelete
  50. Pernah ada yang meramalkan bahwa dengan munculnya era televisi, radio akan mati. Nyatanya? Sampe detik ini, radio mampu hidup berdampingan dengan televisi.

    btw, itu komentator bolanya heboh banget, yak?

    ReplyDelete
  51. mas anang maen bola yah, namanya kok di sebut2

    ReplyDelete
  52. ini gue lagi baca blog.. apa lagi di lapangan bola yak ????? hahaha.. *clingak clinguk*

    ReplyDelete
  53. Kalo ngedengerin siaran sepakbola di radio emang kadang bisa lebih seru dibanding nonton langsung. Tapi itu tergantung sama penyiarnya bisa mendeskripsikannya secara jelas, bagus, dan akurat apa nggak...

    Lah gimana kalo penyiarnya ngomong gini...
    "mencoba Anderson mengambil tadi tapi gagal, berputar-putar umpan maksudnya kepada...ee...siapakah itu yang mengambil ya ? Ah lupakan, lalu dioper kepada si...yang berkepala botak.."

    Bisa gawat kalo gitu...

    ReplyDelete
  54. hehehehe...nggak suka bola. Tapi suka ama pemainnya.

    ReplyDelete
  55. Saya masih suka nonton Bola Di Tivi tapi tambah asik juga klo dengar di radio. gak tahu kenapa padahal saya masih muda malah demen dengar di Radio >_>


    tapi di luar sana juga biasanya pake Radio khekhekhekhe

    anang membawa blog, di ketik ke kanan, di hapus ke kiri, mencoba mengimajinasikan dan
    ah. . . . . . gagal di tuliskan kedalam blog sodara-sodara (Bola dalam Blog :p )

    ReplyDelete
  56. TELAH DITEMUKAN RAHASIA SUKSES CARA MENGHASILKAN UANG PULUHAN JUTA LEWAT INTERNET.
    TERNYATA KITA JUGA BISA ....
    JANGAN LEWATKAN ... !!!!!
    http://www.formulabisnis.com/?id=D12NK

    ReplyDelete
  57. ndak suka nonton bola.. hehe..

    ReplyDelete
  58. sekarang nonton siaran tv kn bisa lewat hp. trims teknologi......

    ReplyDelete
  59. hidup sempak bola.............

    ReplyDelete
  60. ,go sepak bola go
    ,garuda sepak bola tetap maju jangan pantang menyerah?

    ReplyDelete
  61. wah enakan nonton bola lewat tv gan...lebih asyik

    ReplyDelete
  62. hahaha.....sensasinya gak kalah sama nonton langsung di stadion
    ini jadi pilihan alternatif jika saya tidak bisa nonton sepakbola langsung di stadion atau di Tv

    ReplyDelete
  63. ya uston di bayang2i oleh javier rocca ..apa yang terjadi oh..tidak rupanya terjadi gol bunuh diri ke ke ke

    ReplyDelete
  64. wah ternyata seru juga liahat sepak bola lewat radio..jadi penasaran

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)