Tutorial Cari Uang

Thursday, October 23, 2008

Update Google Pagerank (4)

PENUTUP TETRALOGI TENTANG PAGERANK

Posting ini merupakan episode terakhir yang sekaligus menjadi penutup sekuel tetralogi tentang update google pagerank di blog biru ini. Jadi tidak hanya novel laskar pelangi yang punya tetralogi... Wkwkwkwk....

Di tiga posting sebelumnya saya mencoba mengulik serta menganalisa fenomena menarik yang muncul seiring dengan nilai pagerank yang saling naik turun di banyak blog maupun situs website di jagad maya ini.

Kita ternyata bisa menemukan banyak praduga dan sangkaan tentang apa saja faktor-faktor yang menjadi sebab dan mempengaruhi bagaimana fluktuasi atau pergerakan nilai google pagerank.

Saya mencoba merangkum kembali tentang uneg-uneg dan keresahan yang coba saya hadirkan dalam bentuk tulisan di blog biru ini. Di posting pertama, saya mencoba menerka pengaruh semakin kotornya hasil pencarian Google yang notabene adalah mesin pencari nomer wahid saat ini. Kemudian topik tentang korelasi antara nilai pagerank dengan paid review serta praktek penjualan nilai pagerank telah saya bahas di posting kedua. Selanjutnya pada artikel ketiga tentang pagerank, saya mencoba menelisik bagaimana pengaruh implementasi dofollow terhadap nilai pagerank.

Namun, saya menyadari bahwa masih ada banyak hal yang masih belum bisa terungkapkan lewat pembahasan singkat nan menarik tentang pagerank ini. Misal, bagaimana pengaruh usia domain atau banyaknya artikel terhadap pagerank, kualitas backlink, faktor keberuntungan, dan masih banyak lagi faktor lain yang bisa meningkatkan atau menurunkan pagerank.

Berpengaruhkah Usia Domain dan Banyak Posting?

Singkat saja, usia domain 'dianggap' mempengaruhi karena sebuah domain akan memerlukan waktu untuk terindeks Google dan mengalami revisi nilai pagerank. Ketika sebuah blog sudah terindeks maka blog itu sejatinya memiliki nilai pagerank tertentu di setiap halaman yang telah terindeks, dan bukan 0 (nol) seperti yang ditampilkan pada pagerank halaman utamanya.

Taruhlah, hubungan antara blog kita dan Google diibaratkan sebagai sebuah hubungan pertemanan, maka semakin lama kita kenal dan menjadi teman akan semakin akrab pula persahabatan kita dan Google, bukan? Dan ini adalah kesempatan kita mendapat 'hadiah tak terduga' dari Google, berupa naiknya Pagerank. Sebuah analogi yang konyol, hahaha.... Tak apalah...! Ada benarnya juga kok... Wkwkwkwk....

Faktor banyaknya artikel konon juga menjadi mitos bahwa ini menjadi pengaruh dalam menaikkan pagerank. Apalagi jika artikel itu berkualitas tinggi, maka backlink pun akan berdatangan sendiri. Begitu mungkin ya? Entahlah, barangkali ada yang mau menambahkan alasan mengapa hal ini berpengaruh?

Anomali dalam Penilaian Google Pagerank

Bagaimanapun juga perlu ditekankan kembali bahwa Pagerank adalah hak prerogatif dari Google. Hanya Google (dan karyawan-karyawan Google) yang tahu bagaimana formula sesungguhnya dari Google Pagerank serta kebijakan-kebijakan yang diambil terkait dengan 'pelanggaran' atau hal-hal yang bisa menjatuhkan nilai Pagerank atau 'penghargaan' berupa reward 'naik kelas' nilai Pagerank. Sekali lagi, semuanya hanyalah Google yang tahu..

Sehingga pada akhirnya kesimpulan ini akan membawa kita pada suatu kenyataan bahwa semua analisa yang kita lakukan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Pagerank akan dengan sangat mudah dipatahkan oleh adanya anomali pagerank ini. Hihihi.....

Anomali Pagerank ini merupakan kejadian aneh dan ajaib yang berlawanan dengan pola pikir kita terhadap faktor yang mempengaruhi pagerank, seperti backlink, konten, dan lain-lain.

Banyak contoh yang menggambarkan anomali pagerank ini. Sebagian dari anda para pembaca blog biru ini mungkin pernah tahu atau bahkan mengalami sendiri anomali pagerank ini....!!

Misalkan saja, sebuah situs yang hanya memiliki satu posting karena tidak pernah diupdate lagi mampu memperoleh nilai pagerank 2. Dan yang lebih gilanya lagi, satu posting itu hanya berupa posting hello word yakni posting standar pertama kali saat kita mendaftar blog.

Contoh lain adalah, satu orang yang memiliki dua blog, masing-masing blognya diperlakukan berbeda. Blog pertama ia kelola dengan sungguh-sungguh sehingga tak heran jika mendapat backlink dan trafik bejibun, sementara blog satunya dibuat dengan asal-asalan dan tak pernah mendapatkan backlink dari blog lain. Dan faktanya, blog yang dibuat 'asal jadi' itu memperoleh pagerank yang lebih besar daripada blog yang dengan susah payah ia kelola. Hm.... Kita tentunya akan mengerutkan dahi dan bergumam, "Kok aneh ya?!,".

Intinya Mari Kembali ke Konten Blog, Karena Nyawa Blog Ada Pada Konten

Nah, kita sampai pada kesimpulan akhir tentang Google Pagerank. Google Pagerank ini merupakan penilaian sepihak yang sangat subjektif dari Google. Apalagi penilaian ini dilakukan oleh komputer dan kemungkinan adanya error itu selalu ada, meskipun kecil.

Jadi, mari kita kembali ke konten. Kita perbaiki konten yang ada di blog dulu, karena nyawa dari blog itu ada pada konten, seperti yang pernah dikatakan oleh Budi Putra, seorang full-time blogger Indonesia.

Budi Putra pernah mengatakan bahwa untuk membuat blog kita menjadi lebih hidup diperlukan tiga cara. Pertama posting secara teratur. Dengan posting secara teratur maka pengunjung pun akan datang secara teratur..... Dan jangan lupa harus original....! Sesuatu yang original itu pasti lebih asyik dibaca. Kedua adalah membuat isi blog itu bermanfaat bagi orang lain. Apakah posting kita bermanfaat bagi orang lain? Karena ketika blog itu memberikan manfaat bagi orang lain, maka orang lain akan senang untuk kembali lagi di blog kita. Ketiga adalah tulis dengan bahasa yang rapi, runut dan baik. Cerita selengkapnya tentang konsep blogging ala Budi Putra maupun Enda Nasution bisa anda baca disini.

Dengan menjaga dan meningkatkan kualitas konten blog, maka kita pun akan mendapat balasan yang setimpal. Trafik akan datang dengan sendiri dengan semakin loyalnya para pembaca serta pengunjung akan berdatangan dari segala penjuru mesin pencari dan dari pelosok jagad maya.

Yuk kembali ke konten yuk.....!!!

Posting Terkait :
Update Google Pagerank (1)
Update Google Pagerank (2)
Update Google Pagerank (3)
Update Google Pagerank (4)

84 comments:

  1. wah baru ini anang iso memuaskan akuhhh !!!! wes bos wes puassss akyuh :D

    ReplyDelete
  2. @ mantan kyai : kampret!! bales dendam yo!

    ReplyDelete
  3. kembali ke "konten" ya mas?, hmmm.., saya (yang masi newbie ini) coba deh.., thx pencerahannya.. :)

    ReplyDelete
  4. hmmmm.... anomali yang aneh yak mas, ya saya serahkan semua kepada di atasnya Google.... wekekekke yang penting tetap posting dan exist ajah....

    ReplyDelete
  5. @ spydeeyk & [googleholic] : sip! :D

    @ subagya : yap... yang penting tetep posting....

    ReplyDelete
  6. wow\ooe.. blogku ndik kene gak iso dibukaak....

    gugel pagerank, ah, saiki aku gak glek ngono-ngonoan, sing penting nulis sing apik, ne masalah PR, dapat alhamdulillah, nggak dapat ya wasyukurilah.. wekekeke...

    ReplyDelete
  7. hehehe betul mas, KONTEN itulah daya tarik sebuah blog :)

    itulah alasan kenapa Panda betah disini :)

    ReplyDelete
  8. @ Dzofar : dari kemaren ngeluh aja ndop... hehe... sabar! sip! yang penting nulis aja...

    @ Panda : selain tema dan design tentunya ya!

    ReplyDelete
  9. gw banget! blog yang gw rawat PR turun dari 4 jadi 2. Sementara domain yang gw beli pas bulan puasa kemaren, isinya kosong dan baru diinstall wordpress dengan tampilan hello world doang, sekarang PR-nya 3. Memang google yang aneh! huhuhu

    ReplyDelete
  10. @ ichanx : google yang aneh, atau anda yang beruntung?

    ReplyDelete
  11. Sejak awal sy ngeblog, sy termasuk orang yg ngga peduli dgn pagerank.. itu sebabnya tulisan pd blog sy sedikit sekali berhubungan dgn seo..

    makacih suhu atas di muatnya artikel ini..

    nb

    selain content sebenarnya ada satu lagi senjata untuk menambah trafic .. sering berkunjug.. seperti yg suhu lakukan... karena content pd akhirnya beda2 tipis..

    ReplyDelete
  12. bisa stress kalo tebak2an sama gugel masalah PR ini. Dari keempat tulisan semua ini saya berpikir sepertinya masih sebuah misteri besar.
    oke saya sepakat dengan epilog di atas, yang penting tetap rajin ngeblog dengan memperhatikan kualitas konten, orisinil dan konsisten. SEmoga kita termasuk di dalamnya..

    ReplyDelete
  13. hus hus hus...
    tadi dah komen tapi ilang, loadinge abot

    ReplyDelete
  14. panjang nih bahasannya mas :D tapi setuju banget PR or ga yang penting konten diutamain karena itulah napas blog kita sebenarnya :)

    ReplyDelete
  15. akhirnya selesai tertrapost nya..da lagi gak mas

    ReplyDelete
  16. @ JALOE : yup... sarana silaturahmi... hehe :P

    @ Adwan : setuju apa???

    @ antown : amin mas...

    @ Tony : yuk, kembali ke konten mas!!

    ReplyDelete
  17. ayo semangat kang..
    jadi sekarang ga ada alesan untuk ga ngeblog gara2 ga ada bahan kan?
    hahhahahaahaha...

    eh knapa gambar yang monyet itu ga dijadiin tulisan aja?
    hahahahaha.....
    *kabuurr***

    ReplyDelete
  18. Lanjutannya yaa..panjang bener pelajarannya lama2 kok jd bingung dewe yaa..hihi...

    ReplyDelete
  19. @ themevo : ada kalau dibutuhkan.... :D

    @ aprie : wah ntik pada gak nafsu makan yang baca blog biru ini om.... jangan deh.. cukup sampeyan aja yang lihat gambar kera itu.... hahaha.. hmm.. menggali ide tulisan, itu mungkin yang mau di angkat... thx

    ReplyDelete
  20. @ widie : dari semuanya, kesimpulannya ada pada kalimat terakhir posting ini... haha... =))

    ReplyDelete
  21. wahhh gawat mas, udah ada yg mencapai klimaks! haha...

    akhirnya, semua kembali lg pada konten dr blog kita ya. sip sip sip... mari tingkatkan kualitas, tinggalkan do follow :P

    ReplyDelete
  22. @ Darkpuccino™ : hehe.. bales dendam tu orang. iya mas.. yuk menata konten kita..

    ReplyDelete
  23. kalo bicara alexa, pagerank dan google serta makhluk sejenisnya membuat saya bingung hehehehe, abis saya ngga ngerti tentang makhluk aneh itu....tapi yang saya ngerti dari 4 postingan bersambung ini hanya masalah content...akhirnya pada intinya yang paling utama dari blogging itu kembali ke content *dengan gaya tukul*
    tapi waktu saya klik blogging ala budi putra ama enda kok baliknya ke anang lagi anang lagi hahahaha (sial gw kerjaiin hahahaha)
    pokoke kembali ke content ama tujuan ngeblog

    ReplyDelete
  24. hah dendam sama Google, PR drop terus

    ReplyDelete
  25. @ andi thimbu : hehe kembali ke.... laptop, eh ke konten mas... *ikut-ikut gaya tukul

    @ izandi : hehe... google kadang juga bisa ngawur om...

    ReplyDelete
  26. orisinilitas content klo menurutku seh... yang bisa terindex oleh gugel... walaupun conten acakadul kaya blog ku tapi masih bisa terindex om gugel kayanya jadi perhatian si om.. gitu bos menurutku, klo salah ya maap.. btw postingannya mantap aja neh.. trims bos..buat ilmunya

    ReplyDelete
  27. Makin sangat aja nang analisanya..mantap :)

    ReplyDelete
  28. Sukses Mas Anang, punyaku masih 3 nih, kapan ya naiknya.

    ReplyDelete
  29. Binun mo komentar opo. Yang pasti nurut saya (yang nggak punya ilmu maya beginian ini) konten adalah utama. Soale motiv ngeblog saya cuman bikin catatan OL yang besok biar dibaca anak2 atawa cucu ane. Itu thok. Lha Soal PR dan bengeknya tetek... ya.. ane anggap bonus aja lah.

    ReplyDelete
  30. Heh..heh...heh...heh... (menggeh-menggeh aku mas!)...
    Kemarin terakhir ke sini baru nyampe seri satu... Kembali lagi sudah seri keempat...
    Mbacane aja sampek kehabisan napas... Nggak komentar aaaaccchhhhh....
    *Matur tengkyu pencerahane...

    ReplyDelete
  31. wealah kirain yg ketiga kemaren dah habis..ternyata masih ada penutupnya hahahahaha

    jadiin ebook aja mas :P

    ReplyDelete
  32. Masih bersyukurlah page rank yang turun tapi tidak 0. Menyedihkan sekali, sekarang rank aku 0 gara2x ganti domain dari http://ikatama.wordpress.com menjadi http://prasdikatama.com . Hiks2x... Kapan ya bisa balik lagi ke rank 3 bahkan lebih... kria2x teman2x nunggu brapa lama ya? :)
    ada cara supaya rank naik cepat?

    ReplyDelete
  33. Intinya tetap pada, 'content is the king'
    BTW, ada nggak ya orang Indonesia yg kerja di Googleplex, kita sms aja dia suruh kasih bonus buat blogger2 Indonesia PR 9 semua, hehe....

    ReplyDelete
  34. kalo blogku kira kira bermanfaat buat orang lain gak ya?ehm..tapi menurutku itu kurang penting, karena yang terpenting bagi gadis rantau adalah:bisa menyimpan tulisan2 selama berada di negara orang. btw, tuh manta kyai balas dendam ya?he..he..

    ReplyDelete
  35. huehuehuehuehue... tetralogi.. koyo sinetron wae...
    kok gak disambung nganti seri 6 koyo sinetron "TERSANDUNG"

    ReplyDelete
  36. blog iki kok saiki maleh abot? loding tok mosok kudu poso sek 7 detik 7 menit 7 jam 7 hari 7 bulan 7 tahun ?

    ReplyDelete
  37. iya mas, blog saya aja yang di oktasihotang.com baru 2 bulan udah dapat PR3, dan saya yakin karna postingan saya yang di ochta.wordpress.com saya import, jadi pengaruh akan banyaknya postingan

    ReplyDelete
  38. waw akhirnya tamat..

    salut buat mas anang yang mengupas tuntas tentang pagerank ini..

    ReplyDelete
  39. segera dibuat film-nya!
    tetralogi pagerank gugel.
    wah pasti ada adegan keyword mesum-nya!

    ReplyDelete
  40. Comment dulu baru Moco..hehehe..sek rodo gag Mudeng..

    ReplyDelete
  41. mnakasih mas atas artikelnya.. saya baru berduka nih.. abis digebuk jdi NOL PRnya :(

    ReplyDelete
  42. memang saran sang master lebih berkesan :)

    namanya juga mbah google ....
    kan udah kakek, jadi kadag sering pikun atupun sering nggak pas ketika menilai PR, karena memang sesukanya dia

    ReplyDelete
  43. akhirnya selesai juga, weleh tetraloginya hampir menyaingi tetralogi laskar pelngi lho mas...

    ReplyDelete
  44. dulu aye nggak paham arti pagerank, bung anang. kirain pagerank itu sodaranya pagerank charles. memang garing sih, tapi aye memang bener2 nggak paham...

    ReplyDelete
  45. Hmmmm... ternyata salah perkiraan q kmaren... Ternyata bukan Trilogi ternyata Tetralogi.....

    Sip... mari bersama-sama meningkatkan kualitas Content kita... jangan hanya Good Keyword Bad Content.......

    ReplyDelete
  46. makasih mas udah komen di blogku. sangat membantu menaikkan rating blog. kayaknya postingan blog mas perlu di novelkan jadi "buku tetralogi pagerank google"

    ReplyDelete
  47. bikin tutorial tentang tab donk... atau navigasi blog gitu... biar aku ambil scriptnya.. he..he..

    ReplyDelete
  48. Mas, PR saya kok gak naik2 ya? 3 terus, lama-lama bosen juga...hehehe

    ReplyDelete
  49. thnx mas.. penjelasnnya tentang PAGERANK
    sekarang blog ku gi ada masalh mengnai pencarian di google ga' tw napa.. blog punyaku ga' kebaca alias ga' masuk search enginenya google padahl 3 minggu yang lalu masih di posisi kedua hmmm jadi binggung..

    maksh 1x lagi infonya tak cir ters maslh yang menimpa dirikuh ini

    ReplyDelete
  50. ngomong2 soal PR... he..he... ternyata blog gw yang berumur 5,5 bulan bisa nyaingi blog yang dah keren ini ya... he..he.. sama2 PR 4... he..he... upz.... alexanya masih jauh niyyy... ati2 om.. ntr gw salip make Ninja 250... he..he...

    ReplyDelete
  51. Wag page rank yah mas ?, mas kalo konten tuh apa yah? Trus apakah blogku ada manfaatmya gag ya kira2nya mas

    ReplyDelete
  52. happy ending yo mas? bisa sampe tetralogi...

    ReplyDelete
  53. klo empat tetralogi.. klo lima apa ya?

    ReplyDelete
  54. heheee..
    aku ngeblog krn 'mgkn' aku narsis..
    jd terserahlah gugel mo kasih PR brapah.. kl skrg gugel ksh 4, mgkn krn gugel naksir aku..
    wakakakk.. parah, tambah narsis..

    gimana ya nang.. posting aja suka hati. kl sempat ya posting, ga bisa kl hrs rutin.. halah, minum obat aja sering ga rutin koq, apalagi posting..
    maklum nang, blog ga mutu, cuma untuk suka hati doang, jd ga mau pk peraturan apa2..
    mo dikasih PR ama si gugel ya monggo, ngga ya gapapah.. hihiii..
    piiiizzz nang.. piiiizzzz

    ReplyDelete
  55. Wah, dibuat berseri panjang begini, Mas...
    Bermanfaat banget!

    ReplyDelete
  56. Hayah, aku harus apdet lagi dah..... gak ada yang ke 5 kan nang? huahahahaha

    ReplyDelete
  57. Sebenarnya pagerank dikejar untuk opo tho, paling untuk Backlink n PPP atau ada hasil lain yang lebih gedhe ya ?

    ReplyDelete
  58. oh gitu ya .. pantesan old domain harganya mahal..heheh
    thanks infonya maknyusssssssssss

    ReplyDelete
  59. karena nyawa dari blog itu ada pada konten

    Setuju banget pak... karena klo konten kacau dan cuma nembak keyword kan seakan2 kita cuma ngeboongin google aja ya???

    ReplyDelete
  60. analisisnya sequel tetraloginya menarik dan informatif, mas anang. terus terang saja, saya ndak tahu kriteria yang digunakan google dalam memberikan hadiah pr terhadap sebuah blog. sulit diprediksi dan sangat kuat misteri di dalamnya, hiks.

    ReplyDelete
  61. hehehe..klo bahas ini ga habis2 deh kayanya mas..wekekek..

    saya memepelajari saja dari master2nya..

    masih byk hal yg musti difokuskan selain PR

    ReplyDelete
  62. setuju, mas...
    lha wong 7 dari 10 wanita aja pake konten kok...
    jadi mari kita kembali ke konten. hehehehe...

    ReplyDelete
  63. ASU! Pagerank-ku dadi 2!

    ReplyDelete
  64. Pagi mas Anang,

    Tolong bantuin aku yg lagi kebingungan karena PR-ku jadi NA ini dunks.. Rasa-rasanya aku gak macem-macem ma blogku deh. Aku gak ngincer SEO ato apapun, aku cuma pingin bebas cerita di blog dan punya temen. Titik.

    PRku waktu itu 2, trus ada temenku yg bilang pas dia cek malah dah jadi 3, tapi kok anehnya tiba2 NA yaa? *mode bingung on*

    Pusing ah..nanti aku baca ulang aja ah, lagi gak konek hiks..

    ReplyDelete
  65. makasi mas buat infonya,...btw add blog q donk!
    www.culturebalinese.blogspot.com
    and my web
    www.bali-dreamland.com
    makasi ya mas!!!

    ReplyDelete
  66. Dari oarnag yang pining naikin page rank...

    ReplyDelete
  67. blog nya panjang ya,,,

    hmmm...klo boleh kasih masukan knp gk di buat top menu aja,,,

    ReplyDelete
  68. info gila....
    perlu diterapka...:D

    ReplyDelete
  69. ini terkahir ya..???

    wah,,ngepos laig bang...:D

    ReplyDelete
  70. hai lem kenal semua ,specialy admin nie heheheh :)

    ReplyDelete
  71. sip markusip mas anang. |Tenyata memang aduhai kompleks yah?

    ReplyDelete
  72. wah saya belum pernagh denger kaya gini ....

    ReplyDelete
  73. menarik banget mas anang .. salut dech saya sama mas

    ReplyDelete
  74. bagaimana ya kalau kita mau meninggikan pagerank ya...????

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)