Tutorial Cari Uang

Saturday, October 18, 2008

Update Google Pagerank (1)

APA, KAPAN, MENGAPA DAN BAGAIMANA DI SEPUTAR NAIK TURUNNYA GOOGLE PAGERANK

Seperti yang pernah saya tulis disini, bahwa Google PageRank merupakan algoritma untuk menghitung situs web mana yang lebih populer diantara situs web yang lain, yang menjadikan PageRank ini sebagai salah satu dasar dalam menentukan posisi dalam search engine.

Mereka yang paham betul tentang Search Engine Optimization (SEO) sudah tentu familiar dengan masalah bagaimana rahasia, trik, dan tips untuk mendapatkan posisi terbaik di banyak search engine. Teknik untuk mendapatkan posisi pertama di google adalah search engine result page (SERP).

Jadi, selain mengandalkan trafik, google pagerank merupakan salah satu tolok ukur yang vital di mata mereka. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan meluncur ke halaman ini.

Nah belakangan ini, Google semakin sering saja melakukan update Google Pagerank. Banyak blogger papan atas yang memiliki nilai pagerank cukup lumayan kemudian dalam sekejap nilai pagerank blognya terhempas. Bahkan tak sedikit pula yang terpaksa menggigit jari lantaran pagerank blognya jatuh bebas ke pagerank nol dan yang paling parah adalah pagerank n/a alias not available... Hmm.....

Mari kita mencoba menyelidikinya.. Apa gerangan yang sedang terjadi? Apa pula yang menyebabkan Google semakin sering mengupdate google pagerank? Mari kita telisik sebab dan faktor kenapa pagerank anda jatuh atau naik! Semua akan kita kupas, setajam SILET..... Ahahaha...

Dari sudut pandang saya sebagai pengguna internet biasa, saya mencoba membuat analisa sederhana mengapa google semakin sering mengupdate google pagerank-nya dan mengapa google pagerank ini mengalami kenaikan dan penurunan nilai.

Semakin 'kotornya' hasil pencarian Google

Pertama, kita harus paham dan menyadari bahwa algoritma google pagerank ini digunakan oleh Google search engine untuk melihat seberapa penting posisi website tersebut. Jadi, semakin besar nilai pagerank website itu maka semakin besar pula peluangnya untuk tampil di deretan 10 besar hasil pencarian kata kunci tertentu alias di halaman pertama mesin pencari Google.

Nah sebagai contohnya misalkan saja ada dua website dengan isi yang hampir serupa, maka google akan lebih menganggap bahwa website yang memiliki nilai google pagerank lebih tinggi itu adalah lebih penting dibanding website dengan google pagerank lebih rendah. Sehingga website dengan pagerank tinggi akan lebih dipercaya untuk menduduki posisi penting di hasil pencarian Google.

Masalah yang dihadapi Google Search Engine sebagai mesin pencari terbesar di dunia adalah validitas hasil pencarian. Semakin banyak artikel bertebaran di jagad maya, semakin susah pula tantangan memilah dan memilih artikel mana yang layak diposisikan di halaman awal hasil pencarian Google. Sementara itu, tidak semua artikel yang ditulis di dunia maya ini ditulis dengan pendekatan ilmiah dan riset yang mendalam.

Terlebih lagi dengan kemunculan layanan blog gratis yang menyediakan tempat bagi mereka untuk menulis apa saja dan kapan saja. Ini menjadi momok bagi mesin pencari seperti google ini.

Dulu sebelum blog muncul, mungkin kita masih ingat bahwa ketika hendak mencari artikel ilmiah entah itu untuk literatur, tugas kuliah, atau pekerjaan maka kita akan disuguhkan dengan daftar hasil pencarian berupa artikel dari beberapa universitas atau website yang sudah terpercaya. Kini nyaris tiap kali kita mengetik keyword apapun di Google search engine, pada hasil pencarian kita akan selalu saja akan menemukan blog ada di setiap halaman pertamanya......

Disini saya sama sekali bukan bermaksud untuk menyepelekan blog. Tapi melihat bahwa penulis blog masih banyak yang bisa disamakan dengan para penulis ulung yang tulisannya menjadi referensi banyak orang. Tapi, tak bisa dipungkiri pula bahwa ada sebagian dari mereka yang tulisannya memang layak diapresiasi dan direferensikan.

Apalagi ketika SEO atau search engine optimization mulai muncul ke permukaan. Praktek-praktek SEO yang melupakan konten dan hanya mengandalkan keyword merupakan musuh besar bagi Google dalam menentukan hasil pencarian yang terbaik. Para pelaku SEO kotor ini melakukan tembak keyword, menembak keyword yang bagus tetapi melupakan isi postingannya. SEO kotor inilah yang membuat kita sebagai sebagai para pencari artikel untuk terbunuh larut dalam pencarian yang tidak ada hentinya. Dilempar sana dilempar situ. Dipingpong kesana kemari. Pencarian yang tak berujung... Good keyword, bad content!

Nah ternyata masalahnya disini tidak hanya blog saja. Website juga bisa disusupi SEO kotor ini. Jadi masalahnya sebenarnya tidak melulu blog saja.

Jadi, untuk mengantisipasi Good keyword bad content ini google mencoba memperbaiki algoritma penentuan nilai google pagerank untuk membatasi pergerakan situs yang disusupi SEO kotor.... Website dengan SEO kotor biasanya akan mengalami penurunan nilai google pagerank-nya.

Masih banyak lagi faktor mengapa Google sering meng-update Pagerank... Cukup satu itu saja dulu... Nantinya akan dibuat berseri... Tunggu di postingan selanjutnya...

***

Saya rasa cukup sekian analisa ngawur saya sebagai pengguna internet awam.... Sekiranya ada yang lebih ahli dalam hal seperti ini silahkan berbagi cerita disini... Mengapa kok Google sekarang sering mengupdate Google Pagerank....

Yuk, silahkan! Mari kita berbagi ilmu dan pengetahuan seputar Google Pagerank dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan nilainya..... Atau anda tahu mitos-mitos di seputar Google Pagerank dan bagaimana tips dan trik serta cara jitu dan ampuh untuk menaikkan Google Pagerank?

Posting Terkait :
Update Google Pagerank (1)
Update Google Pagerank (2)
Update Google Pagerank (3)
Update Google Pagerank (4)

99 comments:

  1. PERTAMAX

    maaf pertamaks habis, karena harga pertamaks sedang turun... hehe

    ReplyDelete
  2. Jadi berdasar konsep keyword "lendir" itukah google lebih sering Update PR? Lebih menguntungkan mana update PR per 3 bulan ataukah per bulan, ditinjau dari bisnis paid per review?

    ReplyDelete
  3. Kesimpulannya Google Pagerank Update bisa berubah tiap waktu, tiap jam, tiap menit, intinya tergantung mood kali yach... (^_^)

    ReplyDelete
  4. @ tukang sapu radio : hubungan paid review dan pagerank insyaAllah di seri posting berikutnya.

    @ fr3zh BLOG : sepertinya memang tergantung mood Google ;)

    ReplyDelete
  5. KLIMAXXX OOM... eh aku masih ngambeg sama om gugel :D

    ReplyDelete
  6. kalau suka posting blog tapi isinya tag doang itu apa namanya nang? Itu juga sering tertangkap search engine. Bikin males googling aja.

    ReplyDelete
  7. kayaknya google mulai sensitif ama blog nih..

    ReplyDelete
  8. @ mantan kyai : hehe kena tampar google gara2 paid review ya kang. bersabarlah.

    @ tito : itu namanya nembak keyword aja mas, tanpa memperhatikan konten. yang penting keyword andalan bisa tertangkap robot crawler dan text spider google...

    @ emfajar : begitulah, mungkin.

    ReplyDelete
  9. google mulai rajin nih om

    ReplyDelete
  10. @ reza : tapi, reza sebagai pelajar juga harus rajin apa? bela... jar... iya rajin belajar ya! wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Wah, kalo saya sich gak terlalu mikirin PR Mas, heheeee...

    ReplyDelete
  12. siap2 PR turun nech,...
    wekekekeke,...gapapalah,...
    smua sudah ada yang ngtur(pasrah mode on)

    ReplyDelete
  13. @ wendra wijaya : iya, ga terlalu mikirin, tapi kalo pr turun kepala jadi ikut-ikutan pening. begitu, bukan? *bukan*

    @ [googleholic] : semua ada yg ngatur itu pasti. tinggal kita berusaha dan berdoa *halah*

    ReplyDelete
  14. selalu pertamaxnya abis yak ... :)
    ah analisis yg tajam neh mas .....
    keknya memang semakin kotor SEO, orang semakin tersesat ....
    bagus juga langkah yg diambil ma google dech :)

    ReplyDelete
  15. @ afwan auliyar : semoga ini semua dilakukan google demi kepentingan kita bersama nantinya... tentunya kita berharap yang terbaik!

    ReplyDelete
  16. wah
    mendingan maen amannya saja...

    sekedar informasi, majalah CHIP edisi September (ato Agustus, lupa!) membahas tentang formula google page rank....

    ReplyDelete
  17. hanya pihak gugel yang tahu formulasi detailnya,
    yang jelas ya maen aman saja...

    Sekedar informasi di majalah

    ReplyDelete
  18. @ aprie : yup don't forget to play safe! biar ga kena penyakit menular, AIDS, Argh, It's Down Soon, diturunin pagerank-nya dg segera oleh Google.

    ReplyDelete
  19. google mulai sentimen ma blog mas, selain sering nggebuk PR jg ga bisa daftar adsense lg via blog

    ReplyDelete
  20. Google pastinya udah menerapkan skema penilaian PR..Saya mah masih ga paham, bagaimana google menetukan nilai PR yang tentunya bakalan berpengaruh terhadap hasil pencarian di search engine.

    Moga di enxt edition, pengetahuan saya tentang PR semakin bertambah.

    Thanks untuk artikel yang menarik ini..

    ReplyDelete
  21. benar-benar setajam SILET. jan top markotop.

    ReplyDelete
  22. berarti, jika blog saya langsung jatuh PR nya kemungkinan saya termasuk good keyword bad konten dong... waaa mudahan blog saya termasuk good content with not bad keyword hehe

    ReplyDelete
  23. analsis yg mntaffff.... wlpun pertamaxx hbis gppp dah... hehehehehehe....

    Dtnggu klnjutannya mas Anang

    ReplyDelete
  24. Ngecek page rank kok aku deg-degan ya mas ya...kayak mau terima rapot pas SD. :D

    Page rank masih aman di level tiga...entah besok.

    ReplyDelete
  25. setuzu ama pendapatnya mas anang
    hikz..males gugling bwanged, nyang muncul malah aneh2, nyang dibutuhin malah nyang di halaman paling ujuuuuuung pucuk petit..
    apapun itu, suka suka gugel dong
    xixixixix
    yuuuk kita liyat apdeit selanjutnyah

    ReplyDelete
  26. walau kebanyakan muncul yang gila-gila tetap aja masih banyak peminat.. salut
    http://www.asephd.co.cc

    ReplyDelete
  27. Memang sudah selayaknya google memperbaiki mekanisme penyusunan PR ini. Untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna situs search engine terbesar ini. Seperti mas Anang bilang, supaya kita ndak sering kecele' lagi.

    ReplyDelete
  28. Anang pengguna internet awam? itu baru ngawur. Tapi memang tulisanmu membumi nang. Kayak tulisannya Dahlan Iskan soal krisis Amerika itu. Membumi.

    ReplyDelete
  29. ah, mas anang kok pengguna internet awam? boong banget dahhh...
    lah wong nabinya blogger je... hehehe...
    aku lom gitu ngerti ttg PR, masih anyaran ki, mas... ihihihihkk...

    ReplyDelete
  30. Ohh begitu yaa ..
    canggih juga yaa ? algoritmanya dah lebih manusiawi yaa ?

    ReplyDelete
  31. sungguh lengkapa penjelasannya mas, blog dan pemiliknya memeang mantap, ya kan non anagkoe

    ReplyDelete
  32. kalo gugel membumihanguskan blog yang hanya menembak keyword bagus tapi isinya gak ada bagus.api gimana utk paid review?dofollow

    ReplyDelete
  33. google page rank ini memang bikin bingung yo cak, ada blog saya sing gak diapak-apakno, isine copas thok, malah dapet PR 4, sing dirumat tenanan, pancet PR 2

    mohon pencerahan suhu

    ReplyDelete
  34. kalo gugel membumihanguskan blog yang hanya menembak keyword bagus tapi isinya gak ada bagus.api gimana utk paid review?dofollow

    sorry dobel post

    ReplyDelete
  35. 1. meski blog sayah tidak punya PR, tapi begitu ngetik dua kata 'ingat' dan 'eros' pasti blog sayah no wahid, napa ya?

    2. ngomong-ngomong soal PR kayae mbah googlee bnr2 gag adil blog sayah update 1-5 hari PR=0 tapi coba lirik www.laserje.com mulai waktu lahir gag pernah di update tapi PR=1 gag addiiiilll

    ReplyDelete
  36. Wow jadi penasaran mencoba SEO ... untung saja ngak paham. Blog saya alami saja Mas Anang. Apa penting amat men_SEO-kannya?

    ReplyDelete
  37. Salam Kenal,
    Inbound Ama Outbound Link Ngepek Yach

    ReplyDelete
  38. Manteb analisis e boz..... Atek acara bersambung segala... Koyok sepur ae... Matur suwun mas... pengetahuan baru untuk manusia seperti saya yang baru terjun di dunia blog ini.... Suep... Emang Mas anangku... bukan anangnya atau anangmu... wkwkwkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
  39. Seeep Mas... kupasan sampeyan setajam Silet... Silet Cutter... wehehehehe...

    Bermanfaat banget mas.... Manteb pokoke.....

    ReplyDelete
  40. hohoho...jd intinya, orang2 indonesia otaknya banyak yg ngeres yah...yg di search bahasa2 kotor semua..amit2 degh

    ReplyDelete
  41. analisa yang mantap mas anang! :D dan memang betul sekarang ini makin banyak website yang cuma ngejar keyword demi nyari pengunjung kesasar supaya nge-klik iklan di websitenya.. saya termasuk salah satu korban seperti itu kalo nyari2 info di google

    ReplyDelete
  42. PageRank saya dari dulu 4, nggak naik dan nggak turun sejak setahun yang lalu. Entah apa manfaatnya.... mudah2an aja deh blog saya bisa berguna bagi mereka yang memerlukannya....

    ReplyDelete
  43. wah...ngemeng2 soal pagerank....blog saya turun dari rank 4 ke rank 0 wuehehehehe....gara2 udah jarang banget muncul di dunia per-blog-an ini hihihi.

    ReplyDelete
  44. ulasan ngawur tp masuk akal kok mas.. hehehe..

    ReplyDelete
  45. Hmmm akhirnya mbah google mulai menunjukkan sisi lainnya nih...

    Temenku ajah yang page rank-nya 3 sekarang jadi 0 gitu...

    Sabar ajah men...

    ReplyDelete
  46. blog saya termasuk populer gak ya?? *ngarep dotcom*
    Sayang saya gak suka merhatiin yang begituan..he..la wong ngeblog cuman buat daripada nganggur..:))

    ReplyDelete
  47. Klo blog di private kaya aku jangan2 PR-nya 0 tuh.. hue he he.... gak ngaruh ah buat sayah.
    BTW imel aku di eucalyp10@gmail.com ya, supaya aku bisa invite kamu... OK? OK?

    ReplyDelete
  48. wah.. bener kapn kia bisa tw naek atw turunya PR dari Google... jadi bingung??

    kemaren PR temenku turun dari 2 jadi nuul alias (0) balik lagi jadi nol kokbisa ya??

    bener membingung kan

    ReplyDelete
  49. wah... peratamaxnya di pakai ma mas anang sendiri he...he..he..he..

    ReplyDelete
  50. duh aku gak ngerti banget soal google pagerank, maklumlah kan gaptek, thanks anyway atas infonya

    ReplyDelete
  51. PR saya juga naik tiba2, drastis lagi, dari 0 bulet jadi 3. Aneh banget, atau jangan2 mbah gugel dah mulai pikun ya? hehehe

    ReplyDelete
  52. tak jawab tuk tkg sapu radio: google benci paid review baik yg adv maupun publisher apalagi brokernya, jadi yg ketahuan ikut paid review siap2 aja di "bunuh" ama google jadi nol

    ReplyDelete
  53. pagerank bwat apaan sieh? :P

    ReplyDelete
  54. hmm sepertinya bener bgt ni mas anang!!! blog yg cuma nembak keyword doang banyak yg babak belurr...

    ReplyDelete
  55. Bagaimana kalau kita mulai dari diri kita sendiri, misalnya bikin tulisan yang lebih bermutu... Lha ini mas Anang sudah memulai... siapa mau ikut???

    ReplyDelete
  56. gak usah mikir PR2 an dulu deh, yang penting ntu postingan bermutu dan informatif untuk dibaca semua orang, ntar pasti PR menyusul. bukan begitu mas anang, he he he.. mohon maaf kalo saleh2 kate..

    ReplyDelete
  57. jadi sy turun gara2 sy pake sistem SEO kotor yakz? hmmmm

    ReplyDelete
  58. wah...
    gugel sedang gencar2nya naikkan PR neh..
    jadi was2 saya

    ReplyDelete
  59. Makin sangart aja nang kalkulasi PR nya :)

    ReplyDelete
  60. bagus nang, ditunggu seri berikutnya buat orang awam pergugelan

    ReplyDelete
  61. wah analisa yg tajam, setajam SILET. btw semakin serinya google update pagerank bisa jadi google pengin bersih2x rumah dari 'sampah' pagerank yg ngawur secara content.

    -Setiaji-
    www.kodokijo.net

    ReplyDelete
  62. baiknya gimana mas.. biar PR ga turun tp tetep main review???

    ReplyDelete
  63. hahahah...
    itu juga terjadi padaku mas, baru bulan lalu aku girangnya rank ku ada di 1, besoknya aku cek udah lenyap lagi... T_T

    ReplyDelete
  64. klo saya mumpung PR blog lagi dapat 3, langsung pake repiew daripada mubazir.. g diapa-apain tau2 turun :D

    ReplyDelete
  65. huahahah uda dilarang beli pertamax ya di sini bang anang??? OK bener saya stuju dengan penjelasan diatas banyak yg cuma nembak keyword tanpa memikirkan isinya... hmm... jadi klo menurut saya tembak keyword yang sewajarnya aja ga di paksakan dalam sebuah kontent... gt kali ya bang anang??

    ReplyDelete
  66. wow, semoga saya ndak termasuk dalam GKBC = gud kiwet bed konten

    ReplyDelete
  67. apa bukan kaena link out > dari link in mas???

    ReplyDelete
  68. Saya juga punya pikiran seperti itu mas, sejak blogger-blogger suka main tagging atau nembak keyword yang tujuannya buat ningkatin traffic aja, padahal minim informasi yang akhirnya bikin kecewa pengunjung :(
    Sebenernya kita ngeblog kan buat pembaca, bukan buat search engine, ya kan mas??

    ReplyDelete
  69. hihihi..mas anag jualan PERTAMAX..saya PETROMAX aja dah..hehehe..

    penjelasannya ga da yg ngawur kok mas..hehehe..

    mengenai tembak keyword saya ndak tau..hehehe..gmn nembaknya..tp klo nembak keyword konten ga nyangkut kayanya aneh..saya lom liat nie mas..

    aduh mo coba doloe akhhh..hehehe..

    ReplyDelete
  70. wah... mas anang kelihatannya pakar pagerank nih, hehe. PR saya jg barusan meningkat nih mas, asikkkk...

    maap apdetan saya agak telat, mampir lg ya mas hwhehe

    ReplyDelete
  71. "Apa pula yang menyebabkan Google semakin sering mengupdate google pagerank? Mari kita telisik sebab dan faktor kenapa pagerank anda jatuh atau naik!". Setelah itu diikuti dengan musuh2 google.

    Kok dengernya agak aneh yah. Seperti analogi, "Kenapa polisi ke kantor tiap hari? Karena sekarang krisis ekonomi, sehingga kejahatan meningkat!"
    Padahal itu dua hal yang tidak saling berhubungan sebab akibat secara langsung.

    Cuma punya pikiran gini, Kenapa sekarang Google sering update pagerank? Karena Komputer yang lebih canggih dan algoritma yang lebih efisien dari sebelumnya, sehingga lebih cepat dalam proses perhitungan data hampir seluruh web di muka bumi dengan kemampuan yang sekarang.

    "CMIIW"

    ReplyDelete
  72. waaah... sapa yang di salahkan yaks? PR no problem lah yang penting keep exist aja.. wekekekekke

    ReplyDelete
  73. huh, emang tipsnya ruarrrrrr biasa,....sip deh,..thank atas ilmu2 nya...

    ReplyDelete
  74. wahhh.... thank bang.. secara pr masih 0

    ReplyDelete
  75. wew,,,,
    aku ngikutin terus nih....:D

    ReplyDelete
  76. ya nih bang..kadang kadang aku muter2 eh..malah gak ketemu,,,,,terus, kebanyakan blog lagi yang jadi halaman pertama...

    padahal ibu dosennya bilang,,kalau bisa jangan bersumber kepada blog...

    karena belum valid data yang disajikan......

    wah gimana ya..??

    ReplyDelete
  77. wah.. lengkap sekali Mas infonya. Thank's a lot. So informatif posting ^_^

    ReplyDelete
  78. beuh manteb nie infonya..thanks yak...dicoba dlu ya gan..

    ReplyDelete
  79. wih mari kita cari jalan keluarnya biar kita gak terlalu jatuh ke nol PR kita dan berusaha selalu menjaga agar selalu update dan selalu membuat back link...tapi like this..
    Share Informaion IT

    ReplyDelete
  80. ...please where can I buy a unicorn?

    ReplyDelete
  81. iya saya juga pernah begitu ... di lempar ke sana kemari namun gak pernah menemukan konten yang di cari ... huft

    ReplyDelete
  82. Wah mantap pisan dah infonya,langsung meluncur tekape sambil nyoba sambil belajar..Maksih..

    ReplyDelete
  83. Sob biasanya mbah google melakukan update itu setiap berap bulan sekali ya kok gak pernah tahu tiba2 tahu PR langsung turun aja gitu...

    ReplyDelete
  84. Mas kalo pagerank turun itu apa pengaruh karena kontent juga ya trus kalo memlih niche itu bagusnya yang seperti apa ya...

    ReplyDelete
  85. Wah-wah mas infonya detail sekali,kita tunggu mas info lainnya..

    ReplyDelete
  86. Salam kenal ye.., sukses buat sobat.., thanks infonya mengenai pr.google.. sebagai pelajaran buat aq yg masih newbie.., mampir yuk di tempat aq dari Innah Blog

    ReplyDelete
  87. wah info PR dan SEO nya bagus, makasih artikel nya

    ReplyDelete
  88. kemaren ada update PR google pa ya..., tadi-nya dari N/A berubah jadi 0, lumayan.., :)

    ReplyDelete
  89. Mangtabs gan... ulasan'a detail dan lugas......
    mhn petunjuknya buat org baru seperti saya.....

    ReplyDelete
  90. Selain mslh SEO yg "kotor" boss, mnrt ane krn makin marakx jual beli link dg acuan level PR krn mnrt bbrp cerita mitos mslh PR, om Google lbh suka backlink yg natural, bkn yg dpush lwt jual beli link (ktx sih gtu) hehe, lam knl boss dr ane

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)