Tutorial Cari Uang

Saturday, January 05, 2008

Gambar Pemandangan

IDENTIK DENGAN GAMBAR DUA GUNUNG DAN AKSESORISNYA


"Ayo anak-anak mari kita menggambar pemandangan." Alkisah, begitulah seorang ibu guru TK atau SD sedang berkoar-koar menyuruh anak didiknya untuk memulai menggambar sebuah pemandangan beberapa puluh tahun yang lalu. Sang ibu guru tadi pun memulai memberi contoh menggambar pemandangan. Ada dua buah gunung dengan bentuk segitiga lancip, kemudian ditengahnya terdapat matahari pagi yang mengintip diantara dua gunung tersebut, diatasnya ada awan-awan yang menggantung di angkasa, dan ada pula sekawanan burung yang terbang di angkasa berbentuk seperti angka 3 tidur. Ada juga jalan raya yang mungkin juga lengkap dengan tiang listriknya. Sawah berjajar berkotak-kotak di tepi jalan dengan tanaman padi yang berbentuk seperti huruf V berderet-deret, serta rumah mungil beserta pepohonan pun menghiasi coretan gambar pemandangan tersebut. Tak jarang terdapat aliran sungai yang berkelok-kelok. Sang murid pun dengan serta merta mengikuti pola gambaran pemandangan yang dibuat oleh sang ibu guru tersebut. Dan ajaibnya pola gambar pemandangan seperti ini awet dan senantiasa terjaga kelestariannya hingga saat ini, hehehehehehehe......

Stereotype pemandangan seperti itu yang selalu tertancap erat di ingatan anak-anak Indonesia ketika hendak disuruh mengambar pemandangan. Pemandangan ya gambar dua buah gunung, ada matahari, jalan, sawah, rumah, awan, burung.... Gambar dua gunung ya seperti itulah yang dinamakan dengan pemandangan....

Dan apakah kita harus menjaga tradisi ini supaya tidak direbut dan diklaim oleh negara tetangga kita itu, Malingsia, huahahahahahaha....

77 comments:

  1. Artikel yang menguras memori masa lalu.. very very nice... so sweet mas! jadi teringat masa kecil dulu kalo nggambar gunung pasti seperti itu...

    Saya pernah baca sebuah artikel stereotype macam ini, kalo gak salah, sarannya, jangan membatasi kreatifitas anak hanya dengan model seperti itu.. menjadikan anak mandul berkreasi.. *halah sok ngerti*

    ReplyDelete
  2. loh, kok mirip gambar saya waktu tk dulu :D hehehe

    ReplyDelete
  3. hahaha,,mirip nih sama gambar2 gw waktu tk,,,

    ReplyDelete
  4. bener2 mas, gambar kaya itu kyknya emang udah paten, terbukti anak2 TK, SD ampe yang udah tua, kalo gambar pemandangan kebanyakan kaya itu... gunung dua matahari ngintip di tengah2 :D

    ReplyDelete
  5. hahaha,,mirip nih sama gambar2 gw waktu tk,,,

    ReplyDelete
  6. kenapa harus 2 gunung ya?...seolah2 gunung kembar ya...?hehehe

    ReplyDelete
  7. kalo menurut saya sih, guru2 yang ngajar harus membiasakan murid2 lebih kreatif.
    mosok satu indonesia, gambar pemandangannya cuma gunung + sawah?

    padahal, saya dulu tinggal di samarinda yang enggak punya gunung + jarang banget ada sawahnya. jadi gambarnya malah terasa utopia bagi saya...

    ReplyDelete
  8. kebayang gambar saru nggak sih nang? :p

    ReplyDelete
  9. Sama juga kalau kita disuruh nggambar bebek. hayo, bebeknya hadap kemana? KIRI! Terus akan diawali dengan angka 2, kekekekeke...

    ReplyDelete
  10. Huhu... Dulu juga Vy suka gambar gituh... Jadul euy... _^

    Mat Tahun baru ya anang.

    ReplyDelete
  11. biyen pas kon gambar pemandangan aku gambar cewek telanjang malah diseneni ibukku.

    ReplyDelete
  12. Ha..ha...gambarnya persis kalau aku yang nggambar waktu SD, ada gunung dua, mataharinya diapit gunung, ada sawah dan jalan raya. kalau nggak itu ya gambar pantai ada pohon kelapanya, ada perahunya.

    ReplyDelete
  13. wah pikiran lagi ngeres..eh...wakakakakak...

    Padahal gunung tidak harus kembar, bisa gunung ada empat...

    (biar gak ngeres)

    dulu sih sama gambarnya kayak gitu, tapi setelah pada gambar gitu gunungnya ada tiga, abis dikembarin mulu.

    ReplyDelete
  14. wah.. emang beneran bikin kita jadi inget masa anak2 dulu.
    well, ga papa lah kalo emang gambarnya kaya gini. mungkin itu emang udah jadi ciri khas anak Indonesia. ini pastinya bukan berarti anak Indonesia itu ga kreatif lho ya!
    karna saya pikir ini adalah bagian awal dari sebuah kreatifitas. atau singkatnya, ya gambarnya gini dulu,tapi makin lama makin bagus.
    lha saya sendiri dulu juga gambarnya gitu, tapi lama2 hehe.. saya sekarang malah designer grafis.. hehehe..

    ReplyDelete
  15. Dulu kalo gambar gunungnya di gambar pakai penggaris, pasti "DImarahin" sama bu Guru. alasannya : ga ada unsur seninya, dan terlalu matematis, masak ada gunung lurus lurus aja.

    salam
    cafedech.blogspot.com anything about music terbaru

    ReplyDelete
  16. Haha. Betul-betul. Buruan diklaimlah. :D

    ReplyDelete
  17. padahal namanya pemandangan itu ga harus di desa, di kota kan juga bisa menggambar pemandangan kota, gedung2 bertingkat, taman2 kota dll.

    lha kl anak2 itu di kota, ternyata masih menggambar gunung yah :D

    ReplyDelete
  18. Mas berkunjung ke blogku dong www.monochromepress.blogspot.com
    Trs kasi komentar.

    Baru pemula mas

    ReplyDelete
  19. kok sama sama gambaran murid-murid saya di SD Kalisari Jln Wates - Purworejo Km 9

    ReplyDelete
  20. nice story mas,, emang anak indonesia tuw pikiranx sempit, Pemandangan mesti diasumsikan ke gunung. Padahal liat wajahku kan juga pemandangan indah. hahahahaha

    ReplyDelete
  21. ampe skranga pun, kalo detik ini jg gw disuruh gambar pemandangan, gambarnya ya pasti yg bgitu ituh... gunung n sawah dgn matahari menyembul diantara gunung... "p

    ReplyDelete
  22. bener aq jg sampe sekarang kalo disuruh gambar pemandangan spontan ya itu 2 gunung, koq bisa kompaq gt ya, hebat yang ngajari pertama kali... itu namanya indoktrinasi.

    ReplyDelete
  23. Itu mah mirip gambar saya waktoe masih TK doeloe...waktoe itoe emang popoeler bangetz...sampai2 ketika saya ikoet lomba dapat hadiah jam dinding...loemajan kan...(waktoe itoe...)^_^

    ReplyDelete
  24. wow...
    ulasan sederhana tapi cukup tajam..

    sepersekian detik langsung flashback ke masa lalu... T_T

    hebatnya.. gambarku sama persis.. (terbukti banget ni ulasan.. sebagian besar pemberi komentar mengatakan.. gambarnya mirip)

    ReplyDelete
  25. haha jadi ingat waktu saya ada semacam training gitu, kita disuruh memejamkan mata. lalu sang trainer bilang, "bayangkan anda sedang menggambar pemadangan". walalupun saya memikirkan pemandangan lain, sebelumnya yang pertama muncul di pikiran saya memang gambar gunung kembar tersebut hahaha. beberapa saat kemudian si trainer bilang lagi, "inilah indonesia, kalau disuruh gambar pemandangan, pasti gambar dua buah gunung dengan jalan, sawah, dan matahari di tengah-tengah" hahaha.
    memang indonesia sekali ya..

    nb: berarti dulu ketika saya tk, saya termasuk anak kreatif ya. soalnya saya biasa menggambar gunung dengan kawah di tengah tengahnya, lalu matahari juga tidak saya gambar di tengah, tapi di pojok atas kiri, biar beda. hehe

    ReplyDelete
  26. jadi inget gaya gambarku dulu waktu masih TK ampe SD paling gak ampe kelas 2...hihihi....

    ReplyDelete
  27. Walau aku tidak bisa menggambar, aku akui pernah menggambar seperti itu :) so pengen jadi anak kecil lagi :)

    salam

    autOnuX
    http://autonuxregen.blogspot.com

    ReplyDelete
  28. Aku ckp sering jd Juri lomba lukis anak di Yogyakarta. Karya yg sering aku menangkan adalah yg spontan, kelihatan karakter anak2nya, dan tdk stereotip. Ini yang sering orang tua peserta protes. Lihat ada di http://kuss-indarto.blogspot.com/2008/01/ada-yang-komplain.html

    ReplyDelete
  29. haha, bukan dua aja lagi nang sbenernya, temen2 gw dulu sukanya tiga malah gunungnya karena buku gambar sekolah gw dulu agak gede, eh mataharinya malah jadi dua biji.. cckk..

    ReplyDelete
  30. jangankan anak-anak, sampai skrgpun sy yg berusia 1/4 abad sj klo disrh gambar pemandangan image yag ada diotak jg sm, hehehehe....

    ReplyDelete
  31. saya tidak pernah gambar begitu. bahkan waktu kecil. dan yang saya ingat temen-temen saya waktu kecil ndak ada yang gambar begitu. terlalu mengeneralisir.

    ReplyDelete
  32. saya tidak pernah gambar begitu. bahkan waktu kecil. dan yang saya ingat temen-temen saya waktu kecil ndak ada yang gambar begitu. terlalu mengeneralisir.

    ReplyDelete
  33. saya lagi belajar bikin blog nih...sendiri coz yang diminta ngajar lagi pergi..aduhh...tolong donk...

    ReplyDelete
  34. aqu juga waktu kecil gambar pemandangan spt itu, eh ampe gede juga tetep spt itu..ga nambah2

    ReplyDelete
  35. Dulu aq ngegambar beda ama yg itu.. eh, ama guruku malah dimarahin..
    soalnya, gunungnya ada 5, mataharinya katanya kebanyakan.. jd ajah, aq ikut2an dua gunung..

    ReplyDelete
  36. hati2
    nanti dipatenkan sama malaysia sebagai gambar resmi kanak2 kerajaan malaysia

    ReplyDelete
  37. wkwkwkwk, sampe sekarang kalo dsuruh gbr pemandangan jg paling2 masih getoh... cuman bedanya, dulu mataharinya tiga, sekarang satu aja udah cukup. xixixii

    ReplyDelete
  38. dari jaman mbah-mbah sampe sekarang,maupun dari anak-anak sampe orang tua, kaLo diminta menggambar pemndangan yg muncuL pasti yg itu itu juga. dua gunung, matahari Lagi senyum, awan, burung, sebuah pohon, sawah, sebuah rumah (entah bener ato sekedar gubuk), jaLan. itu menjadi haL yg utama. seharusnya..guru tuh kaLo ngajarin siswa dibawa ke Luar aja. so, bisa Liat secara Life en then biar mereka berkreasi sesuai dengan indera mereka. namabya anak-anak kaLo dikasih tau begini, nantinya susah buat berubah jadi begitu.apa yg dicontohin ya ntu yg dittiru.
    pemandangan kan gak meLuLu gunung.
    makanya...
    guru beLajar kreatif juga, bukan cuma siswanya doang.

    ReplyDelete
  39. hmmm jadi pengen gambar gunung lagi negh...hehehe

    ReplyDelete
  40. Mas anang "nyadur" gambar saya ya ?? e..e kamu ketahuan...itu hasil kreasi saya lo mas -/+ 16 taon yang lalu....hehehe.

    Toh hasil penelitian menunjukkan anak2 se Indonesia banyak yang ngejiplak gambar aku .... wakaka...

    Kapan neeh Indonesia bisa maju klw pikiran kita kudu waktu msh mungil rata-rata pada smua....

    makasiy mas anang ..jadi teringat masa kanak2 dulu.

    dari : rinaldisatriamt.blogspot.com

    ReplyDelete
  41. saya juga waktu SD menggambar begitu, itu karena saya tinggal di pegunungan dan gunungnya sama persis dengan gambar itu,
    menurut saya itu karena mencerminkan wilayah Indonesia yang ada pegunungannya
    namanya juga gambar pemandangan ya gambarnya seprti itu, coba saja kalo disuruh menggambar perkotaan kan pasti gedung2 yang di gambar..

    ReplyDelete
  42. sama, gambar saya dulu juga gitu :p
    tapi sekarang beda, kebanyakan jepret sendiri kalo sekarang, ahhahahaa, di www.galerindo.com

    ReplyDelete
  43. Hahaha...

    Aku sampai sekarang juga cuma bisa gambar yang seperti itu

    ReplyDelete
  44. gambar saya sewaktu tk dulu memang begitu..
    entah kenapa guru2 sering sekali menyuruh anak murid menggambar pemandangan. coba begini ,"ayo anak-anak kita gambar komputer".
    hehehehehe...

    ReplyDelete
  45. program brainwashing dari guru2 SD berhasil banget tuh, mas! coba sekarang mas anang dikasi kertas kosong dan disuruh gambar pemandangan pasti gambar dua gunung juga to... hayo ngakuuu!!

    ReplyDelete
  46. gambar dua gunung tu udh jadi hak cipta anak indonesia, jd lbh baik di daftar ke kantor HAKI biar jd icon gmbr anak2 indonesia hehe

    ReplyDelete
  47. sori ya... jaman temen2 gw bikin gunung kembar, gw gambar pemandangan afrika hehe

    ReplyDelete
  48. WAKAKAKAK MIRIP GAMBAR GW WAKTU KULIAH ( WKWKW JUST GUYON)

    ReplyDelete
  49. Mas Anang ni cocoknya temenan ama Mas Dedy Corbuser :-)

    ReplyDelete
  50. salam kenal, ini kunjungan perdana ke sini.
    gambar 2 gunung ini masih didukung lagunya AT Mahmud, memandang alam dari atas bukit
    sejauh pandang kulepaskan
    sungai tampak berliku
    sawah hijau terbentang...
    rasa2nya kalo pada SD akhir 70-an sp tahun 80-an pasti pada tahu lagu ini.

    ReplyDelete
  51. huaaaaaaaaa...aku juga selalu gambar sepeeti itu loh dulu..persiiisss apa yg ada digambarr...apa mas anang neh ngambil gambarku ketika aku kecil yah...ahahahaha

    ReplyDelete
  52. Yang heran-a, anak2 yang tinggal di perkotaan pun ngegambar gunung.. liat dari mana ya objeknya... :D

    ReplyDelete
  53. haha..ingat jaman SD dulu, kalo disuruh nggambar pemandangan pasti pake 2 gunung, jalan di tengah, sawah di pinggir, tapi beralasan sih soalnya view di depan rumahku memang 2 gunung ( merapi & merbabu ), apa mungkin karna ini aku dulu kalo gambar pasti pake dua gunung dgn tinngi yg beda spt yg sehari - hari aku lihat..??

    ReplyDelete
  54. sebenernya yang ngajarin kan bu guru ama pak tino sidin.

    ReplyDelete
  55. kita kurang diajari kreativitas sejak dini

    ReplyDelete
  56. klo sekarang mas..dilereng gunung g ada sawah lagi..klo villa banyak..tu liatt

    ReplyDelete
  57. Wah, jadi teringat waktu SD...
    Hidup Gunung^^

    ReplyDelete
  58. Gambar iku mboyz! Mungkin hasil dari beberapa tahun yang lalu, para guru mengajarkan seperti itu. BTW, saya juga guru loh!! Sapa mau tak hajar? :))

    ReplyDelete
  59. ga juga si mas...
    (bagi saya)

    kalo saya waktu kecil (4 taun) gambar pemandangan
    ya pmandangan tentang programming kompi saya...

    pas (2 taun) malah gambar pemandangan luar angkasa di dinding

    ReplyDelete
  60. o iya,
    selama TK - SD kalo saya gambar pemandangan juga ga pernah d kertas... gmbar'a d kertas kalo lagi tidur

    biasanya d laptop ayahku kalo lagi ga dipake...
    ga pake paint... tapi pake corelDRAW...

    kadang photoshop kalo lagi males

    ReplyDelete
  61. dulu kirain gambar itu memang dari contoh yang nyata, karena dari desaku terlihat 2 gunung berjajar (gunung merapi dan merbabu)
    E ternyata ketika udah gede, yang dari tempat tinggalnya tidak bisa melihat gunung, gambar pemandangannya juga seperti itu :D

    ReplyDelete
  62. ha..ha..

    Bener banget, coz Q dulu waktu TK N SD jga suka gambar gunung

    Knapa haruS gunung, ya???

    ReplyDelete
  63. ya...bener banget kalau masih TK Q juga sukanya gambar gunung terus
    selalu gunung .
    /.../..

    ReplyDelete
  64. hihihi...ternyata bukan saya aja yang suka gambar pemandangan kaia gitu waktu kecil..

    BAGI KALIAN YANG TERTARIK BISNIS ONLINE DENGAN MODAL CUMAN RP60.000!!!!!!!

    GUA JANJI DAH 2 MINGGU UANG MENGALIR!!!!!
    ASALKAN ANDA MEMILIKI KOMITMEN!!!!

    INI BUKAN PENIPUAN!!!!!
    MONEY GUARRANTE 100%!!!!!!!

    ReplyDelete
  65. Lam kenal, mas aku inget waktu sd... tapi sampai sekarang pun aku masih suka menggambar karena itu emang kerjaanku..

    ReplyDelete
  66. Nggak keterusan juga, SD aku sering nggambar kartun, SMP langit (cakrawala), SMA bangunan, sekarang simbol-simbol. Jadi manusia itu tidak melulu dipengaruhi struktur DNA/ pengalaman lampau saja menurut saya… Selama dia bisa mengembangkan otak kanan, kiri, tengah, luar, dalam, dan bawahnya sama baik, hehehe

    ReplyDelete
  67. Saya nggak sekolah TK tuh, jadi nggak pernah ngrasain...

    ReplyDelete
  68. jadi keingat semasa di tk dulu.
    seru juga lo..
    jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..
    click this

    ReplyDelete
  69. ,wah kalaw itu sih gambar aku waktu SD mas?
    ,gkgkgkgkgkgkgk

    ReplyDelete
  70. keinget masa SD...
    gag pernah bisa gambar...:D

    ReplyDelete
  71. gambr yg paling sering q muat di buku gamabr.. mudah, indah, dan bermkna..

    ReplyDelete
  72. gambaran saya dulu sewaktu masih imut2 dan lucu2..

    dgn saya yg msh ukuran segitu dlu, gambr ini adl yg paling susah..

    ReplyDelete
  73. gambar pemandangan yg indahh..

    ehmm, waahhh...

    ReplyDelete
  74. gambar pemandangan yg indah, cocok buat penghias ruangan..

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)