Tutorial Cari Uang

Tuesday, January 06, 2009

Plurk Keparat (?)

MANFAAT ATAU KEPARAT SIH....
Tergantung dari Sisi Mana Kita Melihatnya....



Plurk, sebuah layanan microblogging yang sedang digandrungi banyak orang ini sedang naik daun. Pamornya bahkan hampir menyamai macroblogging (=blogging)... Hihi... Kadang blogger sampai lupa mengurus blognya lantaran sibuk dan asyik dengan mainan yang satu ini.

Di blog putih hitam pula pernah terselip dua posting tentang plurk. Pertama, saat pertama kali saya tergoda menggunakan layanan microblogging ini. Kedua, saat saya menutup plurk keparat ini 5 hari kemudian demi menghindari kecanduan akut yang lebih parah yang selalu menimpa plurkers pemula.

Namun, kini buat saya plurk dan blog haruslah tetap berjalan beriringan dan tetap berada pada porsi masing-masing. Plurk yang meski kebanyakan berisi posting-posting singkat dan kadang hanya menyampah tetap saja bisa bermanfaat.

Lihat bagaimana dengan sebuah posting sederhana di plurk, seorang blogger mampu menunjukkan kelemahan sistem database anak sekolah yang terlalu diumbar serta lewat kesolidan plurkers akhirnya bisa menggalang kekuatan massive untuk menyuarakan lebih lantang.

Atau coba tengok bagaimana cepatnya arus informasi dan reaksi blogger dengan bencana gempa Manokwari yang terkirim melalui posting-posting yang bertebaran di jagad plurk.

Dan pada akhirnya tercetus gagasan untuk membuat Blogger Response Team (Blogger for Humanity), semacam unit reaksi cepat menangani bencana yang digawangi oleh para Bloggers. Tim ini merupakan jaringan blogger seluruh Indonesia yang siap menjalankan misi kemanusiaan untuk membantu korban dan penanganan musibah bencana alam di seluruh Indonesia. [...] Silahkan gabung di milis Blogger Peduli ini disini, serta cek websitenya disini.

Posting-posting singkat di plurk yang cenderung ceplas-ceplos kadang juga bisa dimanfaatkan sebagai ispirasi serta bahan tulisan di blog... Layanan microblogging ini pun bisa kita manfaatkan sebagai sarana menggali ide menulis serta berfikir....

Plurk memanglah hanya menjadi trend sesa(a)t pada akhirnya... Tak akan mampu menggeser blogging sebagai nenek moyangnya. Haha.. Lha wong plurk itu microblogging, ngeplurk kan juga blogging to....?

Entah kapan era plurk ini akan berakhir seperti layaknya jaiku yang pesonanya kian memudar pelan tapi pasti... Semuanya tergantung pada motivasi dan semangat para plurkers untuk tetap meramaikan jagad plurk ini...

Jadi, sudahkan anda menjadi plurker? Atau apakah blog anda terbengkalai karena sibuk plurking? Hihi... Apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan selama plurking.... Ayo silahkan sharing dan berbagi komentar di posting ini.....

93 comments:

  1. hehehe toss dulu utk yang beriringannya :p
    intinya sih PENGENDALIAN DIRI :P

    tapi sy bertanya2 koq seperti itu dimasukkan detik inet sih? bukannya di forum aja? fiyuh :P

    ReplyDelete
  2. Wah mas kalo aku sech gak kayak gitu... Yang penting punya ajah... gak sampe se addicted seperti itu sampai menghabiskan waktu.... Jadi kalo Mood nge-Plurk ya nge-Plurk... Gitu...

    ReplyDelete
  3. setuju sama rezki, dibawa asik aja ... (banana_cool) wih sampe 3 postingan tentang plurk rek ....

    ReplyDelete
  4. ah blog ini kini lebih ringan .. seep

    ReplyDelete
  5. Wah kalau aku ya yang tak utamakan Blognya, trus PLURK. Jadi seimbang. Kayak Empat sehat Lima sempurna.

    ReplyDelete
  6. duh sampai sekarang aku blm daftar ke plurk...
    (*menyedihkan bukan?

    ReplyDelete
  7. Pada gak ada kerjaan ya? Sungguh besar dosa pembuat layanan plurk ituh

    ReplyDelete
  8. Takut kecanduan nanti malah nggak sempat membuat postingan

    ReplyDelete
  9. udah jarang buka saya mas :P

    ReplyDelete
  10. tapi aku lagi betah di FB nang.soale plurk suka lemot... *ah jadi teringat si pisang :D*

    ReplyDelete
  11. Ealah.. pertama kenal plurk malah aku gak ketagihan.. knapa ya? apa karna hp gak bisa buat internetan? hehe.. plurk mah malah terbengkalai karna pake karma2 segala.. bete..

    ReplyDelete
  12. opo tho kuwi ? kok aku sik ra mudheng. Disambeli trasi keno ra ? hehehe...

    ReplyDelete
  13. belom sempet nyoba mas, masih ga tau. xixixixixi

    ReplyDelete
  14. yah, jadi penasaran ama plurk, mang sehebat apa sih kok bisa kecanduan para blogger dengan plurk

    ReplyDelete
  15. Hehe... iya nih...

    apa enaknya sih ngePlurk..,
    gara2 baca detikinet hari ini.. hehe.. jadi penasaran...

    Sip3x...

    ReplyDelete
  16. dah liat sejenak, gak menarik dan gak tertarik, biasa aja (hehe...padahal karena gak ngerti)

    ReplyDelete
  17. jadi penasaran sm plurk, pingin daftar tp kok keknya males. Udah punya fs, facebook, myspace, LC...tp semuanya terbengkalai heheh...

    ReplyDelete
  18. kalo aku sih kecanduan Facebook sampe lupa nge-blog :D

    ReplyDelete
  19. plurk, makanan apa sie????

    belom pernah nyoba...

    ReplyDelete
  20. nge-Plurk emang berbahaya
    pi setidaknya kan bisa buat promosi blog ijo to..
    hahaha.

    ReplyDelete
  21. plurk, blog, dan facebook berusaha terus di update secara berkala :-)

    sempat kecanduan Plurk karena pengen ngejar nirvana, tp sekarang dah biasa-biasa saja ...

    ReplyDelete
  22. Saya belum kenalan sama plurk mas...
    Itu kok kayak bu Mega?

    ReplyDelete
  23. Untuk saat ini, saya masih dapat menahan godaan adanya plurk walaupun beberapa kali telah mendapat invite dari beberapa teman....
    Takut kecanduan dan sulit sembuhnya...

    ReplyDelete
  24. Bagus plurk teruskan peruanganmu hu5x....

    ReplyDelete
  25. Penasaran juga niyh dengan Plurk..

    ReplyDelete
  26. saya sudah lama punya plurk
    tapi masih bingung
    jarang tak pake

    ReplyDelete
  27. padahal saya belum cobain rasanya plurk

    ReplyDelete
  28. ga pernah ngeplurk saya :)

    ReplyDelete
  29. harus imbang donk...
    kaya' yang dibilang arqu3fiq, 4 sehat 5 sempurna...
    jgn lupa minum susunya...
    xixixixixi

    ReplyDelete
  30. Apapun layanan bloggingnya, jangan lupa makan dulu.

    ReplyDelete
  31. ket wingi aku kok gak isa komentar di aliran google?

    ReplyDelete
  32. sampai sekarang aku masih menganggap plurk cukup penting, karena bisa menyampaikan pesan (penting maupun tidak penting) lebih cepat, terutama kalau anggota komunitas kita semua ada di plurk.

    ReplyDelete
  33. untung sayah bukan plurker
    kayae lebih enak nyerap ilmu blogging dari pada plurk. lebih jelas dan gamblang. kalao di plurk beritae singkat2 dan asal ceplas ceplos ndak jelas.

    ReplyDelete
  34. yup plurk sekarang mulai menggeser keberadaan blog !!! apa kata dunia

    ReplyDelete
  35. moga2 gak terjerumus lebih dalam plukers ini..huhuhu

    ReplyDelete
  36. untung saya gak kecemplung di plurk hehe.. karma nol terus gak naek2 gara2 jarang update nih

    ReplyDelete
  37. weleh, saya sempat agak intens bergaul dengan plurk trus menghapusnya, baru beberapa hari sudah bikin ID baru lagi. plurk oh plurk :))

    ReplyDelete
  38. Pokoknya say "ndak to Plurk!!"

    ReplyDelete
  39. ngeblog aja dah puyeng gimana mo ngeplurk

    ReplyDelete
  40. Ngeplurk itu naik daun sampai.... ada produk yang lain yang lebih melekat dihati :-)

    ReplyDelete
  41. di blog biru sendiri sampe ada berapa postingan yang bahas ini, cak? ngyehehee....

    enjoy nge-plurk dech... aku kok keknya ga kepengen, ato karna ga punya temen,, ngyahahaa....

    ReplyDelete
  42. wah saya belum nyoba mas, jadi ga tau T_T

    ReplyDelete
  43. kalo aku sih ampe saat ni ga kuat nge-PLURK...
    lum cukup waktu untuk itu.......

    ReplyDelete
  44. aku ketinggalan kereta kang belum ikutan Plurk nih

    ReplyDelete
  45. aku bukan plurker, katrok yo ben!

    ReplyDelete
  46. enggaq ikutan :D males nyobain. takut nyandu hehehe lha rumah aja gak keurus

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Kayak narkoba aja kecanduan!!
    perlu dibasmi tuh....

    ReplyDelete
  49. untung saya tidak ikut2an nge-plurk

    ReplyDelete
  50. Jangankan plurk, account lain macem FS sama facebook aja saya gak punya... :D

    ReplyDelete
  51. Plurk saya malah lupa saya urus lagi, Om..
    Hehehee.. Males, ah..

    ReplyDelete
  52. saya nggak punya plurk dan belum tertarik :_ hehehe

    ReplyDelete
  53. aku pilih fesbuk aja deeeh..

    ReplyDelete
  54. sama sekali ndak minat nge plurk aku :P

    ReplyDelete
  55. plurk sy udah ada...tapi masih bingung tuh mas Anang mengoperasikannya........hehe

    ReplyDelete
  56. wah passwordnya plurk ku apa yak :D ampe lupa saking lamanya ga di sentuh

    ReplyDelete
  57. sampe sekarang saya ga bisa memanfaatkan plurk dengan baik.
    Plurk juga nyedot otak saya...
    menjadi kan ide hanya satu baris dan terbang begitu saja.
    Saya pro blogging!
    totally!

    ReplyDelete
  58. waooww...
    keparat?!! bikin pecasndahe hahaha

    ReplyDelete
  59. undangan ARUH BLOGGER 09 dari Komunitas Blogger KalSel (http://kayuhbaimbai.org). berita event silakan akses di http://aruhblogger.com. Mohon informasikan ke rekan2 Blogger disana

    salam kenal dari KalSel
    chandra

    ReplyDelete
  60. wah.. karmaku ga naik2, bisanya cuman naik turun thok, mana enak!
    gara2 akhir2 ini jarang nge-plurk, keasyikan nge-blog 'n nge-game

    ReplyDelete
  61. dulu aku anti dengan yg namanya plurk, karna sebelumnya dah tau bakalan ngehambat pekerjaan ... eh baru semalem aktifin lagi plruk ampe sekarang bener2 ngehambat pekerjaan ... jadi manfaatnya seh ga ada

    cuman untuk hiburan seh boleh tapi jangan ngeganggu ke kerjaan seperti saya ... hehe

    ReplyDelete
  62. aku lebih banyak ke twitter dari pada plurk nang :) walah ke jogja gak ngomong2 nang kalo gak bisa ketemu nih :D

    ReplyDelete
  63. kalo kamu beda, nang. kamu blogger kelas atas, pasti bisa ngatasi antara blog dan plurk :P

    ReplyDelete
  64. *mode plurk: ON*

    mie2nk [bilang] PLURK dan BLOG, gag ada matinya deh... (dance)(music)......

    ReplyDelete
  65. gak ngefek...gak ngleplurk sih, gak sempaattttttt

    ReplyDelete
  66. wis gak ngeplurk maneh nang, berhenti sejak sudah mengetahui cara ganti template plurk.

    mengapa berenti? karena lebih bagusan template blogku hohoho....

    alasan gak masuk akal!

    ReplyDelete
  67. saya ngeplurk juga kok... kadang-kadang :D

    ReplyDelete
  68. Kalau saya sih masih lebih pilih twitter.com, soalnya plurk lebih cocok untuk pribadi yang narsis [ini penilaian saya aja lho mas] hahaha.

    Di twitter kita bisa memanfaatkannya untuk sharing informasi, dengan cara menggunakan hash tags semisal; #gaza atau #jkt sehingga twit kita bisa dibaca lebih banyak orang yang memerlukan informasi yang berkaitan dengan hash tags tsb.

    Selamat ngeplurk eh ngetwit ... pilih sendiri mas anang.

    ReplyDelete
  69. numpang promo lomba blog
    http://staronesolo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  70. waduh..baru tau nih..tapi masih setia dgn blogger aja

    ReplyDelete
  71. blogging, plurking, facebooking... nganti mumet karepe dhewe.
    hehehe...
    but still, so far plurk tempat yang paling enak buat nyampah...

    ReplyDelete
  72. Wah mas kalo aku sech gak kayak gitu... Yang penting punya ajah... gak sampe se addicted seperti itu sampai menghabiskan waktu.... Jadi kalo Mood nge-Plurk ya nge-Plurk... Gitu...

    ReplyDelete
  73. Ingin dapat MARYAMAH KARPOV gratis ?
    atau Ingin Pulsa 100 Ribu ?

    * Tersedia untuk 200 SMS pertama. (Untuk buku alamat pemenang akan dihubungi)


    Pertanyaan :
    Berapa jumlah huruf (x) Ketua Partai yang memperjuangkan petani & pedagang.



    SMS ke : 021-2804099(x)

    Ketik salah satu dari yang anda ingin :

    - Basmi Dewi Kolusi
    - Basmi Dewi Nepotisme

    ReplyDelete
  74. @galihsatria [suka] plurk, secara ia telah sampai nirvana (banana_rock)

    ReplyDelete
  75. sumpah. saya masih belum paham apa guna plurk.
    :)

    ReplyDelete
  76. kecanduan....Astaghfirullahal Adhim...
    kudu di gawe sing apik to rek...

    ReplyDelete
  77. Klo saya sih mas mo fokus 1 aja dulu... kalo banyak ilmu manajemen saya masih sedikit...

    ReplyDelete
  78. haiyaaaahh..PLURK??
    gw juga pnasaran ama plurk,,gw udah dftar,,tapi ga da gunanya tuh..ngapain cobaaa ngasitau kegiatan kita apa ajh..ihh..maless bgd!!
    sok sibuuuk ajh..
    nangis ditulis,,diem ditulis,,makan di*** ditulis..bedeuuhhh...capek deh

    ReplyDelete
  79. hmmm...dulu sih aku ngeblog trus,sampai akhirnya blogku yang postingannya bejibun banyaknya,error...gak bisa dipake buat posting lagi..nyebelin bget sampai akhirnya aku berganti plurk..tapi plurk karmanya cepet turunnya..jadi,,,malesss

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)