Tutorial Cari Uang

Sunday, April 19, 2009

Ujian Nasional

Musim ujian telah datang... Kini saatnya bagi adik-adik kita yang masih duduk di bangku sekolah dasar hingga menengah menghadapi masa yang boleh dibilang paling menjengkelkan selama menempuh pendidikan di sekolah. He... Ujian Nasional, Ujian Akhir Nasional bisa disingkat UN, UAN, atau UNAS. Kalau jaman saya masih muda dulu namanya adalah EBTANAS.

Menjengkelkan, tentu kita harus jujur dan tidak membohongi diri bahwa memang saat ujian ini adalah saat paling tidak menyenangkan bagi sebagian besar siswa. Coba saya tanya siapa yang senang ujian sekolah? Kalau senang sudah pasti akan dihadapi dengan hati ceria seperti hendak bertemu dengan sang kekasih saat malam minggu. Bukan gelisah dan cemas yang menghantui setiap kali menyadari bahwa hari ujian itu sudah bisa dihitung dengan jari. Haha..

Saya yakin bahwa salah satu hal yang membuat kita suka dan senang ke sekolah adalah uang saku dan ketemu teman atau 'teman' di sekolah. Ya kan?... Haha... Ini sudah umum di kalangan siswa kita. Kekeke... Bukan ujian. Kalau ada ulangan harian ada saja cara mengelak darinya. Belum belajar, besok saja pak, atau kalimat tolakan lainnya yang meluncur dari mulut mereka.. Nyahaha...

Namun, saat ini mereka tidak bisa mengelak sama sekali pada UN, karena dalam kurun waktu tiga minggu berturut-turut ini mereka akan menjalani hari paling menentukan dalam perjalanan tiga atau enam tahun selama di sekolah. Dimulai besok hari Senin (20/04) anak-anak kelas 12 SMA dan setingkat akan menjalani UN atau UNAS. Disusul anak kelas 9 SMP atau setingkat minggu depannya dan adik-adik kelas 6 SD dan setingkat beberapa minggu berikutnya.

Tahun ini standar nilai kelulusan meningkat dari tahun kemaren menjadi 5,5. Hanya ada dua opsi, lulus atau tinggal kelas. Masa belajar selama tiga atau enam tahun ditentukan dalam Ujian Nasional dalam rentang hanya beberapa hari saja. Berat memang, tapi mau bagaimana lagi pemerintah punya gawe besar yang katanya membuat kompetensi lulusan sekolah meningkat. Fyuh...

Banyak pro-kontra tentang pelaksanaan Ujian Nasional ini. Ada yang mendukung dan menolak jika UN ini menjadi tolok ukur lulus dan tidak lulusnya siswa. Saya tidak akan membahas ini terlalu jauh... Silahkan beropini saja sendiri. Saya yakin anda bisa arif dan bijak memahami permasalahan ini. Hehe...

Kini, satu hal yang pasti bahwa yang saya pahami adalah esensi Ujian Nasional hanya pada hasil, bukan pada proses mendapatkan hasil itu. Hehe... Tujuannya mendapatkan nilai yang bagus, bukan pada pemahaman materi yang didapat selama bertahun-tahun di bangku sekolah. Hehe.. Maaf jika pemahaman saya salah.

Realita yang ada kini dan menjadi rahasia publik adalah siswa diajak untuk saling bekerja sama menyukseskan hajatan terbesar pemerintah dalam hal pendidikan ini. Saling bahu-membahu mencari cara untuk lolos dari ujian nasional. Sudah bukan jamannya lagi mengerjakan soal dengan membungkuk seraya menutup lembar jawaban dari pandangan teman-teman di sekitar. Kuno...

(ilustrasi) Kuno, egois saat ujian. Jangan melihat pekerjaanku!

Pihak yang direpotkan dan dipusingkan tidak hanya siswa melainkan guru juga. Lha kalau banyak yang tidak lulus yang kena imbasnya juga pada sekolah. Makanya tidak heran kalau banyak guru yang berusaha mencari jalan pintas seperti mencuri naskah soal ujian nasional, mencari bocoran soal unas, dll....

Saya hanya ingin mengucapkan buat adik-adikku tercinta yang akan menghadapi Ujian Nasional, Ujian Akhir Sekolah. Selamat belajar dan selamat menikmati hari-hari menentukan ini dengan senyum dan optimisme tinggi! Semoga sukses dan berhasil serta semuanya lulus dan lolos... Amin.....!

Gambar asli disini

48 comments:

  1. ho oh nang sekolah kij emang njelehi.....wis mbayar....yen ga gawe pe er di seneni guru maneh...hehehehehe....untung aku wis "pensiun"

    ReplyDelete
  2. ealah, tak pikir ada bocoran uan.. :p

    ReplyDelete
  3. ya
    aku benci banget sama ujian
    apalagi ujian nasional pake standar batas minimal kelulusan
    sekarang sih katanya 5,5
    hiks
    :(

    ReplyDelete
  4. Mantap mas ANANG,, Yg gak ujian. . bezok snin-rabu libur. . . Horeeee. . .

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Ketika pendidikan berubah menjadi industri.., pendidikan tidak lebih adalah mein pembodohan...

    ReplyDelete
  7. sekolah tu menyenangkan ..buatku banyak variasi hidup ada pada saat kita sekolah....walo susah,capek dongkol apalagi pusing..hehehe itulah seninya sekolah...

    ReplyDelete
  8. yah,,gak pertamaxx...
    au ah,, dah lewat nih kita ujian2 nasional..udah gak lagi.. :D

    ReplyDelete
  9. semoga tahun ini lulus 100% ya :D hehehe....

    ReplyDelete
  10. semoga adik2 kita bisa meleati masa2 kritis menjelang UN dg baik sehingga ndak sampai stress, apalagi depresi.

    ReplyDelete
  11. semoga para pelajar semangat dan lulus dengan hasil yang memuaskan..

    ReplyDelete
  12. Wah... iya nich, adekku mau pinjem HP yang ada blutut nya mas, katanya biar gak makan pulsa tuk smsan ama temen nya hehehehe =))

    ReplyDelete
  13. gambarmu kok apik nang ...
    saiki gak oleh pelit pas ujian.

    ReplyDelete
  14. Dari dulu jaman EBTANAS pun juga orientasinya juga hasil. Cuma dulu kan belum secanggih sekarang dan belum dibesar-besarkan seperti sekarang. Jadi masih banyak yang mendapatkan hasil yang baik dengan cara yang jujur.

    ReplyDelete
  15. Ujian-ujian yang ujian jangan lupa belajar.

    ReplyDelete
  16. ho oh ujian memang masa yang memusingkan gak enaklah...

    ReplyDelete
  17. gambar dari ilustrasinya sangat lucu. anak-anak SMA sekarang banyak yang bertubuh besar 'kah? hehe.....

    gambarnya bagus.

    selamat menempuh ujian, adik-adikku di Indonesia!

    kamu BISA!

    ReplyDelete
  18. wah kalo ada yang gak mau ngasi tau,,heheheh
    dihajar rame2 tuh

    ReplyDelete
  19. ujian... adek ku ge ujian ... doain yah mas anang..


    ha ga ga ga ga...

    ReplyDelete
  20. Aneh, institusi pendidikan kok melanggengkan dan membudayakan budaya kecurangan.

    ReplyDelete
  21. Ujian rek...
    ayo siap-siap...
    ayo sinau bareng...
    ayo sembayang tahajut terus ndungo....
    mugo-mugo ujiane luancaaar, nilaine uaaaapik...

    ReplyDelete
  22. Met ujian bagi yg ujian,..

    semoga sukses...

    ReplyDelete
  23. enak sing gak sinau.. ahhaha...

    aku biyen luwih sering nyontone timbang nggarap dewe... hohoho.. tapi nyontone nang wong huwakeh, trus tak itung suara terbanyak.. brati jawabane sing kuwi.. hahahaha...

    ReplyDelete
  24. Aku sekolah ratahu nyonto ... lawong aku sing pinter dewe ... hee hee hee ... katrok ... yaa ... narsis yaa ... ben sak karep mu ...

    ReplyDelete
  25. kalau jaman saya dulu asala berangakat ujian pasti lulus.. beda dengan sekarang

    ReplyDelete
  26. Standar ujian makin tinggi... belajar lama.. cuma di tentukan 3 hari... hikssss.. kasihan adik2 gw... :)

    ReplyDelete
  27. Tapi ada satu Keunikan UN, yaitu seluruh anak Indonesia pasti mengerjakan soal UN yang sama. Jadi beruntunglah bagi kalian yang anak Jakarta, karena Sekolah-sekolah di Jakarta sudah seperti sebuah Paguyuban. Dari paguyuban tersebut, biasanya setiap 2 Minggu sekali diadakan Try Out Paguyuban dan Diselingi oleh Try Out dari Sanggar yang soalnya Jauh lebih susah daripada UN. Jadi Beruntunglah kalian karena kalian dapat bersekolah di Jakarta.

    Hehe, Selamat Menempuh Ujian untuk Teman2, Kakak Kelas, dan Adik Kelas Semuanya. Jangan lupa Berdoa, dan Tidak Boleh Mencontek di saat UN yah!

    ReplyDelete
  28. semoga tahun depan saya bisa melewati Un dengan baik

    ReplyDelete
  29. wah repot jg ya klo kelulusan ditentukan ama ujian nasional, he eh..untung dah terlewati dan gak mau melewati lagi kekekekke.

    ReplyDelete
  30. soalny2 ga susah2 kyknya he3

    ReplyDelete
  31. Mending sistemnya dikembalikan seperti dulu aja. Nyatanya orang dulu tanpa ujian nasional pun banyak yang pintar. Lagian yang gak lulus juga bisa ambil kejar paket. Lha buat apa? kalo akhirnya sama2 lulus.

    ReplyDelete
  32. Ih.. kayaknya kalo aku masih sma jaman sekarang.. aku gak lulus dh.. secara nilai matematika aku di bawah 5.. hahahahah.. Lacuurr..

    ReplyDelete
  33. kalo menurut saya UN tuwh gak efektif karena penilaian tidak hanya dapat ditentukan oleh UN,seharusnya banyak pertimbangan lain juga..

    BAGI KALIAN YANG TERTARIK BISNIS ONLINE DENGAN MODAL CUMAN RP60.000!!!!!!!

    GUA JANJI DAH 2 MINGGU UANG MENGALIR!!!!!
    ASALKAN ANDA MEMILIKI KOMITMEN!!!!

    INI BUKAN PENIPUAN!!!!!
    MONEY GUARRANTE 100%!!!!!!!

    ReplyDelete
  34. wah gimana yah kira2 hasil ujian tahun ini.. moga2 saja tingkat prestasi belajar di setiap daerah meningkat.. terutama kelulusan nya boleh maximal........

    ReplyDelete
  35. menghadapi UN memang sangat deg-degan namun, setealah akhirnya melewati itu semua rasanya sangatttt melegakan apalagi kalau dah denger kelulusannya

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)