Tutorial Cari Uang

Wednesday, July 30, 2008

Kenyamanan Browser

RELATIF TERGANTUNG PENGGUNANYA
Kenyamanan Opera untuk Bwalker Aktif


Membaca postingan Yeni 'Sandal' Setiawan tentang hal-hal yang membuat nyaman saat browsing membuat saya menempatkan Opera pada posisi pertama the most accessible browser on earth. Hehe..

Opera memiliki kelebihan bisa mengedit atau mengatur ulang shortcut sesuai dengan kebutuhan... Ini memudahkan kita untuk mengatur tombol cepat untuk kenyamanan kita dalam berselancar di internet.... Hehe...

Hm... Buat para bwalker atau blogwalker aktif dan tukang sampah dari blog ke blog, menggunakan Opera adalah salah satu pilihan bijak. Selain dengan pertimbangan bisa mengatur ulang shortcut, default shortcutnya pun sangatlah istimewa.

Lihat saja, dengan menekan tombol Tab atau Shift + Tab maka kita akan langsung meluncur ke form yang ada di situs. Hnah... Buat para speedreading, misal mereka membuka blog-blog wordpress, maka cukup hanya scroll sedikit halaman web, mencari keyword di blog paragraf per paragraf. Dan tekan tombol Tab, maka kita dibawa menuju form pada kolom komentar. Yippy. Isi komentar. Lalu tekan Space yang sama saja artinya dengan kita menekan button submit komentar. Hehe.... Praktis sekali.

Kalau dengan browser lain mungkin langkahnya agak lebih panjang, klik - tulis nama - klik - tulis email - klik - tulis url - klik - isi komentar - klik submit. Dengan opera, itu semua bahkan bisa dilakukan dengan menggunakan kombinasi keyboard saja. Tab dan Space. Hihihi... Kalau sudah selesai berkomentar, tekan F8 untuk menuju address bar dan tulis URL selanjutnya atau close tab dengan menekan Ctrl + W. Begitupun saat hendak login, dengan menekan Tab kita akan langsung dibawa menuju form login. Efisien dan praktis sekali.

Dengan menekan tombol Shift pada saat kita mengklik suatu link maka link tersebut akan dibuka pada tab baru. Jika dikombinasikan Ctrl + Shift maka link tersebut akan dibuka pada background tab. Ada juga fasilitas go to URL, untuk menuju ke url yang tanpa tag link. Paste and Go pada address bar, tanpa repot-repot klik paste dan klik enter. Dan masih banyak tombol cepat atau shortcut pada Opera yang lainnya.... Untuk default shortcut opera yang lebih lengkap silahkan dibaca disini.

Ngomong-ngomong soal speedreading. Kyai blogger, Slamet bukan nama sebenarnya, pernah berseloroh ketika readernya menyentuh angka 200-an lebih. Dan karena beliau adalah salah satu bwalker aktif, maka ia pun segera bwalk dari satu blog ke blog. Beliau berfatwa, bahwa haram hukumnya untuk langsung saja 'marks as read' pada 200-an posting terbaru di feed reader-nya. Namun akan menjadi makruh hukumnya jika melakukan bwalk dengan speedreading dan meninggalkan jejak. Sunnah jika membaca total tanpa berkomentar atau berkomentar ala kadarnya. Serta wajib hukumnya untuk membaca sampai tuntas dan menuliskan komentar yang bermutu. Saya pun lantas mengamini saja. Haha...

Bagaimana dengan anda, apakah anda seorang bwalker aktif? Menggunakan Opera sebagai browser favorit? Ataukah browser anda sudah membuat anda nyaman? Apa pernah speedreading, atau selalu speedreading? Setuju dengan fatwa kyai blogger? Mari berbagi cerita disini!

70 comments:

  1. KEDUAX :
    Gak ngerti klo ngomongin beginian.. hue he he..

    ReplyDelete
  2. kadang2 saya aktif n smangad blogwalk,tp klo dah males ya mark all as read hahahahaah speedreading sih sering, kalo ndak minat lgsg mark as read.. yeahh.. so far sih masih nyaman pake si rubahapi :P

    ReplyDelete
  3. hmmm...udah pernah nyoba sih opera...tp daku rasanya masih sreg pk si rubah merah...apalagi udah ada yg versi baru, Firefox 3.0.1....

    ReplyDelete
  4. Opera sekarang emang makin enak..

    ReplyDelete
  5. pertanyaane kurang akeh Nang :D

    ReplyDelete
  6. Yeah, saya pun terkadang menggunakan opera. Meskipun browser favorite mah teteeeeep... firefox! :-D

    ReplyDelete
  7. 100% setuju sama fatwanya, cocok ni dengan pendapat saya :)

    ReplyDelete
  8. Kalo saya mah masih setia dengan mozilla. Dan saya sering banget itu yang namanya speedreading. Suka ngerasa ga enak sendiri sama yang udah capek2 nulis. Hehehe...

    ReplyDelete
  9. sayah?? punya opera tapi agak2 males mengulik lebih lanjut...hehehe... udah stuck di mozilla.. sayah kebanyakan bcanya full post baru kasih komen, tapi kalo ketemu yang agak boring baru deh bacanya cepet2 :p

    ReplyDelete
  10. saya masih comfort pake moxilla terutama sy pake linux, nyaman aja... :P

    ReplyDelete
  11. wahhh klo saya masih atuh cintama Firefox mas

    ReplyDelete
  12. peh gak enek pendukunge ngono nang??

    akhirnya ideku ditulis juga.. wahahaha..

    aku jamaahmu kok nang. tapi nggawe sing mini 4.1. nek pngn murah yo mini 3.hehe..
    gak mungkin lah fastreading, lawong mbayare lak per kabe, dadi diwoco gak diwoco kabene tetep kudu dibayar.. so, mending diwoco toh.. toh..

    ReplyDelete
  13. @ wkurniawan : kali ini lebih spesifik membahas opera dan kenyamanan dalam blogwalking mas.. hekekeke....

    ReplyDelete
  14. wah.. saya kalau saya lebih suka firefox mas anang...

    ReplyDelete
  15. enakan biasa aja ah,
    pake firefox baca posting ketik nama ketik email
    ketik website, ketik komentar tekan tombol kirim komentar deh

    ReplyDelete
  16. didi mah lbh afdol pake mozilla
    klo gk ada baru OPERA ...

    ReplyDelete
  17. klo saya lebih suka pake Flock sebagai fasilitas blogpost, blogread, ma blogfeed. coba deh mas,,

    Flock ntu memang didesain buat para blogger ma social networker (friendster, facebook, flickr, twitter, youtube, etc)

    ReplyDelete
  18. tms bwalker yg pasif so masih setia ama si rubah api :D

    ReplyDelete
  19. wadoh, pembicaraan tingkat tinggi nih...
    tapi sepertinya kepraktisannya menjanjikan yah? klo pake mac bisa ga, mas?

    ReplyDelete
  20. Klo aku masih paporit sama mozilla dan turunannya(firefox, netscape, ato k-meleon). Blogger direkomendasikan menggunakan Mozilla browser!
    Saya pernah gunakan opera untuk posting gambar dan hasilnya apa! gambarnya berantakan dan njebret karet(opera versi 9.25) moga - moga pada versi yang baru ini sudah diperbaiki!

    ReplyDelete
  21. Wah kalo saya tetep setia dengan si rubah api :D

    ReplyDelete
  22. opera yg terbaru lumayan keren dan saya suka..tapi untuk urusan nge-blog masih betah ama firefox, cuman sering firefox 3 ini bikin blogroll marquee ga jalan...jadinya sering juga selingkuh ke opera yg versi baru..ha..ha..ga konsisten yah..:)

    ReplyDelete
  23. firefox (fx, bukan ff) sebenernya jg bs diatur lbh bebas dgn ekstensi greasemonkey..sampe2 tiap ada form komennya tinggal enter tanpa baca (kl ngga ada antispam) :D [asusila dlm blogwalking!]

    tp saya masi make keduanya..akuuurrr...

    ReplyDelete
  24. Mas Anang aku Golput ae...Masalahnya aku kalo ngenet pindah-pindah Warnet jadi kalo di warnet itu pasang Opera ya aku pakai Opera, kalo pasang Mozilla ya kau pake Mozilla, kalo pasang ke-22 nya ya kau pake' semua...biar adil..kaya' poligami gitu...ekekekek..

    Yowes..Thx infonya bakal aku pake' kalo surfing dengan Opera...

    ReplyDelete
  25. klo saya mah lebih senang mozilla firefox *same different ma operah yaa?? :D

    ReplyDelete
  26. Wadowww...belum pernah nyobain Opera....

    ReplyDelete
  27. Opo ae lah...sing penting iso ngenet...
    crottt

    ReplyDelete
  28. ehm..ehm... terimakasih dah make produk gw ya... opera emang tiada duanya... he...he...wekekekek

    ReplyDelete
  29. Sudah sekian tahun pake opera malah saya nggak tahu trik ini.

    ReplyDelete
  30. saya masih setia ama firefox.

    ReplyDelete
  31. opera adalah browser kedua saya sesudah firefox, saya paling suka memang fitur "speed dial" dan "paste and go" nya, cuma sayang plugin2nya tidak sebanyak firefox, termasuk google dan alexa toolbar.. btw saya masuk yang mana ya.. soalnya kadang speedreading kadang dibaca menyeluruh postingannya, seperti postingan ini dibaca dengan seksama kata per kata :D

    ReplyDelete
  32. weh.....fatwane kyai Slamet dadekno Madhab Blogger ae cak..!

    ReplyDelete
  33. Mas udah tahu nggak, kalau Safari Browser menduduki di peringkat pertama browser dengan kecepatan tinggi dibandingkan dengan yang lainnya seperti mozilla, IE dan opera... mungkin mas bisa mempertimbangkan peringkat pertama browser yang mas gunakan. Ini bukan promosi loh.. He..

    ReplyDelete
  34. Hihihi.. kalo gitu aku lumayan banyak pahalanya ini.. he..he..

    Browser.. apa ajalah semuanya sama... Gak ada bedanya, Tergantung terbiasa sama yang mana kita browsing. Firefox, Opera, Safari atau malah Lynx browser sama aja lah.


    Asal jangan IE... *loh*

    ReplyDelete
  35. opera itu kueh atau apa mas?
    wong gaptek kayak aq taunya IE n Fx

    blas nggak nyambung mas...
    ngomong resep baru aja yuk masss...

    ReplyDelete
  36. kalo oprah winfrey show? atau dorce show gimana mas anang? bagus tuh buat hiburan

    *lari kencang

    ReplyDelete
  37. sy seperti yang lain, masih nyaman pake Mozilla nih. Tapi thanks yah atas informasinya, saya akan coba opera sesuai anjuran Anang.

    ReplyDelete
  38. Lagi kambuh Opera Browser semua nih ya? :)

    ReplyDelete
  39. msh tetep pake rubah api

    ReplyDelete
  40. halah apa pulak opera ini. ntar maleman dah tak klik.

    kalo beberapa hari gak BW, trus satu blogger nulis 5, aku cuma sempat baca 1 trus sisanya klik mark as read hwhehhe..dosanya berkurang ya

    ReplyDelete
  41. wah klo ane mah MOZILLA operasih jarang pake tapi klo koneksi cepat ya peke opera

    ReplyDelete
  42. mau ngapelin opera deh..siapa tahu nyantol,he..he..

    ReplyDelete
  43. hehehe aku seh mana ajah sama ..maklum gaptek hehehe

    ReplyDelete
  44. mana yg enak aja deh Nang, kalo aku punya utang bw byk bgt...

    Opera......males ah belajar lagi......*dasar pemalas*

    ReplyDelete
  45. saia pake Opera juga mas..
    pi ko buat posting ga WYSYWIG ya mas..
    lo buat BW sih oke2 aja..

    ReplyDelete
  46. masih setia dengan rubah api dan ie saja :)

    ReplyDelete
  47. bikin account di blogspot,wordpress,multiply,..
    ha,.ha,..sama mas aq juga,..
    HIDUP BLOG WALKING!!!

    ReplyDelete
  48. opera emang top markotop. saya selalu pake opera baik di kantor maupun di rumah, loadingnya itu lo..cepat banget. dan ringan pastinya.. termasuk blogwalker aktif, doyan komen dan ninggalin jejak,, hehe

    ReplyDelete
  49. setubuh, eh, setujuh mas. 'si rubah api' itu saya pakai, manggung juga di 'opera':d. tp yg plg ngeselin krn pake xp mo gak mau ie gak bisa dibuang :))

    ReplyDelete
  50. lha blogmu ada tulisane best viewed with Firefox, mangkanya aku pake ff aja :D

    ReplyDelete
  51. Kalo kataku pakai browser apa aja enak. Yang penting internetnya cepet dan gratis...

    ReplyDelete
  52. saya setuju dengan mas topique, jangan dilupakan Flock sebagai browser anyar turunan Firefox 3. Saya sudah membuktikannya, bagaimana dengan Anda?

    Baca reviewnya disini :p

    ReplyDelete
  53. blogwalking nih, slam kenal ya mas anang, oh ya, bleh tkeran link ga ' ? kalu boleh, tolong lansung direview ke blog saya langsung ya, di http://tpers04.co.cc, wah blognya keren euy, dpet page range 4, lha blogq, malah, di page rank aja ga' bis.

    ReplyDelete
  54. sementara masih nyaman pake mo-gila, eh mozilla firefox. Tapi pernah juga seh nyoba yang opera, semua dah masuk ke kompi kok...

    ReplyDelete
  55. kalo aku pake firefox tapi kalo hp pake adiknya opera..operamini :D

    ReplyDelete
  56. kalo saya blwaker kurang aktif menggunakan firefox.. hehehe

    Hidup Rubah Api!

    ReplyDelete
  57. Saya masih setia dengan firefox, opera mini pake untuk browsing pake hape...

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)