Tutorial Cari Uang

Thursday, March 05, 2009

Tembolok Google Cache

AWAS, GOOGLE SANGGUP MEMBONGKARNYA!

Hehe... Google Cache. Apa itu ya? Cache, atau padanan kata yang digunakan dalam Google versi bahasa Indonesia adalah tembolok.

Google Cache atau Tembolok Google ini adalah cached-copy web atau salinan dari laman web yang diambil oleh Google dalam proses penelusuran web (spider bot search engine crawling). Salinan web ini kemudian akan disimpan dalam pusat data Google.

Google akan mengindeks laman web (dan kemudian akan menambahkan pada cache atau tembolok Google) lebih sering apabila laman web tersebut terkenal (pagerank tinggi) dan update secara teratur. Update laman web secara teratur membuat tembolok atau cache akan otomatis berganti dengan yang cache versi terbaru, menggantikan versi lama dari cache laman web tersebut.

Adanya Google Cache atau Tembolok Google ini adalah sebagai arsip Google untuk menelusuri kembali laman web dan digunakan dalam proses pencarian dalam mesin pencarinya. Jadi kesimpulannya, Google adalah perpustakaan maha besar yang berisi milyaran bahkan trilyunan cached laman web.

Jadi, jika laman web tersebut telah 'punah', hilang atau telah diganti isinya, maka dengan menggunakan Google Cache atau Tembolok Google kita bisa menelusur ulang laman web tersebut persis sama seperti saat terakhir kali Google menelusuri, menyimpan dan mengarsipnya dalam pusat data tembolok (cache) Google.

Ada dua cara untuk kita membuka versi tembolok (cache) Google. Yang pertama adalah dengan mengklik link tembolok pada bagian bawah dari setiap hasil pencarian Google (pada beberapa web tidak tersedia karena belum atau tidak tersedia). Kedua, dengan memasukkan keyword pencarian cache:urlwebkita misalnya cache:anangku.blogspot.com

Google Cache atau Tembolok Google

tampilan cache Anang's Blog

tampilan Anang's Blog

Banyak yang menginginkan agar webnya cepat masuk dalam cache Google atau di-index oleh Google yang notabene adalah search engine atau mesin pencari terbesar dan terhebat saat ini. Ya, karena bila telah berhasil masuk dalam tembolok atau cache maka otomatis pula laman web tersebut telah lebih dulu diindex oleh Google. Begitu analoginya.

Mereka saling bersaing agar blog atau website cepat di-index Google dan agar mendapat kemungkinan besar mendapat posisi terbaik pada persaingan hasil pencarian Google atas keyword tertentu. Seperti yang telah dan sedang terjadi pada kontes-kontes SEO.

Tips dan trik agar cepat terindex Google dan mesin pencari mungkin bisa dibahas di posting berikutnya. Hehe.. Keep stay tune ajah...!

di google dua menit setelah posting

keyword: tembolok: #7 google.co.id
keyword: google tembolok. #1 google.co.id

Oh ya, Tembolok Google kadang bisa kita manfaatkan untuk membuka forum yang harus register dulu, membuka milis yang juga harus register dulu, membuka halaman web yang telah mati dan berubah kontennya, dll. Tergantung cerdik dan pintarnya kita dalam menggunakan tembolok Google juga sih.. Bisa untuk kebaikan bisa untuk kemudharatan alias keburukan.

Mata Google ternyata lebih tajam ketimbang SILET! Google sanggup membongkar apa saja. Hmmm.... Terima kasih untuk Google...

57 comments:

  1. kalo nggak salah loh, bisa diantisipasi dengan robots.txt, tapi kalo pake layanan free, jangan tanya deh...

    ReplyDelete
  2. ada cara kok bagaimana supaya tidak di index dan tidak di cache... cari aja di help google.. ada secara gamblang tersedia...

    ReplyDelete
  3. hoOh blog yg kehapus bisa diambil lagi kok...

    ReplyDelete
  4. huuuuuuuu dirimu itu yg ndak tau mampir...gemblung...

    ReplyDelete
  5. stand by dulu kang. :menyimak - Mode : ON- :

    ReplyDelete
  6. ooo
    gitu ya
    baru tahu mas Anang...
    :)

    ReplyDelete
  7. Kalo udah di-chace sama Google, berarti Blog-nya sudah "diakui memiliki" pengunjung dan "penting"..

    ReplyDelete
  8. Pake Google Toolbar mungkin lebih gampamg...

    This is Google's cache of http://anangku.blogspot.com/2009/03/tembolok-google-cache.html. It is a snapshot of the page as it appeared on 5 Mar 2009 05:05:00 GMT. The current page could have changed in the meantime. Learn more

    ReplyDelete
  9. hati² komentar dan postingan kalian dipantau oleh malaikat dunia maya yg mencatat amal = cache google.

    btw postingannya curhat ya mas? sambil coli ga? (lmao)

    selamat hari kamis kisanak ...

    ReplyDelete
  10. Wew,,,, sangar banget infonya,, hahags.....

    ReplyDelete
  11. wahhh perlu belajar soal ini. mohon petunjuk

    ReplyDelete
  12. wah bagus cak anang, thanks infonya

    ReplyDelete
  13. saya pernah memanfaatkan cache google ketika 10 posting terakhir saya lenyap akibat proses restore data yang salah tanggal. untung saya masih ingat judulnya sehingga google bisa mempersembahkan cachenya...

    ReplyDelete
  14. oh..
    begono to..
    hahaha....

    ReplyDelete
  15. cache itu nama aselinya anise ya?

    ReplyDelete
  16. ohhh , gtu ya mas anang!!! baru tau saya..

    ReplyDelete
  17. suiiiiiiip pernah nyoba' waktu buka milis yg terkunci eeeeee... bisa masuk ternyata...

    MATUR SUWON CAK ANANG

    btw...eson masuk 10 Top Komentator anangku.blogspot.com...MATUR SUWON CAK

    ReplyDelete
  18. Aku baru tau yang ini..
    Suwun mas anang..

    ReplyDelete
  19. asli gak mudeng.. emang eneng tembolok neng gugle? brarti kewan nuw...

    ReplyDelete
  20. saya gak mau berterima kasih ke google, lha wong dari dulu dikasih PR0 terus..

    ReplyDelete
  21. ingat tembolok ingat leher ayam
    tembolok google bisa nggondang ndak yah!

    ReplyDelete
  22. @ nggresik : iyo cak, sangar ya mbah google? :d

    ReplyDelete
  23. owalaahhh ora mudheng... minta les privat ae mas...

    ReplyDelete
  24. Sayah pake tombolok cuma kalo lagi fakir benwit sajah...

    *benwit lagi berlimpah*

    ReplyDelete
  25. google cache adek nya peter cache ya?

    ReplyDelete
  26. Mata Google setajam SILET!
    Heheheehe...
    Blog saya sudah ke-indeks, Om..
    *Pamer mode on

    Oya, trim's atas infonya, Om..
    Saya kurang paham kegunaan tembolok sebelumnya.

    ReplyDelete
  27. sak ngretiku tembolok kuwi ana nang gulu pitik yo??

    ReplyDelete
  28. saya juga pernah mas kehapous blog saya gara2 ganti theme..berhubung lupa apa aja urutanya langsung deh ke gugel cek tembolok hahaha nice info bleh :)

    ReplyDelete
  29. mantap inih tips nya.daku mo coba ah.makasih om

    ReplyDelete
  30. Hm... gitu yah.... baru tau nich... thanks ...

    ReplyDelete
  31. Dilihat dari sisi buruknya banyak gambar-gambar yang mungkin sudah dihapus masih ke cache, seperti gambar-gambar atau halaman web yang mengandung pro dan kontra.

    ReplyDelete
  32. Saya pernah ngilangin cache yang disimpen Mbah Gugel. Yaitu nomer hp saya yang saya pasang di tret jual-beli kaskus kalau ndak salah. Saya kontak ke admin gugelnya tapi aku lali carane piye. Sehari sesudahnya, nomer hpku udah ngilang dari temboloknya Mbah Gugel :D

    ReplyDelete
  33. Oke Mz artikelnya...

    Bleh y SayA PinJem PostingannYa Di BloG SaYa

    ;)

    ReplyDelete
  34. Ngecek blog saya ah....

    ReplyDelete
  35. wah mas anang, tambah TOP aja nih blognya

    ReplyDelete
  36. ""Tips dan trik agar cepat terindex Google dan mesin pencari mungkin bisa dibahas di posting berikutnya. Hehe.. Keep stay tune ajah...! ""

    Ditunggu mas, hhe =D

    ReplyDelete
  37. Terimakasih atas infonya...wahh membantu banget nih infonya...aku nyari di google eh nemu web ini...lumayan dah nambah ilmu gue..

    ReplyDelete
  38. cara update tembolok itu sndiri, gmna yaw???

    ReplyDelete
  39. mas anang blognya keren
    tukar link bisa gak mas?

    ReplyDelete
  40. "Oh ya, Tembolok Google kadang bisa kita manfaatkan untuk membuka forum yang harus register dulu, membuka milis yang juga harus register dulu, membuka halaman web yang telah mati dan berubah kontennya, dll."

    benarkah?? sayangnya terkadang ada web yang punya system lebih canggih, tapi terlepas dari itu semua, google memang hebat! :)

    ReplyDelete
  41. mas kalo saya mo hapus alamat email saya yang terindeks di google gimana ya? padahal halamannya sudah hilang, dan halaman web itu bukan saya adminnya bisa ngak ya dihapus walaupun saya bukan admin?

    ReplyDelete
  42. mas tolong di jawab secepat mungkin ya

    gimana caranya biar ga terdeteksi alias ga ada temboloknya gitu . soalnya ane ga mau kalo di liat orang

    ReplyDelete
  43. wah wah pantesan trafiknya web aku turun drastis.thks.infonya bro

    ReplyDelete
  44. Jadi ngerti saya Brad,... Thanks infony yach, sangat membantu untuk newbie seperti saya ^__^

    ReplyDelete
  45. Kalau blognya umur sebulan, bisa keluar temboloknya ga di google?

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)