Tutorial Cari Uang

Monday, May 21, 2007

Liga Spanyol Makin Panas

Di saat kompetisi liga di beberapa wilayah Eropa sudah usai, Liga Spanyol tetap bergairah dan makin memanas hingga akhir musim nih... Persaingan empat tim calon jawara Spanyol masih tetap berlangsung dengan sengit.

Barcelona sebagai status juara bertahan tentunya tidak ingin gelarnya hilang begitu saja jika gagal menjuarai Primera Liga musim ini. Real Madrid pun tak mau gigit jari untuk dua tahun berturut-turut dan bernafsu memboyong tropi Liga Spanyol ke Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid. Begitu juga Sevilla yang telah menjuarai Piala UEFA setelah mengkandaskan tim senegaranya, Espanyol, lewat adu penalti, sudah pasti ingin tetap menjaga peluang memperoleh treble winner - juara di tiga kompetisi. Pun demikian dengan El Che Valencia yang masih punya peluang juga ingin memuaskan pendukung mereka dengan raihan gelar di Liga Spanyol, setelah mengarungi beberapa musim tanpa gelar.

Persaingan ke-empat tim tersebut sangat ketat, Real Madrid untuk sementara ini memimpin klasemen dengan nilai sama dengan yang dimiliki Barcelona yaitu 69 poin setelah 35 laga, sementara Barca berada di posisi runner up karena kalah head-to-head dengan Madrid. Di posisi ketiga ada Sevilla dengan terpaut 2 poin dari Barca dan Madrid, 67 poin. Sementara Valencia bertengger di peringkat ke 4 klasemen dengan total 65 poin.

Di pertandingan terakhir Barcelona tampil trengginas dengan melibas Atletico Madrid 6-0 lewat dua gol Lionel Messi dan gol-gol dari Zambrotta, Eto'o, Ronaldinho dan Iniesta, sementara itu ketiga pesaingnya harus berjuang sampai menit terakhir pertandingan untuk memastikan kemenangannya dan tetap menjaga peluang juara Liga Spanyol.

Real Madrid harus berterima kasih kepada Roberto Carlos berkat golnya ke gawang Recreativo Huelva di menit akhir pertandingan yang memastikan kemenangan Madrid atas Recreativo Huelva 3-2. Sementara itu, Sevilla perlu upaya keras untuk membalikkan situasi tertinggal 0-1 dan unggul atas Deportivo La Coruna dengan skor 2-1 dalam enam menit lewat gol Renato dan Kanoute masing-masing di menit 78 dan 84. Dan satu hari sebelumnya, Valencia harus berjuang mati-matian hingga detik akhir pertandingan untuk mengalahkan Real Mallorca dengan kedudukan akhir 1-0. Gol Valencia tercipta persis di detik akhir pertandingan lewat sontekan Joaquin.

Melihat fakta tersebut di atas nampaknya Barcelona berada di peringkat atas calon juara Liga Spanyol nih... Mengingat Barcelona mampu tampil impresif sementara pesaingnya harus bekerja super keras untuk memenangkan pertandingan. Namun jika poin akhir Barcelona dan Madrid sama, maka Madrid jelas diuntungkan karena Madrid unggul head-to-head atas Barca (Madrid menang 2-0 di kandang sendiri, Stadion Santiago Bernabeu, dan imbang 3-3 kala main di Stadion Nou Camp).

Tapi ini hanya analisis singkat saja bukan analisis keseluruhan dari Liga Spanyol. Dalam sisa tiga pertandingan lagi semua masih mungkin terjadi, karena sebelum peluit akhir pertandingan di pekan terakhir Liga Spanyol berbunyi semuanya masih teka-teki.

Nah kira-kira sapa yang bakal juara Spanyol tahun ini ya...???

Update 28 Mei 2007
Persaingan dalam memperebutkan gelar juara Liga Spanyol tahun ini di dua pekan terakhir akhirnya mengerucut lagi menjadi tinggal tiga tim yang masih punya nafas juara. Mereka adalah Real Madrid, Barcelona, dan Sevilla. Sementara satu calon lain yang telah gugur adalah Valencia yang secara mengejutkan ditumbangkan Villareal di depan suporter kesayangan mereka sendiri di Stadion Mestalla.

Dengan tersisa dua pekan lagi, Liga Spanyol memasuki masa kritis, sekali saja mengalami kehilangan poin, semakin besar peluang untuk tersisih. Ketiga tim tentu tidak ingin sampai mengalami hasil negatif di dua pekan ke depan ini.

Dengan posisi seperti saat ini, Real Madrid lebih diuntungkan karena statistik head-to-head melawan Barcelona. Namun di pekan ke 37 nanti, Barcelona boleh sedikit menghela nafas karena hanya akan menjamu finalis UEFA Cup tahun ini, Espanyol, tim yang masih tercecer di posisi 11 klasemen. Sementara musuh bebuyutannya akan melawat ke kandang Real Zaragoza yang sementara ini berada di posisi ke 5 klasemen yang akan mendapat satu tiket ke Eropa melalui UEFA Cup. Satu pesaing lainnya, Sevilla, akan menghadapi tim yang selalu angin-anginan permainannya yaitu Mallorca.

Menurut analisis saya di pekan ke 37 ini Barca akan kembali memimpin klasemen dengan selisih 2 angka setelah mengalahkan Espanyol, sementara Madrid hanya ditahan imbang oleh Zaragoza dan Sevilla mampu menekuk Mallorca.

Prediksi posisi klasemen di pekan ke-37:
Barcelona (75 poin)
Real Madrid (73 poin)
Sevilla (73 poin)

Nah, kemudian di pekan terakhir Barca akan melawat ke markas tim lemah yang berada di dasar klasemen dan sudah pasti terdegradasi, yaitu Gimnastic de Tarragona. Sedangkan Real Madrid akan menjamu Mallorca di Stadion Santiago Bernabeu dan Sevilla akan menghadapi Villareal.

Keuntungan jelas berada di tangan Barcelona, dengan keunggulan poin dan hanya menghadapi tim gurem macam Gimnastic, di atas kertas Barca mampu melumat Gimnastic. Meskipun Real Madrid juga menghancurkan Mallorca dan Sevilla berpesta gol melawan Villareal di pertandingan terakhir, itu tidak akan berpengaruh pada posisi klasemen.

Jadi menurut saya Barcelona yang bakal keluar menjadi Juara Primera Liga 2007.

Apa anda sependapat??

8 comments:

  1. Ya BARCA lah gimane sich kok masih ditanya lah dah jelas gitu, pokoe dimana ada juara La Liga disitulah Barca berdiri --hallaahh :D

    ReplyDelete
  2. Menurut wangsit sih, Real Madrid yang juara, apalagi di pertandingan berikutnya menurut itungan hari lan pasaran, Madrid bakal menang. hehehehe

    ReplyDelete
  3. pada jagoin Barca atau Madrid??? mbok beri kesempatan dunk sama Sevilla...emang Barca paling impresif tapi liatlah tim kecil macam Sevilla yang berjuang dari bawah dgn pemaun yang bole dibilang minim bintang...

    ReplyDelete
  4. pada jagoin Barca atau Madrid??? mbok beri kesempatan dunk sama Sevilla...emang Barca paling impresif tapi liatlah tim kecil macam Sevilla yang berjuang dari bawah dgn pemain2 yang bole dibilang minim bintang...biarlah Sevilla yg juara!! BRAVO SEVILLA!! Viva el Sevillalitas....

    ReplyDelete
  5. pada jagoin Barca atau Madrid??? mbok beri kesempatan dunk sama Sevilla...emang Barca paling impresif tapi liatlah tim kecil macam Sevilla yang berjuang dari bawah dgn pemain2 yang bole dibilang minim bintang...biarlah Sevilla yg juara!! BRAVO SEVILLA!! Viva el Sevillalitas....

    ReplyDelete
  6. kayaknya musim ini miliknya MADRID!!!
    lihat aja mental mereka yang selalu bisa balikkan keadaan pada saat-saat tertekan.walaupun harus nunggu mpe detik-detik terakhir..
    kalo tim yang ga punya mental juara, mana bisa seperti mereka. btul ga???
    BRAVO MADRID...!!!
    kalo mas Anang sendiri, jagoin sapa???

    ReplyDelete
  7. Kaya'nya Madrid bakal berjaya,lihat saja mental para punggawanya lagi "on fire"!walaupun poin mereka sama dengan BARCA tapi kaya'nya mental para punggawa mereka lagi kurang mendukung!so bersiaplah para fans BARCA untuk menerima kenyataan bahwa bisa saja MADRID juara LA LIGA

    ReplyDelete
  8. Ya jelas El REAL lah yang bakal menang....!!! I believe it !!! Biar lengkap deh gelar juaranya jadi 30...Barca mah ke LAUT aja...!!

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)