Tutorial Cari Uang

Monday, May 21, 2007

Sembilan Tahun Yang Lalu

Sembilan tahun yang lalu, di Istana Merdeka Jakarta pukul 9 pagi hari Kamis tanggal 21 Mei 1998 peristiwa bersejarah itu terjadi. Soeharto akhirnya lengser setelah kurang lebih 32 tahun berkuasa...


Bismillahirrohmanirrohim.

Saudara sebangsa dan setanah-air.

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Sejak beberapa waktu terakhir, saya mengikuti dengan cermat perkembangan situasi nasional kita, terutama aspirasi rakyat untuk mengadakan reformasi di segala bidang kehidupan berbangsa dan bernegara. Atas dasar pemahaman yang mendalam terhadap aspirasi tersebut dan terdorong oleh keyakinan bahwa reformasi tersebut perlu dilaksanakan secara tertib, damai, dan konstitusional, demi terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa, serta kelansungan pembangunan nasional, saya telah menyatakan rencana pembentukan Komite Reformasi dan mengubah susunan Kabinet Pembangunan ke-7.

Namun demikian, kenyataan hingga hari ini menunjukkan Komite Reformasi tersebut tidak terwujud karena tidak adanya tanggapan yang memadai terhadap rencana pembentukan komite tersebut dan keinginan untuk melaksanakan reformasi sebaik-baiknya, saya menilai bahwa dengan tidak dapat mewujudkannya Komite Reformasi, perubahan susunan Kabinet Pembangunan ke-7 tidak diperlukan. Dengan memperhatikan keadaan diatas, saya berpendapat sangat sulit bagi saya untuk dapat menjalankan tugas pemerintahan negara dan pembangunan dengan baik.

Oleh karena itu, dengan memperhatikan pandangan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi yang ada didalamnya, saya memutuskan untuk menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai Presiden Republik Indonesia terhitung sejak saya bacakan pernyataan ini, pada hari ini, Kamis, 21 Mei 1998.

Pernyataan saya berhenti dari jabatan sebagai Presiden Republik Indonesia saya sampaikan dihadapan Saudara-saudara dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia yang juga adalah pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat pagi ini pada kesempatan silaturahmi.

Sesuai dengan pasal 8 UUD 45, maka Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. Ir. B.J.Habibie yang akan melanjutkan sisa waktu jabatan presiden 1998 - 2003. Atas bantuan dan dukungan rakyatselama memimpin negara dan bangsa Indonesia ini, saya ucapkan terimakasih dan minta maaf bila ada kesalahan dan kekurangan-kekurangannya semoga bangsa Indonesia tetap jaya dengan Pancasila dan UUD 45.

Mulai hari ini pula Kabinet Pembangunan ke-7 Demissioner dan pada para mentri saya ucapkan terima-kasih. Oleh karena keadaan tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan pengucapan sumpah dihadapan PR, maka untuk menghindari kekosongan pimpinan dan menyelenggarakan pemerintahan negara, kiranya saudara wakil presiden sekarang juga akan melaksanakan pengucapan sumpah presiden dihadapan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

11 comments:

  1. hmm i miss u mbah soharto..
    *halawh*

    ReplyDelete
  2. Ngga jadi presiden , ngga patek'en

    ReplyDelete
  3. Halah udah mei lagi yah...
    Capek.. Sedih.. Senang kalo inget itu semua..

    ReplyDelete
  4. aku masih merinding kalo inget moment itu, nang.

    ReplyDelete
  5. wah dapet dari mana nih nang?

    ReplyDelete
  6. Masih indah ku-ingat saat harga bensin Rp.500,-, bakso Rp.250,-, Kerupuk Rp.25,-, Nasi pecel Rp.200,-
    Oh indahnya...,
    tapi sekarang...mbah Panjenengan harus tanggung jawab...

    ReplyDelete
  7. Waktu itu abis mbah Harto lengser, besokanya aku langsung pulang kampung, naik Kramat Jati, dari Rawamangun brangkat jam 3 siang, nyampe Arjosari jam 1/2 4 pagi. Rekor tercepat yang belum terpecahkan.

    Eh... kagak nyambung yah.

    ReplyDelete
  8. Inget saat itu gue masih SD dan Sepulang sekolah ibu saya bilang : nak, kita krismon, harga pada melambung...uang saku gua yg saat itu berkisar rp.500-1000 jadi sedikit nilai nya..coba bayangin harga bakso sblm nya bisa dapet rp.1000 eh sejak saat itu harga melambung menjadi gila gilaan..rasanya rada kecewa n marah gitu ma pemerintah..tapi kita doakan saja semoga pemerintahan saat ini bisa sukses n jaya..amin..bos,script utk tau gambar mahasiswa kemarin apa mas ??? plus IP mahasiswa lain?

    ReplyDelete
  9. semoga smangat reformasi msh ada di d ada kita yah.... :)

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)